Comscore Tracker

5 Kemampuan Unik Serangga yang Tidak Ditemukan pada Hewan Lainnya

Apa saja, ya?

Dilansir Smithsonian, di dunia ini ada sekitar 900 ribu jenis serangga yang hidup di berbagai pelosok Bumi. Untuk jumlah populasinya sendiri, diperkirakan ada lebih dari 10 kuintiliun (10 juta triliun) populasi individu serangga yang ada di berbagai belahan dunia. Namun, kali ini kita tidak akan bersusah payah dalam menghitung jumlah serangga.

Ya, kali ini kita akan membahas kemampuan unik dari serangga-serangga tersebut di mana kemampuan unik tersebut tidak dimiliki oleh hewan-hewan lainnya. Yuk, disimak artikelnya!

1. Kupu-kupu punya kaki sakti

5 Kemampuan Unik Serangga yang Tidak Ditemukan pada Hewan LainnyaKupu-kupu punya kaki yang bertugas sebagai reseptor. (pexels.com/trevor)

Dicatat dalam laman National Geographic, beberapa jenis kupu-kupu dan ngengat mampu menjadikan kaki mereka sebagai reseptor atau indra perasa. Kemampuan ini sudah dikembangkan sejak zaman purba dan menjadi salah satu kelebihan dari kupu-kupu dan beberapa jenis ngengat.

Jika mamalia merasakan rasa melalui indra pengecapnya, kupu-kupu dan ngengat akan melakukan hal itu dengan kakinya, cara ini merupakan cara paling efektif dan efisien yang bisa mereka lakukan. Satu lagi, dengan menggunakan kakinya, kupu-kupu mampu memilih dan membedakan jenis sari makanan yang akan mereka konsumsi.

2. Beberapa jenis ngengat memiliki indra pendengaran di perut mereka

5 Kemampuan Unik Serangga yang Tidak Ditemukan pada Hewan LainnyaBeberapa jenis ngengat bisa mendengar melalui perut mereka. (pexels.com/john)

Ngengat adalah spesies yang mirip dengan kupu-kupu. Namun, ada perbedaan mendasar di antara keduanya. Ngengat merupakan nokturnal atau spesies hewan yang aktif di malam hari. Sedangkan, kupu-kupu mencari makan dan beraktivitas di siang hari. Biasanya juga, kupu-kupu memiliki ujung antena yang membulat.

Nah, salah satu kemampuan unik yang dimiliki oleh ngengat adalah cara mendengar mereka yang unik. Ngengat memiliki kemampuan mendengar dan merasakan keadaan lingkungan sekitarnya melalui perut, dicatat dalam BBC Earth. Namun, cara-cara mendengar yang lebih kompleks dari spesies ngengat ini masih diteliti lebih mendalam oleh ilmuwan dan ahli satwa.

Baca Juga: Fakta Sejarah: 7 Peran Serangga dalam Membentuk Peradaban Dunia

3. Capung memiliki mata super

5 Kemampuan Unik Serangga yang Tidak Ditemukan pada Hewan LainnyaCapung memiliki mata majemuk. (pexels.com/skyler ewing)

Capung adalah serangga dengan kemampuan melihat yang unik dan tidak sama dengan spesies lainnya. Menurut laman Brain Facts, capung memiliki sepasang mata majemuk besar dengan ribuan lensa, ditambah dengan tiga mata dan lensa sederhana. Hebatnya lagi, setiap retina mengandung beberapa ribu fotoreseptor yang bertugas mengumpulkan cahaya dan mengirimkan informasi.

Dengan cara yang unik seperti ini, capung dapat melihat secara kompleks dan membagi bagian-bagian cahaya yang masuk ke dalam matanya. Itu sebabnya, mata capung sangat sensitif terhadap perubahan cahaya sekecil apa pun. Satu lagi, dengan matanya, capung mampu menggunakan dan memanipulasi cahaya untuk menjaga cara terbangnya agar tetap stabil.

4. Kecoak atau lipas menjadi serangga yang sangat tahan banting

5 Kemampuan Unik Serangga yang Tidak Ditemukan pada Hewan LainnyaKecoak merupakan serangga paling tahan banting. (theguardian.com)

Mungkin ada banyak orang yang sangat jijik dengan kecoak. Faktanya, kecoak adalah spesies serangga yang sangat kuat dan tahan banting. Mereka mampu bertahan di ganasnya alam dan bahkan di tengah limbah kimia berbahaya. Kecoak juga akan memakan apa pun selama itu bisa membuat mereka selamat.

Nah, salah satu hal paling aneh dan unik dari kecoak adalah kemampuan hidup mereka tanpa kepala. Menurut Scientific American, kecoak dapat hidup selama beberapa minggu tanpa kepala karena mereka tidak memiliki jaringan pembuluh darah. Namun, akhirnya kecoak tanpa kepala tetap akan mati karena tidak dapat memasukkan makanan ke tubuh mereka.

5. Sebagian besar rayap itu buta, tapi mereka sanggup membangun sarang rumit

5 Kemampuan Unik Serangga yang Tidak Ditemukan pada Hewan LainnyaRayap memiliki sarang yang kompleks. (msstate.edu)

Ratu yang ada dalam koloni rayap mungkin masih bisa menggunakan mata mereka dengan tingkatan yang sangat minimal. Namun, untuk rayap pekerja dan penjaga, semuanya buta dan mereka mengandalkan indra lainnya di dalam kegelapan. Meskipun mereka buta, nyatanya rayap bisa membangun sarang yang megah dan kompleks, dilansir National Geographic.

Menurut para ilmuwan, kemampuan rayap dalam membangun sarangnya masih menjadi pertanyaan besar dalam sains. Sarang mereka sangat rumit dan memiliki banyak jalur terowongan yang sangat efektif di mana itu bisa menghubungkan antarkoloni dengan mudah. Yang jelas, ahli satwa sepakat bahwa kemampuan hebat ini sudah diwariskan oleh nenek moyang mereka yang hidup puluhan juta tahun lalu.

Nah, bagaimana dengan kemampuan hebat dari beberapa jenis serangga di atas? Sungguh mengagumkan, bukan? Semoga artikel kali ini dapat menambah dan memperkaya wawasan kamu, ya!

Baca Juga: 10 Serangga yang Paling Dibenci di Dunia, Timbulkan Fobia

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya