Comscore Tracker

Kenapa Induk Kucing Memakan Anaknya? Simak Penjelasan Ilmiahnya

Sebagai bagian dari seleksi alam

Salah satu elemen penting yang ada di Bumi ini adalah evolusi dan seleksi alam. Yup, di alam liar, keberadaan makhluk hidup bisa tereliminasi jika mereka tidak lagi sanggup beradaptasi di tengah ganasnya alam. Nah, salah satu kejadian alam yang cukup kejam adalah tindakan induk hewan dalam membunuh anak-anaknya, biasanya dengan cara dimakan.

Well, kucing pun tak lepas dari seleksi alam tersebut. Jadi, kenapa induk kucing memakan anaknya? Bagaimana sains menjelaskan fenomena ini? Disimak, ya!

Baca Juga: 7 Hewan dengan Kentut Paling Berbahaya, Termasuk Rayap

Bisa dijelaskan secara ilmiah

Kenapa Induk Kucing Memakan Anaknya? Simak Penjelasan Ilmiahnyailustrasi anak-anak kucing (unsplash.com/The Lucky Neko)

Sebuah jurnal yang dirilis dalam PNAS Science menerangkan bahwa hubungan evolusi antara kucing rumah dan kucing liar masih terikat dengan alur sejarah keberadaan nenek moyang mereka. Artinya, kendati sudah lama dijadikan peliharaan melalui domestikasi, kucing dan anjing juga memiliki sebagian sifat yang diwariskan dari nenek moyang mereka di alam liar.

Nah, berkaitan hal ini, ada beberapa alasan kuat yang menyebabkan induk kucing sering terlihat memakan anak-anaknya. Beberapa penyebab di bawah ini bisa menjelaskannya secara ilmiah.

  1. Alasannya untuk meningkatkan kesempatan hidup bagi induk kucing. Ini memang kejam, tapi begitulah alam bekerja. Induk kucing memiliki naluri untuk bertahan hidup setelah ia melahirkan banyak anak di hari yang sama. Satu-satunya nutrisi yang bisa didapatkan adalah dengan cara memakan anaknya sendiri.
  2. Induk kucing yang mengalami stres atau trauma bisa membunuh anaknya sendiri yang baru saja dilahirkan.
  3. Dilansir Animal Path, anak kucing yang terlahir cacat biasanya akan dimakan atau dibunuh oleh induknya. Hal tersebut wajar terjadi di alam liar dan inilah yang menjadi salah satu seleksi alam dalam evolusi.
  4. Anak kucing yang terlahir mati juga biasanya akan dimakan oleh induknya sendiri. Di sini, induk kucing membutuhkan asupan makanan dan bangkai anaknya adalah satu-satunya sumber makanan yang bisa ia raih.
  5. Induk kucing mendeteksi bahwa anak kucing yang baru dilahirkan mengalami sakit dan dinilai tidak ideal untuk berada di alam liar. Biasanya, induk kucing akan memakan anak-anaknya yang sedang sakit pada saat dilahirkan.
  6. Induk kucing akan memilih anaknya yang paling lemah untuk dieliminasi. Di alam liar, hewan pemburu pun juga bisa menjadi buruan predator lainnya. Itu sebabnya, anak kucing yang dianggap lemah tidak akan dibiarkan hidup lebih lama.

Beberapa hal di atas adalah faktor utama yang menyebabkan induk kucing memakan anaknya. Dunia hewan memang tampak kejam, tapi hal itu hanya sebagian kecil dari mekanisme seleksi alam dalam proses evolusi yang terjadi sejak zaman purba. So, semoga artikel kali ini dapat menjawab rasa penasaran kamu, ya!

Baca Juga: 6 Hewan yang Dianggap Menjijikkan ini Ternyata Memiliki Banyak Manfaat

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya