5 Fakta Bintang Methuselah, Benarkah Lebih Tua dari Semesta?

Bintang tertua yang pernah ditemukan astronom

HD 140283 atau dikenal dengan Bintang Methuselah sempat menjadi teka-teki menarik di dalam dunia astronomi. Pasalnya, ilmuan memperhitungkan bahwa usia bintang ini lebih tua dari usia alam semesta!

Penamaan Methuselah bagi HD140283 merujuk pada tokoh di Alkitab bernama Methuselah yang memiliki usia terpanjang, yakni 969 tahun. Lantas, apakah bintang ini benar-benar muncul sebelum terciptanya alam semesta? Yuk, simak penjelasannya pada artikel di bawah ini.

1. Terletak di rasi bintang Libra

5 Fakta Bintang Methuselah, Benarkah Lebih Tua dari Semesta?Lokasi Bintang Methuselah (hubblesite.org/STScI)

Bintang Methuselah terletak di antara rasi bintang Ophiuchus dan bintang Zubeneschamali (beta Librae), bintang paling terang dalam rasi bintang Libra. Bintang ini dapat diamati di langit malam melalui teleskop binokuler, tentunya pada lokasi yang minim tingkat polusi cahaya.

Bintang Methuselah pertama kali ditemukan pada 1912 oleh seorang astronom Amerika bernama Walter Adams. Berdasarkan pengamatan menggunakan Teleskop Antariksa Hubble, astronom memperkirakan bintang Methuselah berjarak 190,1 tahun cahaya dari Bumi.

2. Benarkah lebih tua dari alam semesta?

5 Fakta Bintang Methuselah, Benarkah Lebih Tua dari Semesta?infografis ekspansi alam semesta (jpl.nasa.gov)

Di tahun 2000, sekelompok astronom dari European Space Agency (ESA) mencoba menentukan umur bintang Methuselah menggunakan satelit Hipparcos. Berdasarkan hasil perhitungan yang dipublikasikan, ditemukan usia bintang Methuselah, yakni 16 miliar tahun. Temuan ini tentu saja menggemparkan semua orang.

Teka-teki bermunculan, mungkinkah kemunculan alam semesta bukan awal dari segalanya, atau sebenarnya alam semesta tidak tercipta seperti yang kita kira? Padahal, berdasarkan perhitungan menggunakan latar belakang mikro kosmis, ilmuan menentukan alam semesta baru berusia antara 10 hingga 13,8 tahun. Jika bintang Methuselah berusia 16 miliar tahun, berarti bintang ini berusia 2,2 miliar tahun lebih tua dari alam semesta!

3. Penelitian terbaru menunjukkan bintang Methuselah lebih muda dari alam semesta

5 Fakta Bintang Methuselah, Benarkah Lebih Tua dari Semesta?ilustrasi pembentukan bintang dan sistem keplanetan (nasa.gov/JPL-Caltech)

Secara logika, tidak mungkin, kan, sebuah bintang bisa tercipta jika bahan-bahan pembentuknya saja belum ada. Ilmuan tentunya tidak menerima begitu saja usia bintang Methuselah seperti yang diungkapkan pada penelitian sebelumnya. Berbagai penelitian terus dilakukan untuk mengungkap kebenaran di balik usia bintang ini.

Dilansir Space, Bond dan timnya meneliti usia bintang Methuselah menggunakan bantuan Teleskop Antariksa Hubble. Pada 2013, mereka mempublikasikan usia bintang Methuselah, yakni 14,46 miliar tahun (dengan kekeliruan perhitungan ±0,8 miliar tahun). Meskipun masih tua dari alam semesta, setidaknya usia ini jauh lebih muda dari perkiraan usia sebelumnya.

Baru-baru ini, tahun 2021, Tang dan timnya memublikasikan jurnal mengenai revisi usia dan massa bintang Methuselah. Dalam jurnalnya, Tang menyimpulkan usia bintang Methuselah adalah 12,01 miliar tahun (dengan kekeliruan perhitungan ±0,5 miliar tahun), membuat bintang Methuselah sekitar 1-2 miliar tahun lebih muda dari alam semesta. Berkat penelitian terbaru itu, akhirnya keberadaan bintang Methuselah tidak lagi menjadi misteri!