Termasuk Kekuatan Fundamental Alam, Ini 5 Fakta tentang Gravitasi

Punya peran mutlak di alam semesta

Kita tentu sering mendengar dan membaca istilah gravitasi. Dalam dunia sains, terutama fisika dan astronomi, gravitasi bahkan sudah menjadi pembahasan yang wajib ada. Membahas tentang hal ini masih dianggap sebagai sebuah kerumitan dan menjadi bahan riset, studi, serta penelitian utama dari ilmuwan di dunia.

Akan tetapi, gak ada salahnya juga bagi kita untuk belajar dan mengetahui apa itu gravitasi. Dengan begini, kita akan memahami kenapa gaya gravitasi sangat memengaruhi alam semesta. Ingin tahu lebih dalam mengenai gravitasi dan fakta-faktanya? Yuk, disimak!

1. Apa itu gravitasi?

Termasuk Kekuatan Fundamental Alam, Ini 5 Fakta tentang Gravitasiilustrasi rumah melayang tanpa gravitasi (pixabay.com/Rick Midias)

Secara sederhana, gravitasi bisa diartikan sebagai gaya atau kekuatan tarik-menarik di antara dua benda (partikel) yang memiliki massa. Dilansir laman Live Science, objek sekecil apa pun, selama ia memiliki massa, objek tersebut pasti memiliki gaya tarik. Hal ini juga berkorelasi dengan besar atau kecilnya massa benda. Makin besar massa benda, makin besar pula gaya gravitasi yang dihasilkan.

Itu sebabnya, kita selalu berpijak di permukaan Bumi. Yup, kekuatan gravitasi yang cukup akan mengikat materi yang ada di planet ini dan membuat semuanya menapak di permukaan. Meskipun terkesan sederhana, aplikasi penghitungannya dalam sains bisa sangat rumit dan detail. Bahkan, gravitasi bisa memengaruhi ruang dan waktu karena berdasarkan beberapa gagasan sains, mereka diklasifikasikan sebagai dimensi.

2. Termasuk salah satu kekuatan fundamental alam

Termasuk Kekuatan Fundamental Alam, Ini 5 Fakta tentang Gravitasiilustrasi lubang hitam (pixabay.com/Alex Antropov)

Sampai saat ini, alam semesta memiliki empat kekuatan fundamental utama. Mereka adalah gravitasi, gaya lemah, elektromagnetik, dan gaya kuat. Kekuatan fundamental alam merupakan kekuatan utama sebagai pembentuk dan penjaga alam semesta agar bergerak sesuai dengan hukum fisika. Nah, terlihat bahwa gravitasi dianggap sebagai salah satu kekuatan besar yang sangat berpengaruh di jagat raya kita.

Ditulis dalam laman Science Alert, gaya gravitasi memiliki peran penting dalam menjaga dan menyatukan alam semesta supaya tidak bertabrakan satu sama lain. Meskipun punya peran krusial, gravitasi menjadi kekuatan fundamental paling kecil karena ia bisa ditemukan di mana saja, termasuk pada butiran pasir.