Comscore Tracker

5 Fakta Serangan Pearl Harbor, Pemicu AS Terlibat di Perang Dunia II

Kejadian yang mengubah arah PD II

Serangan Pearl Harbor terjadi pada 7 Desember 1941. Pesawat-pesawat tempur Jepang membuat sebuah serangan kejutan terhadap pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbor. Mereka menghancurkan banyak kapal dan membunuh banyak tentara AS.

Serangan ini juga menjadi pemicu utama yang memaksa AS terlibat dalam Perang Dunia II. Lalu fakta-fakta apa saja di balik kejadian bersejarah itu? Simak ulasannya!

1. Awalnya AS menolak terlibat dalam PD II

5 Fakta Serangan Pearl Harbor, Pemicu AS Terlibat di Perang Dunia IIhistory.com

PD II tengah menjalar di Eropa dan Asia selama dua tahun, tapi AS tidak ingin terlibat perang tersebut. Kekaisaran Jepang tengah berusaha menguasai Asia dan khawatir dengan angkatan laut AS di Hawai. Jepang memutuskan menyerang untuk mencegah AS menyerang mereka.

Pearl Harbour terletak di Hawai, tepatnya di Pulau O'ahu. Hawai terletak di Samudra Pasifik antara California dan Jepang. Selama PD II, Hawai bukanlah sebuah negara bagian, tapi masih dalam wilayah AS.

2. Pearl Harbor diserang secara mendadak oleh Jepang

5 Fakta Serangan Pearl Harbor, Pemicu AS Terlibat di Perang Dunia IIjunior.scholastic.com

Serangan terhadap Pearl Harbor benar-benar dilakukan secara mendadak pada 7 Desember 1941. Ratusan pesawat tempur dan pengebom dikerahkan Jepang untuk menyerang pangkalan laut tersebut.

Pesawat-pesawat Jepang menjatuhkan bom dan torpedo di atas kapal perang AS yang menjadi sandaran pasukan tempur AS sehingga mereka tak sempat bereaksi. Ada dua gelombang serangan dari Jepang yang menghancurkan banyak kapal perang AS.

Baca Juga: 7 Fakta Serangan Jepang ke Pearl Harbor, Pemicu Kemarahan Amerika

3. AS menderita kerugian besar karena serangan Pearl Harbor

5 Fakta Serangan Pearl Harbor, Pemicu AS Terlibat di Perang Dunia IIbritannica.com

Kerusakan parah diderita oleh AS karena serangan Pearl Harbor, misalnya hancurnya kapal induk, kapal pengintai, dan kapal penembak. Mereka juga kehilangan banyak pesawat tempur yang tengah bersandar.

Kerugian terbesar AS adalah tenggelamnya kapal induk USS Arizona dan lebih dari 1100 personel tentaranya tewas bersamaan dengan tenggelamnya kapal.

4. AS mendeklarasikan perang terhadap Jepang dan terlibat PD II

5 Fakta Serangan Pearl Harbor, Pemicu AS Terlibat di Perang Dunia IInationalww2museum.org

Karena serangan Pearl Harbor, warga AS sangat terkejut. Selama ini mereka mencoba menghindari terlibat PD II, tapi serangan tersebut membuat mereka tak bisa menahan diri. Jepang mengira dengan serangan tersebut akan membuat nyali AS ciut, tapi justru semakin mengobarkan amarah mereka.

Esok harinya, 8 Desember 1941, AS mendeklarasikan perang terhadap Jepang. Tiga hari kemudian aliansi Jepang, Jerman, dan Italia mendeklarasikan perang terhadap AS. Setelah itu, AS menjadi bagian penting dari PD II bersama Uni Soviet dan beberapa negara Eropa lain yang membentuk sekutu dan memenangkan perang.

5. Pearl Harbor dijadikan monumen untuk mengenang PD II

5 Fakta Serangan Pearl Harbor, Pemicu AS Terlibat di Perang Dunia IIfamouswonders.com

Pangkalan Angkatan Laut AS berhasil dipulihkan dengan cepat pascaserangan Pearl Harbor. Hari ini bisa ditemui monumen untuk mengenang tentara AS yang gugur selama serangan Pearl Harbor. Monumen kenangan dibangun di atas bangkai kapal USS Arizona dan dijadikan penanda sejarah perjuangan AS. Setiap Presiden AS sejak Franklin D. Roosevelt diwajibkan berkunjung ke monumen USS Arizona.

Nah, itulah lima fakta di balik serangan Pearl Harbor yang dilakukan Jepang terhadap AS. Menjadi salah satu pemicu utama terlibatnya AS di PD II.

Baca Juga: Pearl Harbor: Konspirasi Perang Dunia II untuk Menguasai Energi

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya