Comscore Tracker

5 Tempat Paling Kering di Dunia, Hujan Adalah Sesuatu yang Langka

Apakah kamu pernah ke tempat-tempat ini?

Jika beberapa daerah atau tempat di dunia memiliki curah hujan yang sangat tinggi, maka di bagian dunia yang lain terdapat daerah yang sangat kering sampai-sampai hujan dianggap sebagai sesuatu yang sangat langka.

Inilah lima daerah di dunia yang sangat kering. Jangan harap kamu bisa menikmati hujan di tempat-tempat ini. Mana saja, ya?

1. Luxor, Mesir

5 Tempat Paling Kering di Dunia, Hujan Adalah Sesuatu yang Langkaegypttoday.com

Luxor merupakan kota di Mesir yang terletak di tepi sungai Nil. Luxor zaman dulu merupakan kota yang bernama Thebes, sebuah ibu kota sekaligus kota megah para raja-raja Mesir kuno.

Melansir laman Livescience.com, Luxor merupakan salah satu daerah di bumi yang dianggap sangat kering. Bahkan badai panas bisa berlangsung dua hari berturut-turut dengan kecepatan angin mencapai 150 km per jam.

Tempat ini hampir tidak pernah merasakan hujan turun, karena setiap tetesan air hujan yang turun akan langsung menguap akibat temperatur atau suhu yang sangat panas.

2. Wadi Halfa, Sudan

5 Tempat Paling Kering di Dunia, Hujan Adalah Sesuatu yang Langkabritannica.com

Sudan memang terkenal sebagai negara yang kering dan tandus. Sangat jarang terjadi hujan di negeri ini dan salah satu kota yang paling kering di Sudan dan dunia adalah Wadi Halfa.

The Active Times dalam lamannya menyebutkan bahwa Wadi Halfa merupakan salah satu kota paling kering kerontang dan termasuk kota paling panas di muka bumi.

Cuaca yang tidak mendukung pertanian dan perkebunan ini membuat kota yang berpenduduk sekitar 23 ribu jiwa ini rentan mengalami bencana kekeringan dan kelaparan.

Baca Juga: Lubang Misterius Muncul di Area Persawahan Maros, Bikin Geger

3. Timbuktu, Mali

5 Tempat Paling Kering di Dunia, Hujan Adalah Sesuatu yang Langkaorangesmile.com

Timbuktu merupakan salah satu kota kuno di Mali dan kota ini memiliki banyak manuskrip kuno yang sering dijadikan bahan penelitian oleh ilmuwan dan sejarawan.

Namun Timbuktu juga terancam menjadi salah satu kota paling kering di dunia, mengingat kota ini yang perlahan-lahan mulai berubah menjadi gurun yang panas.

Suhu di daerah ini pernah tercatat mencapai 54 derajat celcius, sebuah angka yang sangat tinggi dan terbilang sangat panas untuk dijadikan kota tinggal.

4. Ica, Peru

5 Tempat Paling Kering di Dunia, Hujan Adalah Sesuatu yang Langkajonnymelon.com

Ica merupakan kawasan kota yang berada di tengah gurun pasir yang tandus. Daerah Ica sangat kering dan berdebu. Hal ini diakibatkan oleh curah hujan yang sangat rendah dan bahkan salah satu yang paling rendah di muka bumi.

Meskipun tidak kering secara ekstrem, Ica masih tetap akan membuatmu selalu berkeringat sepanjang hari, meskipun jika kamu berada dalam ruangan ber-AC. Bagaimana, apakah kamu tertarik wisata ke Ica?

5. Dry Valley, Antartika

5 Tempat Paling Kering di Dunia, Hujan Adalah Sesuatu yang Langkamentalfloss.com

Ternyata ada sebagian kecil wilayah di Antartika yang merupakan daerah kering dan tidak pernah turun hujan sama sekali.

Dry Valley yang terletak di Antartika merupakan daerah paling kering di muka bumi, dengan curah hujan nol persen alias memang tidak pernah sekalipun turun hujan di daerah ini.

Dengan kondisi yang tandus dan kecepatan angin yang mencapai 300 km per jam, sampai-sampai membuat daerah ini dijuluki "planet Mars" yang ada di bumi, seperti ditulis Mentalfloss.com.

Itulah lima daerah di dunia yang dianggap paling kering dan bahkan tidak memiliki curah hujan sama sekali. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan kamu, ya!

Baca Juga: Pesawat Dilarang Terbang di Beberapa Area Ini, Apa Alasannya?

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya