Comscore Tracker

5 Penemuan Penting yang Berasal dari Timur Tengah, Mengubah Dunia!

Terus dikembangkan sampai sekarang

Timur Tengah dikenal sebagai pusat agama dan tempat yang pas untuk menikmati berbagai kuliner lezat. Padahal selain itu, negara-negara di Timur Tengah juga memiliki sejarah inovasi dalam filsafat, matematika, sastra, hingga sains yang telah memberikan banyak item dan konsep yang kita gunakan sepanjang waktu.

Berikut lima penemuan penting yang berasal dari Timur Tengah dan berhasil mengubah dunia.

1. Kopi

5 Penemuan Penting yang Berasal dari Timur Tengah, Mengubah Dunia!ilustrasi kopi (pexels.com/Dominika Roseclay)

Menu kopi di kafe umumnya diberi nama ala Barat, sebut saja americano, latte, capuccino, flat white, dan cafe au lait. Oleh karena itu, kamu pasti mengira bahwa kopi berasal dari negara Barat?

Sebenarnya, kopi berasal dari Yaman, lho. Orang Yaman pun memberinya nama qahwa yang merupakan asal kata dari coffee dan cafe. Dilansir BBC, orang sufi di Yaman menggunakan kopi untuk membantu meningkatkan konsentrasi.

Pada tahun 1414, kopi masuk ke Mekah dan awal 1500-an menyebar ke Mesir. Setelahnya, kedai kopi mulai bertebaran di Kairo, di sekitar kampus Al-Azhar. Kedai kopi juga mulai dibuka di Suriah dan Istanbul pada tahun 1554.

2. Jam

5 Penemuan Penting yang Berasal dari Timur Tengah, Mengubah Dunia!ilustrasi jam (pexels.com/JESHOOTS.com)

Saat ini, kemudahan untuk melacak waktu tampaknya dianggap remeh. Kita hanya perlu melirik jam tangan, jam dinding, atau ponsel untuk mengetahui waktu dengan tepat. Namun, sebelum penemuan jam seperti sekarang, pengaturan waktu dilakukan dengan cara yang sangat berbeda.

Dulu, orang-orang menggunakan jam matahari untuk mengetahui waktu. Metode pengukuran waktu ini tentu saja memiliki kekurangan, seperti hanya berfungsi jika ada sinar matahari dan tidak dapat mempertahankan pembagian waktu yang konstan.

Untuk mengimbangi kekurangan ini, diciptakanlah jam air. Dilansir Ancient Origin, jam air tertua diketahui berasal dari makam firaun Mesir Amenhotep I dan ditemukan pada tahun 1500 SM.

Prinsip kerjanya adalah air dimasukkan ke dalam wadah yang bocor. Lalu, air akan dibiarkan keluar dengan kecepatan tetap. Pengamat dapat mengetahui waktu dengan mengukur perubahan ketinggian air.

Baca Juga: 7 Penemuan Ini Membantu Ilmuwan Memahami Evolusi Manusia

3. Sabun

5 Penemuan Penting yang Berasal dari Timur Tengah, Mengubah Dunia!ilustrasi sabun (pexels.com/Tara Winstead)

Sabun terbuat dari campuran lemak atau minyak, air, dan alkali. Sabun pun biasa digunakan untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Dilansir Live Science, sabun pertama kali dibuat oleh orang Babilonia Kuno. Mereka membuat sabun dari campuran lemak hewani, abu kayu, dan air pada tahun 2800 SM.

Hingga saat ini, resep dasar sabun tidak berubah. Awalnya, sabun hanya digunakan untuk keperluan tertentu, seperti mencuci wol dan keperluan medis. Namun, saat ini sabun digunakan setiap hari untuk mandi dan membersihkan berbagai hal.

4. Aljabar

5 Penemuan Penting yang Berasal dari Timur Tengah, Mengubah Dunia!ilustrasi aljabar (pixabay.com/geralt)

Dijelaskan dalam laman Gulf Takeout, Al-Khawarizmi adalah seorang asal Persia yang merupakan orang pertama yang menemukan aljabar dan algoritma. Kata aljabar berasal dari kata Arab, al-jabr, dalam judul bukunya Ilm al-jabr wa'l-mukabala.

Dia juga memperkenalkan reduksi dan penyeimbangan dalam aljabar, sehingga memodifikasi beberapa prinsip dalam teori sebelumnya. Sebab menjadi orang pertama yang menemukan aljabar, Al-Khawarizmi dianggap sebagai "Bapak Aljabar". Al-Khawarizmi juga kadang disebut "Grand Father of Computers", karena tidak mungkin ada komputer tanpa algoritma.

5. Kincir angin

5 Penemuan Penting yang Berasal dari Timur Tengah, Mengubah Dunia!ilustrasi kincir angin (pexels.com/Kervin Edward Lara)

Dilansir Independent, kincir angin ditemukan pertama kali pada tahun 634 oleh seorang khalifah Persia. Kincir angin pun digunakan untuk menggiling jagung dan mengambil air untuk irigasi.

Di gurun pasir Timur Tengah yang luas, saat sungai musiman mengering, satu-satunya sumber tenaga adalah angin yang bertiup terus dari satu arah selama berbulan-bulan. Kincir angin pada awalnya memiliki enam atau dua belas  baling-baling yang dilapisi kain atau daun palem. Kincir angin ini ditemukan 500 tahun sebelum kincir angin pertama terlihat di Eropa.

Sebenarnya, masih ada banyak lagi penemuan yang berasal dari timur tengah. Nah, dari kelima penemuan di atas, mana yang awalnya kamu sangka berasal dari negara Barat?

Baca Juga: Digemari Banyak Orang, Ini Asal-usul Wangi Musk dalam Parfum

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya