Comscore Tracker

Sederhana, Ini 5 Hal Biasa yang Bikin Kucing Bahagia

#IDNTimesScience Kucing suka semua hal ini

Menyediakan makanan adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik kucing. Makanan yang lezat bisa meningkatkan nafsu makan dan membuat kucing semakin bahagia. Tetapi, ada beberapa hal di dunia ini yang lebih disukai kucing daripada makanan. Bahkan, sering kali ini adalah hal yang biasa tetapi bisa meningkatkan kebahagiaan kucing.

Dirangkum dari laman The Spruce Pets dan Cat Time, inilah hal-hal sepele yang bisa membuat kucing merasa bahagia.

1. Tidur

Sederhana, Ini 5 Hal Biasa yang Bikin Kucing Bahagiailustrasi kucing sedang tidur (pexels.com/Christopher Schruff)

Kucing adalah hewan yang suka tidur. Umumnya, kucing menghabiskan waktu selama 12 hingga 16 jam sehari untuk tidur. Meskipun begitu, ini tidak selalu tidur yang dalam dan nyenyak. Tak jarang, kucing hanya tidur ringan dan akan mudah bangun saat mendengar suara-suara dan tetap siap menyergap mangsa kapan pun.

Perlu diingat, anak kucing dan kucing senior akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur daripada kucing remaja. Namun, jika kamu khawatir kucingmu tidur terlalu banyak, bicarakan dengan dokter hewan untuk memastikan apakah itu adalah perilaku yang normal.

2. Catnip

Sederhana, Ini 5 Hal Biasa yang Bikin Kucing Bahagiailustrasi kucing (pixabay.com/CatCrazy)

Banyak pemilik kucing suka memberikan cat treats dan kebanyakan kucing juga menyukai cat treats. Namun, kucing menyukai catnip lebih daripada cat treats standar. Ini karena catnip memberikan perasaan euforia yang tidak bisa diberikan cat treats biasa.

Konon, beberapa kucing tidak sensitif terhadap catnip dan tidak akan bereaksi sama sekali. Untuk kucing-kucing seperti itu, sebenarnya ada beberapa tanaman alternatif yang dapat menghasilkan efek serupa pada kucing, seperti valerian dan anggur perak. Jika kamu ingin membuat kucing bahagia, berikan saja catnip atau tanaman serupa.

Baca Juga: 7 Hal Nyeleneh yang Ditakuti Kucing, Bikin si Meong Lari Terbirit

3. Bermain

Sederhana, Ini 5 Hal Biasa yang Bikin Kucing Bahagiailustrasi kucing sedang bermain (unsplash.com/Kim Davies)

Bermain adalah kebutuhan primer bagi banyak kucing, mulai dari masa anak hingga masa tua, kucing pada dasarnya senang bermain. Bermain juga merupakan bagian penting dari kesehatan dan perkembangan mereka karena membuat mereka tetap berolahraga dan bahagia.

Karena alasan ini, penting untuk meluangkan waktu beberapa saat setiap harinya untuk bermain bersama kucing. Selain itu, kamu juga bisa memberikan mainan pada kucing. Kucing senang bermain dengan apa saja, mulai dari tali hingga mainan kucing yang banyak dijual di toko. Jadi, tidak akan sulit menemukan mainan yang disukai kucing.

4. Mengamati burung

Sederhana, Ini 5 Hal Biasa yang Bikin Kucing Bahagiailustrasi kucing (unsplash.com/Eric Han)

Bukan hal yang aneh jika kucing mau duduk manis di jendela hanya untuk melihat burung selama berjam-jam. Ya, kucing senang mengamati burung, entah karena ini adalah mangsa kucing atau hanya karena gerakan burung menarik perhatian bagi kucing.

Jadi, biarkan saja jika kucingmu suka menghabiskan waktu untuk mengamati burung karena ini akan membuat mereka bahagia. Hanya saja, ada baiknya untuk membatasi jamnya di luar rumah saat matahari sedang menyengat, yaitu antara pukul 10 pagi dan 4 sore.

5. Air mengalir

Sederhana, Ini 5 Hal Biasa yang Bikin Kucing Bahagiailustrasi kucing sedang minum (unsplash.com/Dorothea OLDANI)

Jika kamu memiliki kucing, kamu pasti memperhatikan bahwa mereka akan mencoba minum air dari keran yang mengalir setiap kali ada kesempatan atau sekadar bermain-main dengannya. Saat ini, ada banyak sekali air mancur minum yang dirancang khusus untuk kucing, sehingga selalu tersedia air dingin, segar, dan mengalir.

Bahkan, sebenarnya ada beberapa ras kucing juga suka bermain air. Apabila kucing di rumahmu memang senang bermain air, kamu bisa mengisi bak mandi mereka dengan air selama waktu bermainnya. Ini akan membuat fisik kucing menjadi aktif dan menyegarkan diri saat cuaca sedang panas.

Ternyata, tidak sulit membuat kucing merasa bahagia. Cukup pastikan agar kucing memiliki akses pada hal-hal di atas dan kucing akan menjadi lebih bahagia.

Baca Juga: 5 Manfaat Sterilisasi pada Kucing, Bikin Kucing Hidup Sejahtera!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya