Comscore Tracker

Mulai dari Mitos Trompet hingga UFO, Ini 5 Fakta Perang Dunia II

Perang Dunia II disebut-sebut sebagai perang modern terbesar

Seperti dicatat dalam laman Britannica, Perang Dunia II terjadi pada 1939 hingga 1945 dan melibatkan banyak negara di dunia. Perang besar ini juga melibatkan lebih dari 100 juta pasukan militer dan semua teknologi perang tercanggih pada masa itu, termasuk senjata nuklir.

Nah, di balik bencana perang tersebut, ternyata ada beberapa fakta mengenai Perang Dunia II yang beberapa di antaranya masih menjadi misteri. Apa saja, ya? Yuk, disimak!

1. Konon katanya, PD II diawali dengan tiupan trompet Raja Tut. Benarkah?

Mulai dari Mitos Trompet hingga UFO, Ini 5 Fakta Perang Dunia IIdailystar.co.uk

Jika penemuan makam Raja Tutankhamun saja sudah membawa banyak kutukan dan petaka, apa jadinya jika trompet kesayangan Raja Tut tersebut ditiup dan direkam untuk didengarkan pada dunia? Hasilnya adalah kutukan: perang dahsyat.

Raja Tut sendiri adalah seorang Firaun Mesir yang berkuasa di Mesir sekitar 1300-an Sebelum Masehi. Ilmuan dan ahli arkeologi yang menemukan makam Raja Tut telah meninggal secara misterius. Banyak orang menduga bahwa makam raja tersebut memang terkutuk.

Nah, tak jauh dari makam raja, ada peninggalan keramat berupa trompet perang yang digunakan oleh Firaun Mesir pada saat perang besar. Trompet tersebut memang digunakan oleh raja-raja Mesir untuk mengundang peperangan dahsyat.

Seperti diberitakan BBC, trompet Raja Tut ditiup dan direkam pada 1939. Tujuan dari peniupan trompet tersebut supaya dunia dapat mengetahui bagaimana suara dan nada yang dihasilkan trompet kuno. Namun sayangnya, tak lama setelah itu meletus Perang Dunia II.

Apakah kejadian tersebut memang kutukan atau hanya kebetulan belaka? Entahlah. Yang jelas, Perang Dunia II telah menewaskan lebih dari 70 juta jiwa. Lagi pula, Raja Tut yang masih sangat belia membuatnya memiliki penasihat hebat dari kalangan militer, yakni Jendral Horemheb.

Penasihat Raja Tut itulah yang dipercaya telah mewariskan trompet terkutuk dan menyerahkannya pada raja. Ironisnya, Tutankhamun meninggal pada saat usianya masih menginjak 19 tahun. Ada yang menyebut bahwa ia dibunuh, namun ada juga yang mengatakan karena sakit.

2. PD II merupakan perang terluas yang tercatat hingga saat ini

Mulai dari Mitos Trompet hingga UFO, Ini 5 Fakta Perang Dunia IIarmytimes.com

Selain menyebabkan korban jiwa masif, Perang Dunia II juga melibatkan hampir seluruh negara di dunia, baik itu langsung maupun tidak langsung. Namun, negara-negara seperti Swiss, Swedia, dan Spanyol adalah negara yang menyatakan netral selama Perang Dunia II.

Secara umum, Perang Dunia II membentuk dua kelompok besar dunia, yakni Sekutu dan Poros. Dalam masa perang itu, muncul juga Big Four atau empat anggota negara kuat yang berposisi sebagai empat polisi, yakni Amerika Serikat, Britania Raya, Uni Soviet, dan Tiongkok.

Big Four tersebut melawan beberapa aliansi negara yang juga sangat kuat, yakni Jerman, Italia, dan Jepang. Konsep Sekutu dan Poros inilah yang akhirnya membagi peta politik dunia, yang tentu saja saat ini lebih banyak negara yang dominan mendukung sekutu.

Seperti yang kita ketahui bahwa Uni Soviet telah runtuh. Uniknya, justru Tiongkok saat ini menjadi salah satu negara kuat yang bersaing dengan Amerika, sedangkan Jepang justru lebih cenderung mesra dengan Amerika Serikat.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 10 Kisah Kebaikan dalam Perang Dunia II

3. UFO disebut-sebut pernah ada dan terlibat dalam Perang Dunia II

Mulai dari Mitos Trompet hingga UFO, Ini 5 Fakta Perang Dunia IIwarhistoryonline.com

Mungkin berita akan hal ini cenderung dibesar-besarkan mengingat memang kabar ini tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. UFO atau objek asing dikatakan pernah terlihat di sekitar pesawat pihak sekutu. Hal itu disaksikan oleh banyak pilot yang menerbangkan pesawat pada saat itu.

Seperti dicatat dalam Air and Space, pada November 1944, ada sebuah kesaksian dari pilot skuadron Night Fighter mencuat ke media dan menjadi kabar yang menghebohkan. Pasalnya, pilot yang bertugas untuk menjaga area udara Strasbourg mengaku telah melihat UFO sebanyak 8 hingga 10 berupa lampu yang sangat terang.

UFO tersebut meluncur dengan kecepatan tinggi, jauh melebihi kecepatan pesawat tempur sekutu. Bahkan, kehadiran UFO tersebut tidak tertangkap oleh radar. Hal ini bukan hanya terjadi sekali. Beberapa orang percaya bahwa Jerman memiliki pesawat khusus dan mungkin UFO tersebut adalah hasil dari tangkapan mereka.

Namun, pihak Jerman segera membantahnya. Pasukan Jerman sediri telah melihat kehadiran UFO misterius dan mereka tidak tahu persis tentang apa yang mereka lihat saat itu. Apakah mungkin pasukan-pasukan tersebut mengalami halusinasi? Hal ini bisa terjadi karena beban dan pikiran berat dialami oleh pasukan perang. Stres dan trauma bisa saja menimbulkan halusinasi dan bayangan semu.

4. Senjata dan teknologi Nazi sangat ditakuti pada era tersebut

Mulai dari Mitos Trompet hingga UFO, Ini 5 Fakta Perang Dunia IIallthatsinteresting.com

Jerman Nazi memiliki banyak senjata dan teknologi canggih pada masa Perang Dunia II, seperti dicatat dalam All Thats Interesting. Senjata-senjata bombastis itu, di antaranya meriam raksasa, rudal kendali, senapan laras bengkok, bom nuklir, tank monster, hingga senapan sniper dengan rentang terjauh.

Bahkan, ada ide gila Nazi yang belum terealisasikan dalam membuat senjata dari luar angkasa yakni senjata rahasia yang akan bergerak layaknya satelit di orbit Bumi. Jika saja Jerman dapat membuatnya, mungkin Jerman menjadi negara yang tak terkalahkan di Perang Dunia II.

Senjata-senjata supercanggih yang pernah dibuat oleh Jerman Nazi telah mengundang banyak spekulasi dan perdebatan, di antaranya spekulasi yang menyatakan bahwa Jerman sebetulnya telah dibantu oleh alien atau makhluk asing. Tentu saja ini teori aneh yang absurd dan tak berdasar.

5. Beberapa peristiwa mengerikan terjadi pada era Perang Dunia II

Mulai dari Mitos Trompet hingga UFO, Ini 5 Fakta Perang Dunia IIgoveonline.com.au

Tentu, perang itu sendiri adalah hal mengerikan yang benar-benar terjadi pada masa lalu. Namun, ada beberapa peristiwa yang dicatat dalam sejarah dan peristiwa tersebut merupakan kejadian mengerikan dan memilukan dalam kemanusiaan.

Beberapa peristiwa tragis tersebut adalah holokaus (holocaust), bom atom Hiroshima Nagasaki, tragedi Chichijima, dan beberapa peristiwa mengerikan lainnya. Ahli sejarah mengatakan bahwa kemungkinan korban yang ditimbulkan Perang Dunia II mencapai lebih dari 70 juta jiwa.

Apa pun bentuknya, tentu peperangan hanya akan menimbulkan korban jiwa dari berbagai pihak, bahkan juga mengorbankan nyawa warga sipil. Sejarah selalu membuktikan bahwa perang hanya akan menyisakan kengerian dan tangis dari jutaan orang.

Itulah beberapa fakta dan misteri yang ada pada era Perang Dunia II. Bagaimana pun, perang hanya akan menimbulkan korban jiwa dan traumatis bagi banyak orang.

Baca Juga: 5 Fakta Serangan Pearl Harbor, Pemicu AS Terlibat di Perang Dunia II

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya