Comscore Tracker

Bukan Dikonsumsi, Ini 5 Kegunaan Lain Vodka pada Benda Sekitar 

Dari membersihkan gulma sampai menetralisir bau

Vodka telah dinikmati sejak awal abad pertengahan hingga saat ini dan dikenal sebagai salah satu minuman beralkohol paling populer di dunia. Fleksibilitasnya dalam pencampuran membuat minuman beralkohol ini sangat populer untuk membuat koktail.

Selain sebagai minuman, vodka menjadi cairan serbaguna yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah berbagai jenis aktivitas sehari-hari. Berikut ini adalah sederet kegunaan lain dari vodka.

1. Memperpanjang kesegaran bunga dalam vas

Bukan Dikonsumsi, Ini 5 Kegunaan Lain Vodka pada Benda Sekitar ilustrasi bunga (pexels.com/Marta Dzedyshko)

Menambahkan vodka ke dalam vas bunga bisa membuat bunga lebih segar. Menurut studi yang dilakukan North Carolina State University, menambahkan vodka ke dalam air dalam vas dapat membantu membuat bunga tetap segar lebih lama yang dimungkinkan karena menghambat produksi etilen.

Namun, seperti halnya konsumsi vodka bagi manusia, kamu tidak boleh menambahkan terlalu banyak vodka ke tanaman. Tanaman hanya dapat mentolerir alkohol dalam konsentrasi kecil sehingga kamu tidak boleh menambahkannya secara berlebihan.

2. Menghilangkan gulma

Bukan Dikonsumsi, Ini 5 Kegunaan Lain Vodka pada Benda Sekitar ilustrasi gulma (pixabay.com/photoAC)

Vodka bersama dengan sinar matahari dapat membantu memusnahkan gulma pada kebun. Menurut Reader's Digest, kamu bisa mencampur 30 ml vodka dengan dua cangkir air dan beberapa tetes sabun cuci piring lalu oleskan pada tengah hari yang cerah untuk memusnahkan gulma.

Alkohol dalam vodka akan memecah lapisan kutikula lilin pada daun, membuat gulma rentan terhadap dehidrasi di bawah sinar matahari. Namun, cara ini hanya berfungsi untuk gulma yang tumbuh di bawah sinar matahari langsung dan tidak akan berfungsi untuk gulma di tempat teduh.

Baca Juga: 5 Fakta Soju, Minuman Beralkohol Asal Korea yang Mendunia

3. Menetralisir bau dan membersihkan benda-benda  

Bukan Dikonsumsi, Ini 5 Kegunaan Lain Vodka pada Benda Sekitar ilustrasi membersihkan permukaan meja (pexels.com/Matilda Wormwood)

Meskipun beberapa vodka memiliki bau yang dianggap aneh, tetapi vodka sebenarnya dapat menetralisir bau-bauan lain. Vodka memiliki kemampuan yang ajaib untuk menghilangkan bau. Dijelaskan laman Greatist, kamu dapat menggunakan vodka untuk membersihkan dan menghilangkan bau tidak sedap pada, kaki atau ketiak, sepatu, pakaian, permukaan benda-benda, linen, hingga peralatan dapur yang berminyak.

Namun, bukan berarti kamu harus menyiram semuanya dengan vodka murni. Pindahkan sejumlah vodka dalam botol semprot kecil dan encerkan dengan air.

4. Mengusir serangga

Bukan Dikonsumsi, Ini 5 Kegunaan Lain Vodka pada Benda Sekitar ilustrasi nyamuk sedang menggigit kulit (pexels.com/Jimmy Chan)

Tidak ada yang senang jika dirinya digigiti oleh serangga apa pun. Namun, keamanan penolak nyamuk berbasis DEET masih diperdebatkan. Jika kamu tidak ingin mengambil risiko dari menggunakan penolak nyamuk berbasis DEET, kamu bisa menggunakan vodka sebagai pengganti penolak serangga.

Dijelaskan dalam laman Mental Floss, menggunakan vodka secara topikal bisa bertindak sebagai penolak nyamuk. Caranya, tuangkan sejumlah vodka ke dalam botol semprot dan semprotkan pada serangga atau ke diri sendiri sebagai penolak serangga.

5. Mengatasi rambut kusut dan ketombe

Bukan Dikonsumsi, Ini 5 Kegunaan Lain Vodka pada Benda Sekitar ilustrasi rambut (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Vodka bisa menjadi solusi untuk berbagai masalah perawatan rambut, mulai dari rambut kusut hingga ketombe. Dikutip dari laman Mental Floss, vodka memiliki tingkat pH rendah yang jika ditambahkan ke kondisioner dapat membantu menjaga dan menurunkan tingkat pH tinggi pada rambut.

Vodka juga memiliki kemampuan untuk menyegel kutikula rambut yang akan mengatur dan mengurangi rambut keriting, menghasilkan helai rambut yang lebih lembut dan berkilau. Menambahkan sedikit vodka ke botol sampo juga dapat membantu meredakan rasa gatal pada kulit kepala dan mengurangi ketombe.

Ternyata, vodka memiliki lebih banyak manfaat dari sekadar meminumnya. Jadi, tertarik membuktikan manfaat vodka untuk hal-hal di atas?

Baca Juga: 9 Fakta Menarik seputar Sake, Minuman Khas dari Jepang

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya