Comscore Tracker

5 Hewan Mamalia yang Hidup di Air, Ada yang Sering Dikira Ikan!

Hewan-hewan ini juga melahirkan dan menyusui anaknya

Mamalia merupakan hewan yang pada umumnya hidup di darat. Meskipun begitu, ternyata ada mamalia yang juga menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam air.

Mamalia air memiliki karakteristik utama seperti mamalia darat, misalnya memiliki rambut, menghirup udara, melahirkan anak, dan menyusui anaknya.

Lalu, apa sajakah mamalia yang hidup di air? Berikut adalah kumpulan mamalia air dirangkum dari laman Seeker dan Marine Bio.

1. Berang-berang laut

5 Hewan Mamalia yang Hidup di Air, Ada yang Sering Dikira Ikan!pixabay.com/schucke

Berang-berang laut adalah anggota keluarga musang dan merupakan mamalia laut terkecil, dengan berat betina sekitar 27 kg dan jantan 41 kg. Meskipun kecil, tapi berang-berang adalah hewan yang pintar.

Berang-berang laut adalah satu-satunya mamalia laut yang diketahui mampu menggunakan benda-benda di sekitarnya sebagai alat bantu. Misalnya, menggunakan batu untuk memecahkan cangkang dan menyimpan makanan yang mereka kumpulkan di lipatan ketiak mereka.

Fitur lain yang membuat berang-berang laut ini unik adalah kurangnya lemak. Karenanya, berang-berang laut bergantung pada bulunya agar tetap hangat. Sayangnya, mereka sangat rentan terhadap tumpahan minyak, yang dapat membahayakan efek isolasi bulu mereka.

2. Paus

5 Hewan Mamalia yang Hidup di Air, Ada yang Sering Dikira Ikan!pexels.com/Silvana Palacios

Paus masuk dalam ordo Cetacea yang dikenal memiliki lubang sembur di bagian atas kepala untuk bernafas, tubuh yang ramping, dan sejenis sirip horizontal di bagian ekor. Mamalia raksasa ini dapat ditemukan di semua samudra di dunia dengan penyebaran spesies yang berbeda-beda.

Semua anggota ordo Cetacea, termasuk semua paus bergigi dan yang menggunakan balin diyakini telah berevolusi dari mamalia berkuku darat seperti sapi, unta, dan domba sekitar 45 juta tahun yang lalu.

Perbandingan terbaru dari beberapa gen protein susu telah mengkonfirmasi hubungan ini dan menunjukkan bahwa kerabat terdekat paus yang hidup di darat mungkin adalah kuda nil.

Baca Juga: 5 Hewan Laut yang Sering Dikira Tumbuhan, Kamu Pernah Salah Mengira?

3. Beruang kutub

5 Hewan Mamalia yang Hidup di Air, Ada yang Sering Dikira Ikan!pexels.com/pixabay

Meskipun beruang kutub menghabiskan sebagian besar waktunya di daratan atau es, mereka adalah perenang yang hebat dan dikenal mampu berenang hingga 72,4 km sehari. Hewan besar dengan berat hingga 680 kg ini kebanyakan hidup dengan berburu anjing laut.

Dalam beberapa tahun terakhir, para ahli biologi mengamati bahwa saat ini beruang kutub lebih banyak menghabiskan waktu untuk berenang daripada sebelumnya karena pencairan yang membentang jarak antara aliran es Arktik.

Karena bergantung pada lautan es untuk berburu anjing laut, saat ini populasi beruang berwarna putih ini dikhawatirkan terancam karena menipisnya es yang menjadi tempat mereka mencari makan.

4. Manate

5 Hewan Mamalia yang Hidup di Air, Ada yang Sering Dikira Ikan!unsplash.com/NOAA

Manate adalah herbivora berukuran besar yang jinak dan hidup di daerah berawa di perairan tropis dan subtropis. Rata-rata manate dewasa dapat memiliki berat hingga 544 pon dan panjangnya sekitar 3 meter. 

Karena metabolisme manate yang lambat, mamalia ini hanya dapat bertahan hidup di perairan hangat. Pada malam hari, manate sering tidur sekitar satu hingga tiga meter di bawah permukaan laut. Inilah sebabnya mengapa hewan-hewan besar nan jinak ini sering tertabrak perahu yang lewat yang menyebabkan manate terluka, cacat, atau terbunuh.

5. Dugong

5 Hewan Mamalia yang Hidup di Air, Ada yang Sering Dikira Ikan!pixabay.com/dietmaha

Dugong alias sapi laut merupakan mamalia laut dengan panjang berkisar antara 2,4 sampai 4 m dengan berat dapat mencapai 270 kg.

Dugong dilahirkan dengan warna krem pucat, tetapi warnanya semakin gelap seiring bertambahnya usia menjadi abu-abu tua di bagian punggung dan lateral. Dugong memiliki kulit yang tebal, keras, dan halus, serta rambut pendek yang tersebar di seluruh tubuh.

Dugong adalah mamalia laut berumur panjang dengan masa hidup hingga 70 tahun dan periode pra-reproduksi minimal 9-10 tahun, meskipun dapat terjadi paling lambat 15 tahun serta interval melahirkan rata-rata 3-7 tahun.

 

Itulah beberapa hewan mamalia yang tinggal di air. Uniknya, meskipun semua hewan ini memiliki karakteristik mamalia, ada pula yang sering dikira masuk dalam klasifikasi pisces atau ikan, seperti paus.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Pernapasan Hewan, Ada Ikan yang Bernapas dengan Paru-Paru

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya