Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Manx, Kucing Tanpa Ekor yang Menggemaskan

Tetap menggemaskan walau tanpa ekor

Salah satu hal yang menjadi ciri khas dari kucing adalah ekornya. Kucing memiliki ekor yang bervariasi, ada yang berekor pendek, panjang, hingga berbulu lebat bak kemoceng. Ekor kucing juga diketahui menjadi salah satu cara kucing untuk berkomunikasi.

Tapi ternyata, ada juga kucing yang tidak memiliki ekor, yaitu kucing Manx. Kucing Manx dikenal dengan ekornya yang sangat pendek atau bahkan tampak seperti tidak memiliki ekor. Tapi selain ekor khasnya yang menggemaskan, kucing ini juga memiliki banyak hal menarik lainnya untuk dibahas.

Dilansir dari laman Mental Floss dan The Spruce Pets,inilah beberapa fakta seputar kucing Manx yang perlu kamu ketahui.

1. Hilangnya ekor kucing Manx dipercaya terjadi karena mutasi genetik

5 Fakta Menarik Manx, Kucing Tanpa Ekor yang Menggemaskanpixabay.com/spicetree687

Awal mula kucing Manx dapat ditelusuri kembali ke Pulau Man yang terletak di Laut Irlandia. Ratusan tahun yang lalu, mutasi genetik menyebabkan satu atau lebih kucing di Pulau Man lahir tanpa ekor. Karena populasi kucing Pulau Man sangat kecil, perkawinan sedarah selama beberapa generasi menyebabkan sifat tersebut menjadi umum di antara kucing lokal.

Di tempat asalnya, kucing Manx sangat dicintai para penduduk. Bahkan, kucing unik ini telah ditampilkan pada mata uang, prangko, dan logo perusahaan. Banyak juga toko yang menjual barang dagangan yang menampilkan kucing tak berekor.

2. Kucing Manx bisa melahirkan anak kucing berekor panjang

5 Fakta Menarik Manx, Kucing Tanpa Ekor yang Menggemaskanpixabay.com/WFranz

Meskipun tidak memiliki ekor, tapi sebenarnya kucing Manx membawa satu gen untuk ekor penuh, dan satu gen tanpa ekor. Artinya, dua kucing Manx dapat kawin dan menghasilkan anak kucing yang berekor panjang maupun tanpa ekor.

Sayangnya, anak kucing yang mewarisi gen tak berekor dari kedua orangtuanya kemungkinan besar akan mati sebelum lahir. Itulah mengapa kadang gen Manx dijuluki sebagai gen yang mematikan.

Baca Juga: Kucing 101: Kucing Somali, Si Moodmaker yang Tampilannya Mirip Rubah

3. Masalah kesehatan umum pada kucing Manx

5 Fakta Menarik Manx, Kucing Tanpa Ekor yang Menggemaskanpixabay.com/spicetree687

Kucing Manx rata-rata sangat sehat dan tidak terlalu rentan terhadap masalah kesehatan utama yang memengaruhi ras kucing lain.

Tapi, sebagai kucing yang lebih pendek dan lebih bulat, trah Manx rentan terhadap tulang belakang yang sangat pendek yang tidak dapat memberikan ujung saraf dan otot yang tepat. Sifat genetik ini terkadang dapat menyebabkan:

  • Spina bifida, atau kelainan tulang belakang terbuka, di mana sumsum tulang belakang dibiarkan terbuka saat lahir;
  • Kurangnya kontrol usus atau kandung kemih;
  • Bagian belakang yang lemah atau satu kaki belakang yang lemah.

4. Mereka bertindak lebih seperti anjing

5 Fakta Menarik Manx, Kucing Tanpa Ekor yang Menggemaskanunsplash.com/Timo Volz

Selain karena fisiknya, kucing Manx juga dikenal karena kepribadiannya yang mirip anjing. Artinya, mereka sangat sosial dan senang berinteraksi dengan orang-orang sekaligus sangat waspada terhadap orang asing.

Kucing Manx juga dikenal sangat cerdas dan suka permainan seperti lempar tangkap. Kucing Manx juga bisa belajar membuka pintu dan mengambil sesuatu yang mereka inginkan.

5. Diet dan nutrisi

5 Fakta Menarik Manx, Kucing Tanpa Ekor yang Menggemaskanicatcare.org

Seperti kebanyakan kucing, Manx membutuhkan makanan dengan nutrisi seimbang yang terdiri dari protein, vitamin dan mineral, lemak, dan air. Makanan kucing Manx harus mencakup minyak ikan dan asam lemak omega 3 untuk menjaga bulu tebal mereka tetap sehat, taurin untuk penglihatan dan kesehatan jantung, dan serat untuk pencernaan dan pengendalian berat badan.

Saat menyajikan makanan basah, kamu mungkin perlu menghangatkannya, karena kucing Manx tidak terlalu menyukai makanan dingin. Kamu juga bisa mencampurkan makanan basah dengan makanan kering untuk meningkatkan rasa.

Kucing Manx tidak boleh diberi susu sapi, karena laktosa dalam susu sapi dapat menumpuk di usus dan menyebabkan masalah pencernaan. Meskipun begitu, memberikan susu formula hewan peliharaan sebenarnya diperbolehkan sebagai suguhan sesekali saja.

Demikianlah beberapa fakta tentang kucing Manx. Semoga informasi ini bisa menambah wawasanmu di bidang perkucingan.

Baca Juga: 6 Spesies Kucing Liar yang Berkerabat Dekat dengan Kucing Domestik  

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya