Comscore Tracker

Belum Terpecahkan, 5 Peristiwa Misterius yang Terjadi di Luar Angkasa

Beberapa jawabannya masih bersifat spekulatif

Banyak peristiwa unik yang terjadi di luar angkasa yang bahkan sebagiannya tidak dapat diidentifikasi secara gamblang oleh sains. Beberapa peristiwa tersebut telah dialami secara langsung oleh sebagian astronaut yang bekerja di luar angkasa, sebagian lainnya ditangkap oleh ahli astronomi di Bumi.

Nah, peristiwa misterius apa saja yang pernah terjadi di luar angkasa dan alam semesta secara umum? Bagaimana sains memandang akan hal tersebut? Yuk, dibaca artikelnya!

1. Ketukan misterius di luar angkasa

Belum Terpecahkan, 5 Peristiwa Misterius yang Terjadi di Luar Angkasadailymail.co.uk

Sebelum membahas peristiwa misterius ini, sebaiknya kamu cerna dulu subjudul di atas dengan logika, ya! Luar angkasa adalah sebuah zona hampa udara dan tidak ada gelombang suara yang dapat merambat dalam ruang hampa udara. Namun, jika ada sebuah objek fisik yang dapat merambatkan gelombang suara, maka suara dapat terdengar di sekitar objek fisik tersebut.

Misalnya, kita sedang berada di dalam kapsul atau wahana luar angkasa, maka suara yang merambat pada bodi wahana bisa terdengar oleh awak yang ada di dalamnya. Nah, suara keras berupa ketukan misterius yang terjadi pada wahana antariksa pernah dialami oleh Yang Liwei, seorang astronaut asal Tiongkok, seperti diberitakan dalam laman BBC.

Peristiwa yang cukup menyeramkan tersebut terjadi pada 2003 lalu. Sebagai astronaut yang bertugas di luar angkasa, tentu Yang Liwei tahu bahwa tidak akan ada siapa pun di luar angkasa. Ia juga tahu bahwa luar angkasa adalah zona sunyi yang tidak ada seorang pun di sana kecuali sesama awak astronaut.

Tidak ada jawaban pasti mengenai peristiwa yang telah dialami oleh Yang Liwei. Ada beberapa jawaban spekulatif yang tentu saja dibantah oleh Yang sendiri. Misalnya, anggapan bahwa Yang telah mengalami halusinasi sesaat, atau bisa juga kapsul telah menabrak objek seperti batuan angkasa. Namun, lagi-lagi semuanya hanya mengarah pada dugaan dan spekulasi.

2. Jeritan astronaut yang penyebabnya ditutup-tutupi

Belum Terpecahkan, 5 Peristiwa Misterius yang Terjadi di Luar Angkasapaoloamoroso.com

Oke, mungkin peristiwa kali ini lebih bersifat konspiratif yang penuh dengan spekulasi. Pada 2019 lalu, misi luar angkasa menggunakan Soyuz MS-14 telah membawa astronaut untuk bertugas di Stasiun Internasional Luar Angkasa (ISS). Perjalanan dan pendaratan yang dilakukan para astronaut berjalan lancar dan tanpa hambatan berarti.

Namun, setelah kapsul atau wahana mendarat dan terkunci di dok stasiun, seorang astronaut bernama Samantha Christoforetti menjerit ketakutan seolah telah melihat sesuatu. Astronaut asal Italia tersebut berteriak ketakutan dan segera ditenangkan oleh rekannya, seorang kosmonaut bernama Shkaplerov.

Menurut laman sains Air and Space, jeritan Samantha tersebut sempat terekam dalam sebuah video kapsul yang direkam oleh NASA dan tentu saja teriakan itu mengundang banyak spekulasi. Samantha telah melakukan klarifikasi di depan media bahwa ia hanya terkejut karena ia mendadak melayang di udara setelah sabuk pengaman dilepaskan.

Namun, benarkah demikian? Para ahli astronomi dan penerbangan luar angkasa agak meragukan pengakuan Samantha. Pasalnya, sebagai seorang astronaut senior, seharusnya Samantha paham dan tahu persis bahwa jika sabuk pengaman terlepas dari kursi kemudi, maka tubuh astronaut pasti akan melayang akibat perbedaan gaya gravitasi.

Justru, jeritan Samantha mengundang spekulasi bagi banyak pihak. Benarkah ketakutan Samantha disebabkan oleh UFO yang ia lihat dengan mata kepalanya sendiri? Mungkin saja ia ditekan oleh pihak tertentu untuk tidak menceritakan mengenai apa yang dilihatnya di luar angkasa. Bagaimana menurutmu? Apakah masuk akal, jika seorang astronaut senior ketakutan akibat melayang di luar angkasa? Atau jangan-jangan, ada sesuatu yang lain?

Baca Juga: Pencapaian Luar Biasa, Ini 8 Hal Pertama yang Menjelajahi Luar Angkasa

3. Sinyal radio dari zona jauh di alam semesta tertangkap oleh teknologi manusia di Bumi

Belum Terpecahkan, 5 Peristiwa Misterius yang Terjadi di Luar Angkasasmithsonianmag.com

Seperti ditulis dalam laman Space, sinyal radio misterius yang sangat kuno telah terdeteksi oleh teknologi komunikasi manusia di Bumi secara intens dari waktu ke waktu. Para ilmuwan berpendapat bahwa sinyal tersebut telah melalui miliaran tahun cahaya untuk sampai ke Bumi. Itu berarti, sinyal misterius ini telah dipancarkan di masa lalu, jauh di masa purba bahkan sebelum Bumi terbentuk.

Apa dan siapa yang memancarkan sinyal tersebut masih misterius hingga kini. Setelah diteliti lebih dalam, sinyal tersebut bukanlah lonjakan energi dari objek luar angkasa. Bukan pula ledakan energi yang dihasilkan dari bintang mati. Namun, lebih jauh, ada sesuatu atau seseorang yang dengan sengaja menyiarkan sinyal tersebut untuk maksud tertentu.

Sinyal radio aneh tersebut sudah ditangkap oleh Bumi sejak 2007. Hingga saat ini, sinyal misterius tersebut masih dapat ditangkap dari Bumi. Penelitian dan studi yang dilakukan oleh ilmuwan dan akademisi melibatkan banyak peralatan canggih, mulai dari teleskop radio, teleskop luar angkasa Hubble, pencitraan inframerah, hingga perekam data lemah yang dapat merekam berbagai macam data dari luar angkasa.

Bagaimana hasil dari studi tersebut? Cukup mengejutkan! Sinyal yang sampai ke Bumi mengindikasikan rentetan kejadian tunggal di zona jauh alam semesta. Seolah ada pihak lain yang ingin berkomunikasi dengan manusia di Bumi. Apakah sinyal tersebut memang dipancarkan oleh alien dari tempat yang sangat jauh? Entahlah, hingga kini sinyal radio itu masih menjadi salah satu tanda tanya besar bagi ilmuwan.

4. Sinyal dari lubang hitam

https://www.youtube.com/embed/jYiWNLv-Bgg

Meskipun sudah sering ditangkap oleh teknologi NASA, sinyal yang dihasilkan dari lubang hitam atau black hole masih dianggap misterius hingga kini. Jangankan suaranya, bentuk wujudnya saja hanya bisa diamati dari zona yang sangat jauh. Ditulis dalam laman NASA, suara dari lubang hitam - berupa sinyal elektromagnetik - sudah bisa ditangkap oleh Observatorium Sinar-X Chandra milik NASA pada 2003.

Para ahli sepakat bahwa gelombang atau sinyal yang dikeluarkan oleh lubang hitam terdengar sejalan dengan perputaran partikel-partikel yang terisap di sekitar lubang hitam tersebut. Namun, masih dibutuhkan studi dan penelitian lebih dalam lagi untuk mengidentifikasi gelombang suara yang mampu dilontarkan oleh objek dengan gravitasi masif tersebut.

Saat ini, ilmuwan dan akademisi hanya berspekulasi bahwa sinyal misterius tersebut muncul akibat gas, bintang, dan objek angkasa lainnya yang tertarik dan terisap ke dalam lubang hitam. Gerakan di sekitar lubang hitam dapat mengubah zona di sekitarnya menjadi zona yang sangat panas dan memunculkan gelombang sinar-X.

Dalam video di atas, kamu bisa mendengar bagaimana gelombang dari lubang hitam dapat ditangkap oleh teknologi di Bumi. Beberapa kalangan sangat yakin bahwa dalam data suara tersebut terdapat banyak informasi yang dapat digali dan dipelajari lebih lanjut.

5. Penampakan Kesatria Hitam, satelit asing yang mengorbit di sekitar Bumi

Belum Terpecahkan, 5 Peristiwa Misterius yang Terjadi di Luar Angkasamajorten.com

Menurut data yang dicatat dalam laman European Comission, ada lebih dari 6000 buah satelit yang sudah diluncurkan ke orbit Bumi. Nah, satelit yang sudah hancur dan tak terpakai akan menjadi puing-puing yang mengotori luar angkasa di sekitar Bumi. Dengan kata lain, puing satelit akan menjadi sampah luar angkasa.

Namun, dari sekian banyak satelit yang diluncurkan oleh manusia, ada beberapa satelit yang dirasa sangat asing dan mungkin bukan milik manusia. Menurut laman sains Space, salah satu satelit asing yang masih diperdebatkan adalah Kesatria Hitam atau Black Knight. Bahkan, satelit asing tersebut sudah mulai disebut-sebut pada era 1950-an, meskipun dalam rupa sinyal.

Hingga saat ini satelit tersebut masih dianggap asing dan misterius, meskipun ada beberapa kalangan yang percaya bahwa Kesatria Hitam hanyalah kepingan dari satelit manusia yang pernah hancur di masa lalu. Beberapa kalangan penganut konspirasi bahkan memiliki ide yang lebih gila dan menganggap Kesatria Hitam sudah mengintai Bumi sejak ribuan tahun lalu.

Yang jelas, ilmuwan dan akademisi tidak mau gegabah dalam menilai dan menyimpulkan mengenai satelit hitam tersebut. Bagi mereka, Kesatria Hitam memang terlihat lebih mirip puing satelit ketimbang wahana milik alien. Bagaimana pendapatmu? Apakah Black Knight merupakan sebuah wahana milik makhluk asing?

Itulah beberapa kejadian misterius yang pernah terjadi di luar angkasa dan zona jauh alam semesta. Jika kamu memiliki jawaban logis yang diperkuat dengan bukti dan jurnal sains, kamu bisa tulis komentar di bawah, ya!

Baca Juga: Kesaksian Astronaut, 10 Kejadian Aneh di Luar Angkasa 

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya