Comscore Tracker

7 Hewan Beracun Ini Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Manusia

Walau menakutkan, racunnya baik untuk kesehatan! 

Hewan beracun sangat ditakuti oleh manusia, karena dapat mengakibatkan kematian. Tetapi racun dari jenis hewan ini mempunyai khasiat bagi kesehatan manusia. Sekarang telah banyak penelitian tentang manfaat racun hewan dalam bidang kedokteran. 

Inilah jenis hewan beracun yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. 

1. Ular kobra

7 Hewan Beracun Ini Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan ManusiaOrlandoweekly.com

Racun ular ini ternyata dapat mengobati penyakit serangan jantung, tekanan darah, penggumpalan darah, tekanan darah, sebagainya. Pada tahun 1960, Hugh Alisteir Raid, menemukan menemukan bahwa racun ular dapat membantu pembekuan darah pada manusia. 

Terciptanya penemuan ini ternyata menjadi inspirasi bagi para peneliti untuk membuat penemuan tentang manfaat bisa ular pada bidang kesehatan. 

2. Ular mamba hitam

7 Hewan Beracun Ini Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Manusiaflickr.com

Mamba hitam merupakan spesies ular yang memiliki bisa mematikan di dunia. Tetapi ular ini dapat bermanfaat bagi kesehatan, penelitian Anne Baron dari Prancis, bisa Mamba dapat dijadikan penghilang rasa sakit setara Morfin. Mereka mencari senyawa yang  berguna menghalangi saluran ion zat asam pada syarat yang merupakan terbentuknya rasa sakit.

Senyawa ini ternyata cocok untuk jenis ular Mamba hitam. Penemuan ini kemudian diterbitkan pada jurnal Nature pada tahun 2016.

3. Kalajengking

7 Hewan Beracun Ini Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Manusiareddit.com

Kalajengking merupakan Arthropoda yang beracun yang bisa dimanfaatkan untuk bidang kesehatan. Racun kalajengking ditemukan Natural antimicrobial peptides (AMPs) yang memiliki manfaat yang baik dalam membasmi bakteri, virus, jamur dan parasit.

manfaat racun hewan ini adalah sebagai obat untuk penderita malaria, mencegah kegagalan jantung, obat kanker dan untuk mengatasi rematik. 

Baca Juga: 7 Hewan Berwarna Biru yang Paling Indah dan Menawan, Eksotis Abis!

4. Monster gila

7 Hewan Beracun Ini Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Manusiatripsavvy.com

Monster gila merupakan jenis spesies kadal terbesar dan berbisa di dunia, habitatnya di Amerika Utara. Kadal banyak dicari untuk dijadikan obat, penemuan Melissa Wilson Sayres dari Arizona State University protein pada monster gila dapat dijadikan obat diabetes. 

5. Katak beracun

7 Hewan Beracun Ini Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Manusiamilinuncios.com

Katak beracun atau poison dart port terkenal dengan warna kulit yang indah. Katak ini ternyata tidak memproduksi racunnya sendiri, racun yang dihempaskan kemudian dikeluarkan melalui kulit. Berfungsi untuk membunuh mangsanya. 

Ternyata ada salah satu spesies katak beracun bernama Epipedrobates tricolor, telah digunakan untuk membuat analgesik non-opioid. Racun  telah dijadikan obat penghilang rasa sakit sintesis yang tidak menyebabkan kecanduan. 

6. Katak monyet lilin

7 Hewan Beracun Ini Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Manusiamywishboard.com

Katak beracun ini ternyata dipercaya mengendalikan pertumbuhan sel kanker. Menurut Christopher Shaw dari Queen's University at Belfast School of Pharmacy menyebut sifat anti-angiogenik katak monyet lilin terbukti bisa mengobati penyakit tersebut. 

7. Laba-laba

7 Hewan Beracun Ini Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Manusiaearthrangers.com

Laba-laba merupakan hewan beracun yang banyak berada di rumah, memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. British Journal of Pharmacology, para peneliti di Australia, menganalisis 206 spesies laba-laba mengidentifikasi tujuh senyawa dari ribuan sampel racun. 

Jika dapat mengambil racun-racun itu dan mengubahnya menjadi obat. Maka orang-orang tidak akan merasakan stimulasi dari syarat yang dapat menyebabkan rasa sakit. 

Itulah beberapa manfaat hewan beracun yang ada di dunia, semoga bermanfaat bagi yang membaca. 

Baca Juga: 5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Anak

Anfp Photo Community Writer Anfp

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You