Sulit Dipahami, Ini 8 Fakta Psikologi Unik tentang Cinta

Meski begitu, ada alasan Ilmiahnya
Meskipun kadang jatuh cinta dan menjalin hubungan membuat kita patah hati, perasaan mencintai juga menuai banyak manfaat. Pada akhirnya, terlepas dari efek samping yang mungkin ditimbulkan, bisa merasakan cinta adalah hal yang berharga, baik untuk emosi maupun fisik. Kita pun patut mensyukurinya.

Selain itu, ada banyak fakta psikologi menarik seputar cinta yang bisa membuat kamu kagum. Apa sajakah itu? Simak baik-baik pembahasan berikut ini.

1. Jatuh cinta sama adiktifnya dengan kokaina atau nikotin

Sulit Dipahami, Ini 8 Fakta Psikologi Unik tentang Cintaunsplash.com/Nathan McBride

Dopamin, bahan kimia yang dilepaskan selama tahap awal hubungan juga diaktifkan saat menggunakan kokaina dan nikotin. Bahan kimia ini memberi kamu rasa senang dan bahagia yang sehingga obat-obatan ini membuat banyak orang ketagihan. Ini juga meningkatkan pelepasan testosteron, yang penting untuk daya tarik.

2. Memeluk pasangan bisa jadi pereda stres instan

Sulit Dipahami, Ini 8 Fakta Psikologi Unik tentang Cintaunsplash.com/Oana Craciun

Memeluk pasangan saat kamu atau ia merasa stres dapat secara instan mengurangi stres. Satu studi yang dilakukan oleh psikiater di University of North Carolina menemukan bahwa ketika pasangan berpelukan, mereka mengalami peningkatan kadar oksitosin, yaitu hormon yang bertanggung jawab untuk menurunkan tingkat stres dan meningkatkan suasana hati.

3. Menjalin hubungan dapat membentuk kepribadian seseorang

Sulit Dipahami, Ini 8 Fakta Psikologi Unik tentang Cintaunsplash.com/Milan Popovic

Cinta dapat membentuk kepribadian seseorang, bahkan bagi orang yang paling pesimis pun dapat berubah menjadi lebih baik setelah mendapatkan cinta dalam hidup, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality.

Dalam penelitian tersebut, setelah mengamati 245 pasangan muda selama 9 bulan, para ilmuwan di balik penelitian tersebut menemukan bahwa berada dalam suatu hubungan secara tidak langsung membuat pasangan lebih optimis dan percaya diri. Hal ini kemungkinan karena emosi dan pengalaman positif yang terkait dengan hubungan tersebut.

4. Hubungan jarak jauh bisa menguatkan hubungan

Sulit Dipahami, Ini 8 Fakta Psikologi Unik tentang CintaUnsplash.com/Oleg Magni
Tak sedikit orang yang merasa ragu-ragu dalam menjalani hubungan jarak jauh, seperti karena kesulitan menahan rindu atau khawatir tidak bisa saling setia. Padahal, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Communication, hubungan jarak jauh tidak hanya bisa sesukses hubungan pada umumnya, tetapi juga lebih efektif dalam membangun kepercayaan dan kepuasan antarpasangan.