7 Planet Tertua di Jagat Raya, Bumi Jadi Terasa Muda

Yang tertua berusia 13 miliar tahun

Manusia telah tertarik dengan planet-planet dan objek ruang angkasa lainnya sejak lama sekali. Di tata surya kita sendiri, sebagian besar planet dapat terlihat dengan mata telanjang pada waktu-waktu tertentu.

Teknologi yang terus berkembang memungkinkan para astronom mampu mengamati planet-planet di luar tata surya kita, yang dikenal sebagai eksoplanet. Bukan hanya mengidentifikasi planet, para astronom juga mampu mengetahui usia planet-planet yang berhasil diamati. Saat ini, diyakini Bumi berusia 4,5 miliar tahun dan bukanlah tergolong planet yang terbentuk paling awal.

Kamu mungkin penasaran, planet apa yang pertama kali terbentuk di alam semesta dan berada usianya? Untuk menjawab rasa penasaranmu, simak pembahasannya berikut ini.

1. Jupiter

7 Planet Tertua di Jagat Raya, Bumi Jadi Terasa MudaPlanet Jupiter (dok. NASA)

Semua planet yang ada di tata surya kita memiliki usia yang hampir sama, tetapi diyakini bahwa Jupiter adalah yang tertua. Diperkirakan planet ini terbentuk sekitar satu juta tahun setelah Matahari dan saat ini berusia sekitar 4,6 miliar tahun, menurut laman Space. Jupiter adalah planet kelima dari Matahari dan memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari semua planet lain di tata surya kita.

Keberadaan Jupiter pertama kali diidentifikasi pada tahun 1610 oleh astronom terkenal Galileo Galilei. Kemudian pada tahun 1979, para ilmuwan kembali dibuat terkejut saat mengetahui bahwa Jupiter memiliki cincin, meskipun tidak sejelas Saturnus.

2. TRAPPIST-1

7 Planet Tertua di Jagat Raya, Bumi Jadi Terasa MudaTRAPPIST-1 (commons.wikimedia.org)

Saat sistem planet TRAPPIST-1 pertama kali ditemukan, para ilmuwan memperkirakan bahwa sistem planet ini baru berusia sekitar 500 juta tahun. Namun, dikutip dari laman Exoplanet Exploration Program, studi terhadap planet ini terus dilakukan hingga penelitian yang dirilis pada tahun 2017 mengungkapkan bahwa sistem ini berusia antara 5,4 – 9,8 miliar tahun, yang artinya dua kali usia tata surya kita.

Sistem ini terdiri dari bintang katai merah yang sangat dingin dan tujuh planet terrestrial yang beriklim sedang, tiga di antaranya berada di zona layak huni. Fakta ini membuat para ilmuwan meneliti lebih jauh tentang apakah kehidupan dapat bertahan hidup di luar tata surya kita atau tidak. Untuk saat ini, masih belum jelas apakah salah satu dari tujuh planet TRAPPIST-1 memiliki kondisi yang dapat mendukung kehidupan.

3. Kepler-452b

7 Planet Tertua di Jagat Raya, Bumi Jadi Terasa MudaKepler-452b (nasa.gov)

NASA menemukan planet Kepler-452b pada tahun 2015 dan membuat gaduh di komunitas ilmiah. Planet yang juga dijuluki NASA sebagai Coruscant, adalah planet mirip Bumi pertama di zona layak huni, yang menyebabkan Kepler-452b dijuluki Bumi 2.0 atau sepupu Bumi.

Kepler-452b memiliki diameter 60 persen lebih besar dari Bumi dan dijuluki sebagai Bumi ekstrasurya. Saat ini, masih belum diketahui apakah Kepler-452b adalah planet berbatu seperti Bumi dan memiliki lingkungan yang layak huni. Diperkirakan, Kepler-452b telah berusia 6 miliar tahun, dan penelitian lebih lanjut sedang dilakukan di planet ini untuk mengonfirmasi statusnya.