Comscore Tracker

7 Spesies Ular Terbesar di Dunia, Berani Pelihara Salah Satunya? 

Mana yang paling besar?

Apa yang paling kamu takutkan dari seekor ular? Hampir semua orang mungkin akan menjawab gigitannya. Berbeda dengan kebanyakan hewan, gigitan ular bukan hanya menyakitkan, tapi juga mematikan jika tidak segera mendapatkan pertolongan.

Tapi bisa bukan satu-satunya senjata yang dimiliki oleh ular. Beberapa spesies ular bahkan tidak memiliki bisa sama sekali. Sebagai gantinya, mereka akan membelit tubuh korbannya hingga remuk sebelum melahapnya bulat-bulat. Dilansir dari animalwised.com, biasanya hal ini hanya dilakukan oleh ular-ular besar seperti anakonda dan enam ular terbesar di dunia berikut ini!

1. Anaconda kuning

7 Spesies Ular Terbesar di Dunia, Berani Pelihara Salah Satunya? reptilesmagazine.com

Hidup di rawa-rawa dan sungai Amerika Serikat, Paraguay, Bolivia, Uruguay, anakonda kuning merupakan salah satu ular terbesar di dunia. Anakonda kuning dewasa memiliki berat hingga 59 kg dan panjang mencapai 4,5 meter.

Biasanya mereka memangsa kura-kura, kadal, ular, kadal, dan burung. Dan sama seperti kebanyakan ular besar lainnya, anakonda kuning melilit kemudian mencekik mangsanya sampai mati, sebelum menelannya bulat-bulat.

2. Amethystine python

7 Spesies Ular Terbesar di Dunia, Berani Pelihara Salah Satunya? reptilefact.com

Tidak kalah dengan anakonda kuning, amethystine python atau yang di Indonesia dikenal sebagai sanca permata memiliki ukuran yang jauh lebih besar.

Dengan berat hingga 92 kg dan panjang 7 meter lebih, amethystine python bisa memangsa hewan yang berukuran empat kali dari tubuhnya, bahkan memangsa manusia. Mereka berasal dari Australia, tapi bisa juga ditemukan di Indonesia, dan Papua Nugini.

Amethystine Python memiliki kulit berwarna cokelat pucat dan biru, atau hijau kekuningan. Mereka tertutup, dan mudah sekali marah. Ular yang berukuran besar tinggal di sungai, sedangkan amethystine python yang berukuran kecil menyembunyikan dirinya di puncak pohon-pohon hutan tropis.

3. Phyton india

7 Spesies Ular Terbesar di Dunia, Berani Pelihara Salah Satunya? wikipedia.org

Sesuai dengan namanya, spesies ular satu ini tinggal di rawa, sungai, padang rumput, hingga hutan yang berada di India. Selain India, spesies phyton India juga ada di Pakistan, Bangladesh, dan Sri Lanka.

Dengan berat 95 kg dan panjang 6 meter, phyton India lebih suka memangsa burung, tikus, atau mamalia kecil yang mudah ditangkap. Sayangnya populasi phyton India semakin hari semakin terancam karena perburuan liar yang terus terjadi.

Berbeda dengan ular lain, phyton India memiliki kulit cokelat dengan motif putih yang cantik. Makanya tidak heran kalau hewan ini jadi target banyak pemburu.

Baca Juga: 5 Fakta Ilmiah tentang Ular Derik, Ular Berbisa yang Berisik

4. Reticulated python

7 Spesies Ular Terbesar di Dunia, Berani Pelihara Salah Satunya? activewild.com

Bukan cuma menjadi salah satu ular terbesar di dunia, reticulated python atau sanca batik juga merupakan ular terpanjang di dunia. Reticulated python dewasa panjangnya bisa mencapai 10 meter, sedangkan beratnya mencapai 158 kg lebih.

Dengan badannya yang besar, seekor reticulated python membutuhkan makanan dalam jumlah banyak. Malam hari adalah waktu yang tepat bagi reticulated python untuk mencari makan. Untuk memenuhi kebutuhannya, ular ini biasa memangsa monyet, rusa, atau bahkan macan tutul kalau sedang beruntung.

Populasinya sendiri tersebar di berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Dan sama seperti phyton India, spesies reticulated python juga sering jadi target pemburu karena kulitnya yang bisa dijadikan obat tradisional.

5. Phyton rock africa

7 Spesies Ular Terbesar di Dunia, Berani Pelihara Salah Satunya? japari-library.com

Dari Asia, kita menyeberang ke Afrika. Di sana, kamu akan menemukan spesies ular besar lainnya yakni phyton rock Africa. Ular ini bisa tumbuh sepanjang 7 meter dengan berat 113 kg. Tidak seperti saudaranya di Asia, ular yang tinggal di wilayah hutan dan sub gurun Afrika Tengah ini tidak menyantap terlalu banyak makanan.

Mereka lebih aktif di musim panas dan hujan, dan biasanya memangsa kambing atau rusa malang yang berkeliaran.

6. Burmese phyton

7 Spesies Ular Terbesar di Dunia, Berani Pelihara Salah Satunya? si.edu

Tidak jauh dari India, kamu bisa menemukan spesies ular besar lain, namanya Burmese phyton. Spesies ini merupakan spesies ular terbesar kedua di dunia. Panjangnya bisa mencapai 7 meter dengan berat hingga 181 kg. Nah ,selain ukurannya yang luar biasa, Burmese phyton juga merupakan perenang yang hebat. Mereka bisa berenang dengan cepat dan dapat bertahan di bawah air selama 30 menit.

7. Green anaconda

7 Spesies Ular Terbesar di Dunia, Berani Pelihara Salah Satunya? nationalgreographic.com

Meski kebanyakan ular besar di dominasi oleh spesies phyton, tapi tetap saja, mereka tidak bisa mengalahkan ukuran anakonda hijau. Dengan panjang 9 meter, dan berat 249 kg, anakonda hijau masih menjadi ular terbesar di dunia.

Tinggal di Amerika Selatan dan hutan tropis Amazon, ular ini memiliki motif telur di kulitnya. Dalam legenda setempat, ular ini konon dapat berubah wujud bahkan bisa menyembuhkan. Terlepas dari legendanya, anakonda hijau tetaplah ular berbahaya yang harus kita jauhi, sejauh-jauhnya.

Dari tujuh spesies ular terbesar di dunia yang ada di atas, beberapa di antaranya diburu untuk diambil kulitnya atau dijadikan hewan peliharaan. Meski begitu, ular bukan kucing yang manis. Tidak peduli besar atau kecil, mereka tetap berbahaya. Jadi jangan asal pelihara, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Ular Sanca, Boa, dan Anakonda, Apa Perbedaannya?

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya