5 Fakta Roscosmos, Badan Antariksa Milik Rusia Pesaing NASA

Di dunia ini gak cuma NASA saja yang menguasai luar angkasa

Ada beberapa badan antariksa di negara-negara maju. Mereka saling berlomba untuk menjadi yang terdepan dalam eksplorasi dan studi ke luar angkasa.

Mungkin secara umum, kamu hanya mengenal NASA sebagai badan antariksa yang selalu aktif dalam melakukan studi dan penelitian mengenai teknologi luar angkasa. Namun, di belahan dunia lainnya, ada satu nama yang cukup melegenda dan bahkan menjadi pesaing NASA, yakni Roscosmos atau Pockocmoc milik Rusia.

Nah, bagaimana sepak terjang Roscosmos dalam hal studi dan penelitian mereka mengenai luar angkasa? Yuk, cari tahu lima faktanya berikut ini.

1. Sejarah pembentukan Roscosmos

5 Fakta Roscosmos, Badan Antariksa Milik Rusia Pesaing NASAthemoscowtimes.com

Roscosmos adalah pusat studi dan penelitian antariksa beserta seluruh teknologinya yang dimiliki oleh Rusia. Laman sains Space mencatat, bahwa Roscosmos pertama kali didirikan pada 1992 lalu.

Badan antariksa ini dibentuk sebagai perpanjangan atau gabungan dari badan antariksa yang dulu pernah eksis dan sukses sejak era 1950-an, yakni Badan Antariksa Uni Soviet (USSR).

Roscosmos muncul di era yang benar-benar baru dan berbeda, tepat setelah pecahnya Uni Soviet. Kini, Roscosmos menjadi ujung tombak Rusia dalam melakukan studi dan penelitian mereka yang berkenaan dengan luar angkasa, teknologi penerbangan, dan program-program khusus untuk bersaing penuh dengan NASA Amerika Serikat.

2. Menjadi salah satu pesaing berat NASA

5 Fakta Roscosmos, Badan Antariksa Milik Rusia Pesaing NASAnasa.gov

Harus diakui, bahwa Rusia saat ini menjadi salah satu negara pesaing Amerika Serikat di bidang militer, politik, dan bahkan badan antariksa. NASA memang mampu menorehkan banyak prestasi gemilang bagi umat manusia dalam hal studi dan eksplorasi mereka ke luar Bumi. Namun nyatanya, Roscosmos pun tak kalah hebat dengan NASA.

Planetary dalam lamannya menulis bahwa pemerintah Rusia, melalui Roscosmos telah berencana mengembangkan program khusus untuk menjelajah ke luar angkasa menuju tempat-tempat jauh dari Bumi. Program 10 tahun ini dilakukan sejak 2016 hingga 2025 mendatang dengan total anggaran mencapai ratusan hingga ribuan triliun rupiah.