Comscore Tracker

7 Fakta Pohon Joshua, Tanaman Berusia Ratusan Tahun di Gurun Mojave

Usianya bisa mencapai 1.000 tahun, lho!

Gurun menjadi salah satu habitat bagi flora dan fauna yang unik. Jika selama ini kamu sering mengenal kaktus sebagai tanaman khas gurun, beda halnya di Gurun Mojave. Salah satu primadona khas gurun tersebut yakni pohon joshua. Pohon satu ini tidak berdaun menyerupai duri, seperti kaktus. Mau tahu seperti apa pohon joshua? Daripada penasaran, yuk simak ulasan berikut!

1. Bukan famili kaktus, melainkan kerabat lili

7 Fakta Pohon Joshua, Tanaman Berusia Ratusan Tahun di Gurun Mojavearizonajoshuatreeforest.org

Dilansir dari laman Desert USA, pohon joshua merupakan spesies Yucca brevifolia. Tanaman satu ini bukanlah anggota kaktus, melainkan kerabat dekat lili. Lebih tepatnya salah satu spesies dari keluarga Agavaceae . Selain pohon joshua, tanaman ini juga sering disebut palem yucca. 

Pohon joshua dapat berbunga, meski indah tapi aromanya tidak sedap. Menjadi sebuah keberuntungan jika dapat melihatnya mekar, sebab menandakan lingkungan cukup lembab. Pohon joshua juga menghasilkan buah yang dapat menjadi bibit tanaman baru. 

2. Berbentuk unik yang berbeda dari tanaman langka lainnya

7 Fakta Pohon Joshua, Tanaman Berusia Ratusan Tahun di Gurun MojaveFlikcr.com/joshuatreenp

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa pohon joshua tidak berkaitan dengan kaktus. Meski demikian, tanaman satu ini memiliki keunikan tersendiri, seperti adanya mahkota lebat atau daun hijau dalam satu batang. 

Dikutip dari laman Moneyinc, pohon joshua memiliki sistem perakaran yang rumit, satu akar dapat mencapai kedalaman hingga 30 kaki. Sedangkan perakaran dangkalnya seperti sistem jaring laba-laba untuk menangkap air hujan. Tanaman ini juga mengembangkan umbinya hingga 4 kaki dan berat 40 pon.

Baca Juga: Jangan Salah! 5 Jenis Tanaman Indah Ini Ternyata Beracun, Apa Saja?

3. Pertumbuhannya lambat, tapi berumur hingga ratusan tahun 

7 Fakta Pohon Joshua, Tanaman Berusia Ratusan Tahun di Gurun Mojavesbsun.com

Tidak hanya memiliki keunikan untuk bertahan hidup, pertumbuhan dan umurnya pun berbeda dari tanaman gurun pada umumnya. Dikutip dari laman Ten Tree, pohon joshua hanya bertambah 2-3 inchi setiap tahunnya. Diperlukan 50-60 tahun untuk mencapai tinggi maksimal. 

Pohon joshua dewasa biasanya memiliki tinggi sekitar 15-40 kaki dengan diameter 1-3 kaki. Sedangkan umur rata-ratanya sekitar 500 tahun, tapi pohon joshua tertua yang pernah ditemukan berusia 1.000 tahun. 

4. Hanya bisa ditemui di Gurun Mojave

7 Fakta Pohon Joshua, Tanaman Berusia Ratusan Tahun di Gurun MojaveStandard.co.uk

Habitat pohon joshua yaitu daerah dengan ketinggian antara 1.300-5.900 kaki. Penyinaran matahari cukup tinggi sepanjang tahun dan tanah kering merupakan kondisi lingkungan yang sesuai. 

Pohon joshua merupakan tanaman endemik di Gurun Mojave, bahkan wilayahnya disebut Joshua Tree National Park. Wilayah tersebut meliputi empat negara bagian Amerika Serikat yakni California, Arizona, Nevada dan Utah. 

5. Berperan peting bagi manusia dan ekosistem Gurun Mojave

7 Fakta Pohon Joshua, Tanaman Berusia Ratusan Tahun di Gurun MojaveBasinandrangewatch.org

Penduduk asli Amerika menggunakan cabang dan kulit pohon untuk wadah makanan. Selama abad ke-19 pohonnya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kertas. Tidak hanya sampai di situ, selama Perang Dunia I dimanfaatkan sebagai bidai pada penderita patah tulang maupun cedera.

Selain manusia, hewan pun ada yang mengonsumsi buah dan menyukai bunganya. Salah satunya ngengat pronuba yang tahan terhadap bau busuk bunga pohon joshua. Ngengat tersebut juga membantu dalam penyerbukan bunga. 

6. Simbol yang kuat dalam bertahan hidup

7 Fakta Pohon Joshua, Tanaman Berusia Ratusan Tahun di Gurun MojaveEnterprise.com

Tidak hanya bermanfaat, tapi juga menjadi simbol kekuatan dalam bertahan hidup pada kondisi yang paling keras. Pasalnya pohon joshua tumbuh di padang pasir yang panas, kelembaban rendah dan kadang harus diterjang badai pasir. 

Pohon tersebut seringkali miring mengikuti arah angin tapi tetap berdiri kokoh. Hal tersebut dapat dijadikan pelajaran hidup, mudah beradaptasi namun tetap memiliki pendirian yang kuat. 

7. Pohon joshua terkena dampak negatif dari perubahan iklim

7 Fakta Pohon Joshua, Tanaman Berusia Ratusan Tahun di Gurun MojaveThepointsguy.com

Jumlah pohon joshua di habitanya cukup banyak dan tidak lagi dimanfaatkan seperti dahulu, tapi bukan berarti spesies ini aman dari kepunahan. Salah satu faktor yang paling serius saat ini yaitu dampak negatif perubahan iklim.

Perubahan iklim dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kondisi habitatnya. Salah satu upaya untuk melindunginya dari kepunahan yaitu menjadikan pohon joshua sebagai tanaman yang dilindungi. 

Nah, itulah tadi ketujuh fakta pohon joshua, tanaman endemik Gurun Mojave yang mampu hidup ratusan hingga ribuan tahun. 

Baca Juga: 10 Tumbuhan yang Bisa Membunuh Orang, Hati-hati Menanganinya

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya