Punya Kemampuan Unik! Ini 8 Hewan yang Paling Sulit Mati

Ada kecoak, lho!

Di Bumi ini, spesies hewan sudah lebih dulu mengalami evolusi ketimbang manusia. Keberadaan mereka bahkan sudah ada sejak ratusan juta hingga miliaran tahun lalu. Itu sebabnya, mereka memiliki segala hal yang terbilang unik dan sangat berbeda dengan manusia, meskipun sama-sama digolongkan sebagai organisme biologis.

Nah, sebagian kecil dari spesies hewan tersebut rupanya memiliki kemampuan unik, yakni sulit untuk mati. Penasaran dengan hewan-hewan tersebut, bukan? Ini dia!

1. Cacing pipih

Punya Kemampuan Unik! Ini 8 Hewan yang Paling Sulit Matiphys.org

Tentu saja cacing pipih bisa mati, namun tidak semudah yang dibayangkan. Bahkan, saking sulitnya untuk mati, ilmuwan dan ahli satwa cukup kesulitan dalam menentukan rentang usia hidup dari hewan yang tergabung dalam filum Platyhelminthes ini. Ya, cacing pipih merupakan salah satu spesies yang memiliki rentang hidup yang sangat panjang.

Dilansir Biomed Central, cacing pipih atau planaria merupakan jenis hewan hermafrodit atau berkelamin ganda. Spesies ini dapat dengan mudah menggandakan dirinya melalui potongan-potongan kecil tubuhnya. Hebatnya lagi, menurut studi, cacing pipih mampu mencegah penuaan alami dan mengatur pembelahan sel mereka untuk tujuan-tujuan tertentu.

2. Hydra

Punya Kemampuan Unik! Ini 8 Hewan yang Paling Sulit Matiphys.org

Secara umum, hydra dapat diklasifikasikan sebagai spesies hewan yang hidup di air tawar yang tergabung dalam famili Hydridae. Meskipun terlihat kecil dan lemah, nyatanya statistik membuktikan bahwa tingkat kematian hydra jauh di bawah spesies hewan lainnya, ditulis dalam Australian Academy of Science.

Jika terdapat luka atau pembelahan sel yang tidak normal, tubuh induk hydra akan segera memperbarui kondisi tubuhnya. Dengan demikian, hydra sangat sulit untuk tua dan bahkan sulit untuk mati jika hanya dibiarkan begitu saja di alam liar.

Bayangkan saja, sebagian besar spesies hydra sanggup hidup ratusan tahun. Bahkan, lima persen di antaranya sanggup hidup selama lebih dari seribu tahun.

3. Spons laut

Punya Kemampuan Unik! Ini 8 Hewan yang Paling Sulit Matidkfindout.com

Meskipun terlihat seperti tanaman laut, faktanya spons laut atau sea sponge merupakan spesies hewan multisel yang sangat sederhana. Saking sederhananya, spons laut dianggap sulit untuk mati. Yup, spons laut bahkan sanggup hidup selama 11 ribu tahun, dicatat dalam National Geographic.

Selain itu, spons laut termasuk salah satu spesies hewan yang memang sulit untuk mati. Hal itu dikarenakan sistem pada tubuh spons yang sangat sederhana. Spesies yang masuk dalam golongan filum Porifera ini tidak memiliki organ dalam layaknya hewan-hewan lainnya. Di dalam tubuhnya tidak ada saluran pencernaan, sistem saraf, otot, dan organ kompleks lainnya.