Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kucing Suka Memijat, Tampak Lucu dan Bikin Gemas

Merupakan perilaku alami yang diwariskan secara genetik

Tentu kita sering menemukan kucing kesayangan melakukan hal-hal aneh, tapi juga lucu dan menggemaskan. Contohnya, ada banyak momen saat kucing sangat menyukai memijat, menekan, dan meremas benda-benda lembut, termasuk tubuh dari pemiliknya. Nah, kucing pun biasanya memilih bagian tubuh tertentu jika memijat kita, misalnya paha, perut, dan pinggang.

Well, sebetulnya, kenapa kucing suka memijat? Apakah perilaku tersebut normal dilakukan oleh semua kucing di dunia? Penasaran, kan? Yuk, simak jawaban ilmiahnya di bawah ini.

Baca Juga: Kenapa Kucing Tidak Mau Makan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kucing berperilaku demikian karena adanya naluri yang diturunkan secara genetik

5 Alasan Kenapa Kucing Suka Memijat, Tampak Lucu dan Bikin Gemasilustrasi kucing memijat benda lembut (wikimedia.org/Watchduck)

Bukan hanya pada tubuh pemiliknya, kucing biasanya akan melakukan pijatan atau remasan pada hampir semua benda yang lembut, seperti selimut, bantal, sofa, kasur, dan lain-lain. Terus, kenapa mereka melakukannya? Ini alasannya:

  1. Dilansir The Discerning Cat, kucing akan memijat atau meremas sesuatu karena mereka tengah mengalami emosi tertentu, misalnya cemas, frustrasi, atau tertekan. Hal ini jelas merupakan indikasi ketidaknyamanan kucing terhadap lingkungannya.
  2. Kucing juga memiliki naluri untuk membuat tempat tidurnya aman dan nyaman. Ini adalah perilaku purba yang kerap dilakukan oleh nenek moyang kucing di alam liar. mereka akan mengais rumput dan dedaunan untuk dijadikan sarang ketika mereka akan melahirkan.
  3. Nah, beberapa kucing melakukan pijatan dan remasan karena mereka merasa nyaman dengan kondisi tubuhnya. Hal ini membuktikan bahwa alasan nomor satu di atas tidak selamanya selalu valid.
  4. Ia menunjukkan kepedulian terhadap pemiliknya. Jika kucing suka memijat tubuhmu, mungkin hal tersebut menunjukkan betapa mereka peduli dan sayang denganmu.
  5. Sejak kucing mengalami domestikasi dan kedekatan dengan manusia, mereka pun telah menjalin ikatan emosional dengan kita. Salah satu cara yang dilakukan kucing untuk menarik perhatian adalah memijat atau meremas tubuh kita.

Akan tetapi, ada saatnya pijatan dan remasan kucing bisa melukai tubuh pemiliknya karena goresan cakar yang tajam. Nah, kamu bisa mengalihkannya dengan memberi mereka barang lembut, seperti bantal, selimut, atau mainan. Jika mereka memijat atau meremas karena stres dan tertekan, kamu bisa menenangkan serta memindahkan kucingmu ke tempat lain.

So, bagaimana? Sudah tahu kenapa kucing suka memijat atau meremas, kan? Semoga artikel ini bisa menjawab rasa penasaran kamu, ya!

Baca Juga: Kenapa Suara Kucing Serak? Ini 5 Penyebab Utamanya

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya