Comscore Tracker

5 Fakta Unik Walang Kecek, Bisa untuk Melatih Burung Berkicau

Pertanda Kemunculan Roh Para Leluhur

Mungkin banyak yang belum tahu apa itu walang kecek? Hewan ini adalah sejenis serangga pemakan tumbuhan yang mirip dengan belalang. Walang kecek termasuk dalam ordo orthoptera sehingga bila melihatnya selintas pasti menyangka serangga ini adalah belalang.

Tidak seperti belalang biasa yang mudah ditemukan di area persawahan atau di kebun-kebun, walang kecek agak sulit mencarinya, kecuali di hutan, pegunungan atau pedesaan.
Ingin lebih tahu seputar hewan ini? Mari kita simak fakta-faktanya!

1. Serangga yang memiliki banyak nama

5 Fakta Unik Walang Kecek, Bisa untuk Melatih Burung Berkicaupixabay.com/lydia-threads

Di masyarakat walang kecek sering juga disebut walang kerik, belalang kerik, atau belalang kerek, ada juga yang menamai belalang rusa, belalang emas, belalang hijau, belalang daun. Dalam bahasa Inggris serangga ini dikenal dengan sebutan bush cricket atau katydid. Di daerah Jawa Barat famili tettigoniidae ini sering disebut cihcir atau caricangkas.

2. Ciri khas memiliki suara yang nyaring

5 Fakta Unik Walang Kecek, Bisa untuk Melatih Burung Berkicaupixabay.com/Brett_Hondow

Keunikan serangga ini adalah suaranya yang nyaring memekakkan telinga. Suara nyaring mirip jangkrik atau tonggeret ini dihasilkan dari gesekan kedua sayap belakangnya. Walang kerik jantan biasanya yang mengeluarkan suara nyaring ini untuk menarik perhatian betinanya. Suara yang dihasilkan walang kecek bisa terdengar sampai jarak 100 meter.

Baca Juga: 8 Hewan Ini Suka Berpura-pura Menjadi Hewan Lain, Bisa Mirip Banget!

3. Perbedaan walang kecek dengan belalang biasa

5 Fakta Unik Walang Kecek, Bisa untuk Melatih Burung Berkicaupixabay.com/illuvis

Belalang pada umumnya memiliki antena yang lebih pendek dari tubuhnya. Sementara walang kecek memiliki antena yang hampir selalu lebih panjang dari tubuhnya. Kedua kaki paling belakang pun memiliki ukuran yang lebih panjang.

Ukuran tubuh lebih kecil dari belalang, sementara warna tubuh walang kecek umumnya coklat dan hijau. Dan yang membedakan walang kerik dan belalang biasa, selain suaranya yang nyaring, walang kecek juga aktif di malam hari (nocturnal).

4. Untuk melatih burung berkicau

5 Fakta Unik Walang Kecek, Bisa untuk Melatih Burung Berkicaupixabay.com/Mylene2401

Banyak para pehobi burung berkicau memanfaatkan walang kecek untuk melatih suara burung peliharaannya agar cepat gacor. Pelatihan suara burung ini disebut dengan istilah mastering, biasanya menggunakan suara burung lain atau dengan suara jangkrik.

Mastering dengan walang kecek, menurut para pehobi burung, lebih mudah karena suaranya stabil. Bahkan kini sudah banyak website yang memberi fasilitas untuk mengunduh suara walang kecek mp3 secara gratis.

5. Pertanda datangnya roh leluhur

5 Fakta Unik Walang Kecek, Bisa untuk Melatih Burung Berkicaupixabay.com/RoosRojas

Di tanah Pasundan, Jawa Barat, ada kepercayaan bahwa bila suara walang kecek atau cihcir muncul di rumah, itu adalah pertanda akan kedatangan makhluk halus atau roh para leluhur. Bahkan di daerah lain ada kepercayaan jika ada walang kerik muncul di dalam rumah secara tiba-tiba bermakna akan ada sesuatu kejadian yang tidak baik.

Demikianlah beberapa fakta tentang walang kecek. Meskipun suara nyaring serangga ini cukup mengganggu saat tidur malam, hewan ini juga ternyata memiliki manfaat bagi manusia.

Baca Juga: Tak Ingin Disengat? Lebih Baik Kamu Menghindari 10 Serangga Ini! 

Dede Suhaya Photo Writer Dede Suhaya

Saya hanyalah penulis blog biasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya