Comscore Tracker

6 Alasan Terpenting yang Membuat Bumi Cocok Bagi Kehidupan Kita

Sejauh ini satu-satunya planet layak huni

Bumi adalah "produk" dari konstruksi kosmis ( jagat raya ) yang terjadi kurang lebih sepanjang 4,6 miliar tahun. Selain karena memiliki perlengkapan sempurna, keberadaan bumi dalam tata surya dan galaksi ternyata juga membuat bumi dipenuhi dengan kehidupan.

Rangkaian kondisi terjadi secara alamiah, yang dialami bumi, memungkinkan terjadinya kehidupan seperti yang kita rasakan sampai saat ini. Dilansir dari berbagai sumber, kondisi yang dimaksud secara sederhana dapat dijelaskan dengan 6 hal berikut ini!

1. Memiliki posisi ideal dalam tata surya yang jauh dari marabahaya

6 Alasan Terpenting yang Membuat Bumi Cocok Bagi Kehidupan Kitagalaktika.hu

Bumi terletak di tata surya yang nyaman, yaitu di pelabuhan antara lengan spiral utama dan orbitnya yang hampir melingkar itu membantu menghindari wilayah inti galaksi yang berbahaya. Selain itu terdapat sedikit bintang di dekat matahari, yang menyebabkan berkurangnya risiko hentakan gravitasi ke bumi, ledakan sinar gamma ataupun kolaps bintang yang disebut supernova.

Para astronom memperkirakan jarak aman Bumi dari supernova adalah 25 tahun cahaya. Namun penelitian baru juga menyimpulkan bahwa jarak amannya sekitar 40-50 tahun cahaya.

Ledakan sinar gamma diperkirakan dapat mempengaruhi Bumi hingga 10 ribu tahun cahaya dengan masing-masing terpisah sekitar 15 juta tahun, secara rata-rata. Sejauh ini belum ada ledakan terdekat yang mencapai jarak aman. Ledakan terkahir tercatat berjarak 1,3 miliar tahun cahaya jauhnya.

2. Bersandingan dengan bintang yang stabil dan berumur panjang, yaitu matahari

6 Alasan Terpenting yang Membuat Bumi Cocok Bagi Kehidupan Kitaodt.co.nz

Matahari bukanlah satu-satunya bintang di galaksi, masih banyak bintang lain yang berukuran jauh lebih besar ataupun jauh lebih kecil dari matahari. Tetapi matahari merupakan bintang yang sangat istimewa bagi manusia, bumi dan tata surya . 

Selain matahari, bintang-bintang lainnya memiliki panas yang jauh lebih membakar dan tidak dapat hidup cukup lama bagi planet untuk mengembangkan kehidupan. Bintang sedang atau bintang muda juga sering tidak stabil dan rentan meledakan planet mereka, dengan semburan radiasi. Matahari begitu cocok sekali dengan kebutuhan bumi karena pembakarannya stabil, umurnya relatif panjang, serta tidak terlalu besar atau terlalu panas.

3. Memiliki jarak yang "tepat" dengan matahari

6 Alasan Terpenting yang Membuat Bumi Cocok Bagi Kehidupan KitaPinsta.com

Bumi mengorbit di zona yang disebut Goldilocks, di mana planet kita ini menerima energi yang memungkinkan air hadir di permukaannya. Lokasi bumi di zona laik huni matahari sangat ideal, menyebabkan temperatur yang hangat memberi kesempatan air tetap berwujud cair dan evolusi kehidupan bisa berjalan baik. Kalau saja bumi dan matahari jaraknya terlalu jauh, maka senyawa vital tetap terkunci sebagai es. Apabila terlalu dekat maka air akan cepat menguap ke atmosfer. 

 

Baca Juga: 5 Sumber Energi Paling Aneh Pengganti Minyak Bumi

4. Bumi mengandung bahan material yang menunjang aktivitas intinya

6 Alasan Terpenting yang Membuat Bumi Cocok Bagi Kehidupan Kitaeandt.theiet.org

Awan antarbintang yang terdiri dari debu dan gas telah memunculkan kandungan unsur radio aktif di bumi, yang hasil peluruhannya menjadi daya penggerak inti bumi selama miliaran tahun.

komposisi inti bumi terdiri dari inti-dalam dan inti-luar yang didominasi unsur logam yang berbeda temperatur, wujud dan konduktivitasnya.

Perbedaan suhu, tekanan dan komposisi inti luar yang menyebabkan arus konveksi di logam cair mendingin, menjadikan materi yang padat tenggelam dan materi yang kurang padat meningkat. Aliran zat besi cair tersebut menghasilkan arus listrik, yang kemudian menghasilkan medan magnet, yang berfungsi sebagai sistem pertahanan bumi terhadap aktivitas antariksa.

5. Terdapat bulan yang membantu menstabilkan kemiringan sumbu bumi serta menenangkan musim

6 Alasan Terpenting yang Membuat Bumi Cocok Bagi Kehidupan Kitapennlive.com

Bumi berputar pada porosnya dan bergerak memiringkan diri kepada matahari. Gerakan tersebut menimbulkan guncangan yang dapat mengubah iklim dari panas menjadi dingin setiap 41 ribu tahun, tanpa adanya bulan.

Bumi memiliki sumbu yang miring dan dapat berubah. Namun dengan adanya bulan, kemiringan sumbu bumi dapat terjaga. Hal tersebut terjadi karena bulan mengorbit bumi dengan cukup cepat di mana momentum sudut (energi rotasi) mencegah kemiringan sumbu planet berubah dengan cepat. Tanpa daya tarik bulan yang stabil perubahan iklim bumi, diperkirakan dapat menjadi lebih tak terduga lagi.

6. Adanya lapisan ozon yang berguna untuk menghalau paparan sinar berbahaya

6 Alasan Terpenting yang Membuat Bumi Cocok Bagi Kehidupan KitaBioblog.com

Ozon yang merupakan gas tak berwarna ini sudah sejak lama diketahui sebagai pelindungi bumi dari radiasi ultraviolet berbahaya. Radiasi ini bisa menyebabkan berbagai masalah, mulai dari kanker kulit, katarak hingga mengganggu pertumbuhan tanaman.

Organisme seperti tumbuhan purba di lautan menambahkan oksigen ke atmosfer dan menciptakan lapisan ozon di ketinggian. Lapisan tersebut merupakan ujung tombak yang melindungi makhluk/spesies, termasuk kita, dari radiasi mematikan.

Itulah enam alasan ilmiah utama kenapa bumi menjadi planet yang (sejauh ini) satu-satunya layak huni. Kalaupun ada planet lain, seperti Planet Mars, yang dikabarkan bisa menjadi alternatif tempat tinggal makhluk hidup, kondisinya tidak akan seideal bumi. Dengan semua fakta di atas, bersediakah kamu untuk pindah dari bumi?

Baca Juga: Ternyata 10 Cara Kecil Ini Bisa Menyelamatkan Bumi dari Kerusakan

MAJW Photo Community Writer MAJW

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You