Comscore Tracker

Mudah dan Cepat, 6 Cara Menjinakkan Hamster agar Lebih Bersahabat

Butuh kesabaran dan ketekunan

Selain anjing, kucing, burung, dan ikan, memelihara hamster bisa dijadikan alternatif untuk dilakukan terutama pada tempat yang cukup sempit. Yup, secara umum, hamster dapat dipelihara di kandang yang memiliki ukuran ringkas dan tidak terlalu besar. Nah, sebetulnya, memelihara mereka juga tidak begitu merepotkan, kok.

Namun, dalam beberapa kasus, hamster bisa saja bersikap agresif dan butuh dijinakkan. Well, bagaimana, sih, cara menjinakkan hamster dengan mudah? Yuk, simak artikelnya hingga tuntas.

Baca Juga: Kenapa Mulut Kucing Bau? Bisa Jadi Gejala Penyakit Tertentu

Cara menjinakkan hamster agar lebih bersahabat

Mudah dan Cepat, 6 Cara Menjinakkan Hamster agar Lebih Bersahabatilustrasi memegang hamster (unsplash.com/Finney)

Dilansir Britannica, proses dan sejarah evolusi pada hamster sudah berlangsung sangat lama, yakni sejak 11 hingga 16 juta tahun lalu. Nenek moyang hamster kala itu sudah berada di Eropa, Afrika Utara, dan Asia. Hamster sendiri sebetulnya dibedakan dari tikus meskipun masih tergolong ke dalam keluarga yang sama.

Sebagai mamalia, hamster juga memiliki otak yang cukup cerdas. Mereka bisa dijinakkan dengan baik dan dijadikan peliharaan yang tidak sulit untuk diatur. Secara umum, hamster pun juga dianggap jinak kendati itu bukan hal mutlak. Nah, untuk menjinakkan hamster supaya lebih bersahabat dengan manusia, kamu bisa lakukan beberapa langkah di bawah ini.

  1. Pastikan bahwa hamster yang akan dijinakkan adalah spesies yang bebas rabies. Jika sifat agresif hamster diakibatkan penyakit, misalnya rabies, kamu jangan menyentuhnya karena risiko penularan virus akibat gigitan sangat tinggi.
  2. Pastikan pula hamster tidak menjadi inang bagi virus atau penyakit menular lainnya. Pada beberapa kasus, gigitan hamster bisa menjadi fatal akibat penyakit yang ditularkan dari hamster ke manusia.
  3. Jika hamster bebas dari penyakit, kamu sudah bisa mulai menjinakkannya dengan cara mengenalkan suaramu ke hamster secara intens.
  4. Cobalah memegang hamster dengan lembut dan jangan membuatnya stres. Cara ini biasanya akan berhasil membuat hamstermu menjadi lebih jinak dan tenang.
  5. Berikan makanan atau camilan pada hamster dengan cara meletakkannya di telapak tangan. Di sini, diharapkan hamster akan lebih mengenal bau atau aroma dari tangan kita dengan baik.
  6. Bawa kandang hamster ke luar ruangan sebagai rutinitas agar peliharaanmu tidak jenuh. Kegiatan ini bisa membuat hewan peliharaan merasa nyaman dan mengurangi sifat agresif mereka.

Menurut laman Pets at Home, melatih dan menjinakkan hamster membutuhkan waktu dan kesabaran. Lama atau tidaknya seekor hamster bisa menjadi jinak itu tergantung dari hewan peliharaan tersebut. Buatlah lingkungan yang nyaman agar hamster tidak mudah stres.

So, beberapa langkah di atas bisa kamu praktikkan untuk menjinakkan hamster peliharaan. Jadi, bagaimana, nih? Sudah siap memelihara hamster?

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan Mudah dan Efektif

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya