Comscore Tracker

7 Tanaman Hias Ini Mudah Dirawat di Halaman Rumah, Coba Pelihara Deh!

Tanaman mana yang cocok untuk halaman rumahmu?

Weekend ini ingin mendekorasi halaman rumah agar terlihat lebih segar? Ada beberapa tanaman yang mudah perawatannya, namun bisa membuat kesan asri pada rumahmu. Yuk, kita berkreasi dengan beberapa tanaman yang mudah tumbuh di halaman rumahmu.

1. Lidah Mertua

7 Tanaman Hias Ini Mudah Dirawat di Halaman Rumah, Coba Pelihara Deh!dekoruma.com

Tanaman dengan nama latin sansevieria ini memiliki bentuk daun mirip pedang, pipih, panjang dan runcing. Daunnya berwarna hijau dan terdapat garis kuning pada pinggirnya.

Daunlidah mertua ini dapat tumbuh hingga 80cm. Cara menanamnya pun mudah, kamu bisa melakukan stek daun atau menanamnya langsung dari tunasnya. Perawatan lidah mertua pun sangat mudah karena tanaman ini tidak memerlukan air yang banyak.

2. Sirih Belanda

7 Tanaman Hias Ini Mudah Dirawat di Halaman Rumah, Coba Pelihara Deh!interinoz.com

Tanaman sulur-suluran ini biasanya ditanam dalam pot-pot cantik yan digantung. Sirih Belanda disebut juga sirih gading atau epipremnum aureum mempunyai bentuk dan warna yang sama seperti daun sirih pada umumnya. Perbedaannya, pada daun sirih belanda terdapat corak putih.

SiringSiring Belanda mempunyai manfaat yang hampir sama dengan lidah mertua, yakni menyerap racun seperti asap rokok. Kamu hanya perlu menyiapkan pot kecil yang telah disesuaikan ukurannya atau botol kaca yang diisi air sebagai media tanamnya. Sirih Belanda dapat kamu letakkan dimeja atau menggantung pot dan membiarkan tanaman tersebut menjuntai.

3. Kaktus

7 Tanaman Hias Ini Mudah Dirawat di Halaman Rumah, Coba Pelihara Deh!dekoruma.com

Kaktus adalah tumbuhan khas gurun pasir, sehingga memerlukan cahaya yang melimpah. Tumbuhan ini dapat bertahan hidup dicuaca ekstrim. Kaktus bertahan dihidup dalam waktu lama karena tumbuhan ini menyimpan cadangan air pada batang.

Kaktusdapat ditanam langsung di halaman rumah atau dalam pot. Kaktus mempunyai banyak jenis, kamu dapat mengoleksi kaktus mini dan kaktus landak yang lucu serta berwarna-warni. Ada juga kaktus yang terdiri atas dua kaktus dalam satu batang, sehingga terlihat berwarna.

Baca Juga: 7 Tanaman Tersehat dalam Kamar, Selain Indah Bisa Buat Tidurmu Nyenyak

4. Bunga pukul sembilan

7 Tanaman Hias Ini Mudah Dirawat di Halaman Rumah, Coba Pelihara Deh!dekoruma.com

Bunga kecil yang disebut juga portulaka grandiflora atau krokot ini sering kita jumpai dengan beraneka warna. Biasanya tanaman ini ditanam di pot gantung. Bunga pukul sembilan akan tumbuh subur bila cukup asupan sinar matahari.

Seperti namanya, tanaman yang mulai mekar pukul sembilan dan layu pada sore hari. Tanaman yang bisa tumbuh di dataran rendah dan tinggi ini biasanya dianggap liar oleh masyarakat, namun siapa sangka bila tanaman ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini dapat mengobati sakit tenggorokan, luka bakar, dan memar.

5. Pohon kamboja

7 Tanaman Hias Ini Mudah Dirawat di Halaman Rumah, Coba Pelihara Deh!kaskus.co.id

Menurut feng shui, pohon kamboja dapat membawa rejeki bagi pemilik rumah. Pohon kamboja lebih indah jika ditanam ditempat yang cukup sinar matahari.

Kamboja mempunyai beberapa warna, salah satunya putih, kuning, dan merah. Pohon kamboja dapat ditanam melalui stek batang. Kamu dapat menanam kamboja untuk mempercantik halaman rumahmu.

6. Bougenville

7 Tanaman Hias Ini Mudah Dirawat di Halaman Rumah, Coba Pelihara Deh!bukalapak.com

Tanaman yang sering disebut bunga kertas ini terkenal dengan kemudahan perawatannya. Bougenville sangat cocok jika ditanam di daerah tropis karena banyak sinar matahari.

Sama seperti bunga pukul sembilan, bougenville mempunyai berbagai jenis warna. Hanya perlu rutin memangkas atau merapikan dahan agar merangsang berbunga lebih lebat. Bougenville sangat mudah ditanam, tumbuhan ini dapat ditanam menggunakan stek batang.

7. Euphorbia

7 Tanaman Hias Ini Mudah Dirawat di Halaman Rumah, Coba Pelihara Deh!uhlig-kakteen.de

Tanaman yang booming pada beberapa tahun lalu ini memerlukan sinar matahari langsung. Euphorbia mempunyai batang bulat dan berduri yang mengelilingi batang.

Euphorbia biasanya ditanam dalam pot, tapi tak menutup kemungkinan euphorbia juga ditanam langsung ditanah. Tanaman ini mudah dirawat karena tidak memerlukan air yang terlalu banyak. Agar euphorbia berbunga dengan baik, lakukan pemupukan dan pemangkasan daun secara rutin.

Dari 7 tanaman tersebut, mana yang cocok untuk menghiasi halaman rumahmu? Yuk, mulai mendekorasi halaman rumahmu dengan tanaman agar terlihat asri. Selamat berkebun!

Baca Juga: 7 Tanaman Pekarangan Rumah untuk Mendukung Hari Gerakan 1 Juta Pohon

DhytaRosa Photo Verified Writer DhytaRosa

Railfans

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You