Comscore Tracker

Tempat Berkumpulnya Fauna Unik, Ini 5 Fakta Kepulauan Galapagos

Charles Darwin juga melakukan penelitian di sini

Galapagos adalah kepulauan yang masuk ke dalam wilayah Ekuador dan terletak di Samudra Pasifik. Pada 1959, Galapagos ditetapkan sebagai cagar alam, bahkan UNESCO menetapkannya sebagai Situs Warisan Dunia pada 1978. Tak hanya itu, zona yang terletak di sebelah barat Amerika Selatan tersebut juga dinyatakan sebagai cadangan kelautan dunia.

Ada beberapa fakta menarik yang membuat Galapagos menjadi sebuah wilayah spesial. Meskipun dianggap cukup terpencil, Galapagos ternyata dihuni oleh sedikitnya 30 ribu jiwa dan banyak dari mereka ikut serta melestarikan keberadaan spesies endemik di wilayah tersebut.

Makin penasaran dengan Kepulauan Galapagos? Yuk, simak beberapa fakta menarik berikut ini.

1. Galapagos adalah salah satu wilayah vulkanis paling aktif di dunia

Tempat Berkumpulnya Fauna Unik, Ini 5 Fakta Kepulauan GalapagosBagian kecil dari pantai yang ada di Kepulauan Galapagos. (unsplash.com/Nathalie Marquis)

Dilansir dalam Volcano Discovery, Kepulauan Galapagos termasuk wilayah dengan banyak gunung berapi aktif dan mengalami letusan basalt setiap tahunnya. Ada sekitar 19 gunung berapi yang masih aktif di sana dan ini yang menyebabkan tanah Galapagos menjadi subur. Meskipun terdapat beberapa letusan setiap tahunnya, Galapagos tetap dianggap sebagai rumah yang nyaman bagi banyak spesies.

Cerro Azul, Wolf, dan Sierra Negra menjadi beberapa gunung berapi terbesar di Kepulauan Galapagos dengan tinggi di atas 1000 meter. Menurut beberapa ahli, sebagian besar Pulau Galapagos terbentuk di zaman purba, yakni pada 3 hingga 5 juta tahun lalu. Berbagai penemuan geologi juga mengindikasikan bahwa Galapagos muncul sebagai sisa-sisa dari letusan gunung berapi purba.

2. Rumah bagi spesies unik

Tempat Berkumpulnya Fauna Unik, Ini 5 Fakta Kepulauan GalapagosSpesies kura-kura galapagos yang keberadaannya dilindungi. (unsplash.com/Deb Dowd)

Kepulauan Galapagos sudah menjadi tempat bagi berbagai macam spesies fauna dan flora secara eksklusif. Menurut laman Discovering Galapagos, wilayah itu terkenal dengan beberapa spesies endemik, seperti kura-kura galapagos, iguana laut, pohon daisy, penguin galapagos, dan beberapa jenis organisme lainnya. Kepulauan Galapagos sendiri menjadi wilayah bagi lebih dari 9 ribu jenis spesies, baik hewan maupun tanaman.

Sayangnya, ada beberapa spesies asli yang justru nyaris punah. Iguana laut, misalnya, yang populasinya terus merosot hingga menyentuh angka 100 ekor saja. Spesies lain macam kura-kura besar, penguin, penyu hijau, dan singa laut galapagos juga berada pada kondisi yang cukup menyedihkan. Status mereka ada di ambang kepunahan akibat rendahnya tingkat reproduksi.

Baca Juga: Kura-Kura Galapagos yang Dianggap Punah Ditemukan Hidup

3. Dijadikan tempat penelitian oleh Charles Darwin

Tempat Berkumpulnya Fauna Unik, Ini 5 Fakta Kepulauan GalapagosSpesies yang terdapat di Galapagos sering dijadikan media riset bagi ilmuwan. (unsplash.com/Mac Gaither)

Di mata kebanyakan ilmuwan, termasuk Charles Darwin, Kepulauan Galapagos dianggap sebagai wilayah unik dan penuh keragaman. Ya, Galapagos sendiri sudah lama dijadikan tempat khusus bagi kalangan akademisi untuk penelitian mereka. Kegiatan sains di tempat itu juga didukung oleh UNESCO dan hampir seluruh penduduknya. Namun, bagi kalangan awam, Galapagos menjadi terkenal karena pulau tersebut pernah dijadikan fokus bagi Darwin.

Dicatat dalam Smithsonian Magazine, Charles Darwin sudah melakukan penelitiannya di Galapagos pada 1835. Ia melakukan banyak riset, studi, dan pengamatan selama beberapa waktu di kepulauan tersebut. Pada saat itu, Darwin  bersama tim ilmuwan dari HMS Beagle telah mengeksplorasi Kepulauan Galapagos sekaligus mempelajari keragaman spesies di sana. Dari situlah Darwin berhasil mengembangkan sebuah gagasan ilmiah yang dikenal sebagai teori evolusi.

4. Ada program eliminasi hewan asing di Kepulauan Galapagos

Tempat Berkumpulnya Fauna Unik, Ini 5 Fakta Kepulauan GalapagosKambing adalah spesies asing di Galapagos yang awalnya dibawa dari luar. (unsplash.com/Chris Robert)

Ancaman bagi spesies endemik di Galapagos adalah masuknya hewan asing yang awalnya bukan organisme asli di sana. Salah satunya adalah banyaknya kambing yang awalnya dibawa oleh pelaut untuk diternakkan. Karena tingkat reproduksinya yang tinggi, kambing-kambing tersebut menjadi cukup dominan dan sering menghabiskan pasokan makanan bagi hewan-hewan asli Galapagos.

Nah, sebuah langkah yang cukup ekstrem telah diambil sebagai cara untuk mempertahankan konservasi alam di sana. Galapagos Conservancy melansir kabar bahwa Proyek Isabela telah dilakukan pada 1997 hingga 2006 dan bertujuan untuk melenyapkan kambing-kambing yang ada di Kepulauan Galapagos. Ada ratusan ribu ekor kambing di sana dan keberadaannya telah memojokkan spesies asli yang lebih dulu ada.

Selain kambing, beberapa mamalia masif lainnya seperti babi, keledai, dan kera juga dimusnahkan dari pulau-pulau yang ada di Galapagos. Program ini membuahkan hasil yang cukup positif. Pada 2006, seluruh kambing, babi, keledai, dan kera sudah tidak ada lagi di Galapagos dan hal itu menjadi kesempatan bagi spesies endemik untuk bertahan hidup di alam liar.

5. Dijadikan tujuan pariwisata

Tempat Berkumpulnya Fauna Unik, Ini 5 Fakta Kepulauan GalapagosSinga laut di Kepulauan Galapagos yang populasinya terus dijaga. (unsplash.com/Amy Perez)

Kepulauan Galapagos menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi, terutama bagi mereka yang penasaran dengan keberadaan spesies asli di sana. Dilansir dalam Travel Channel, waktu terbaik untuk datang ke sana adalah Juni, Juli, Agustus, dan Desember. Tentunya, saat ini, jadwal dan kunjungan wisatawan tidak dapat dilakukan karena pandemik COVID-19.

Namun, setelah wabah selesai, para wisatawan yang ingin mengunjungi Kepulauan Galapagos bisa melakukannya menggunakan kapal pesiar kecil. Pengunjung wajib dipandu oleh pemandu berlisensi dari Taman Nasional Galapagos. Tentu saja semua orang yang akan berwisata ke sana wajib mendarat terlebih dahulu di Ekuador.

 

Bagaimana jalan-jalan kita kali ini di Kepulauan Galapagos? Unik dan seru, bukan? Ternyata, wilayah tersebut memang dipenuhi oleh spesies asli yang berada di ambang kepunahan. Dengan konservasi dan perlindungan satwa, semoga populasi hewan endemik di Galapagos tetap lestari, ya.

Baca Juga: Ekuador: Peneliti Temukan Spesies Ikan Baru di Kep. Galapagos

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya