Comscore Tracker

Kenapa Pesawat Berwarna Putih pada Umumnya? Ini 5 Alasan Ilmiahnya!

Berpengaruh pada keselamatan pesawat di udara lho...

Seberapa sering kamu melihat pesawat dengan corak warna yang beragam mengudara di langit? Jawabannya mungkin sangat jarang atau malah tidak pernah. Mungkin pernah terlintas juga di benakmu, kenapa sih mayoritas pesawat itu warnanya putih, bukan hitam atau malah biru supaya serasi dengan warna langit.

Mayoritas pesawat komersil mempertahankan cat putih pada badan pesawatnya. Walaupun terkadang ada tambahan cat lain, misalnya pada bagian ekor pesawat yang berupa lambang dari maskapai penerbangannya, namun yang sangat kentara tentu saja warna putih dari pesawat tersebut. Gak sembarangan, ternyata ada alasan ilmiah di balik pemilihan warna putih sebagai warna khas dari pesawat terbang.

1. Warna putih memantulkan energi panas dari matahari

Kenapa Pesawat Berwarna Putih pada Umumnya? Ini 5 Alasan Ilmiahnya!bucketlistjourney.net

Seperti yang kita tahu, warna putih dianggap sebagai warna yang paling sedikit sekali menyerap panas. Hal ini jugalah yang mendasari kenapa badan pesawat dicat dengan warna putih. Dilansir dari scienceabc, warna putih pada badan pesawat membuatnya memantulkan kembali energi panas, sehingga suhu di dalam pesawat pun tidak mengalami peningkatan.

2. Retakan atau kerusakan pada badan pesawat akan mudah dideteksi

Kenapa Pesawat Berwarna Putih pada Umumnya? Ini 5 Alasan Ilmiahnya!telegraph.co.uk

Retakan akan mudah terdeteksi pada barang dengan warna putih, begitu pun dengan pesawat. Warna putih yang melekat pada badan pesawat, akan membuat para teknisi lebih mudah untuk melihat apakah ada keretakan, kepenyokan, atau kerusakan lainnya pada permukaan pesawat, karena warnanya akan terlihat kontras dengan warna pada badan pesawat tersebut. Hal ini tentu saja sangat berperan dalam meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan, yang disebabkan karena kecacatan pada badan pesawat terbang.

Baca Juga: 7 Hal Ngeri Ini Akan Kamu Rasakan Saat Pesawatmu Jatuh dari Ketinggian

3. Warna putih lebih mudah untuk dikenali jika seandainya terjadi kecelakaan pesawat

Kenapa Pesawat Berwarna Putih pada Umumnya? Ini 5 Alasan Ilmiahnya!greenvilleonline.com

Warna putih dianggap sebagai warna mencolok oleh pembuat pesawat terbang. Jadi, jika seandainya terjadi hal di luar perkiraan seperti misalnya kecelakaan pesawat, proses pencariannya akan lebih dipermudah dengan warna putihnya yang terlihat kentara. Contohnya saja ketika pesawat jatuh ke dalam laut, warnanya akan menjadi acuan bagi para penyelam saat bertugas mencari keberadaan dari badan pesawat.

4. Menghindari tabrakan dengan burung saat sedang mengudara

Kenapa Pesawat Berwarna Putih pada Umumnya? Ini 5 Alasan Ilmiahnya!upperlimitaviation.edu

Berdasarkan hasil penelitian yang dimuat di Telegraph, warna putih pesawat membuat kawanan burung lebih mudah mendeteksi adanya pesawat yang sedang mengudara di sekitarnya, sehingga tabrakan atau bird strike pun bisa dihindari. Asal tahu saja, bird strike bisa menyebabkan terancamnya keselamatan penerbangan. 

Pesawat dengan warna yang cenderung lebih gelap berpotensi mengurangi perbedaan atau kontras antara warna pesawat dengan warna langit tempatnya mengudara. Hal itu akan membuat kawanan burung tak sadar akan keberadaan pesawat dan malah berakhir menabraknya. 

5. Reaksi oksidasi membuat warna pada pesawat memudar

Kenapa Pesawat Berwarna Putih pada Umumnya? Ini 5 Alasan Ilmiahnya!rd.com

Kenapa harus repot-repot dan mengeluarkan banyak biaya untuk mengecat pesawat dengan corak warna yang beragam, jika akhirnya warna tersebut akan memudar dan memutih dengan sendirinya? Pesawat akan terpapar matahari terus-terusan dan cuaca yang silih berganti membuat terjadinya reaksi oksidasi pada permukaan pesawat.

Kenyataan ini menjadi alasan bagi pemilik maskapai penerbangan untuk tetap mempertahankan warna putih pada badan pesawat. Selain sadar akan kemungkinan warna lain yang akan terus memudar, juga karena akan dibutuhkan banyak biaya untuk kembali mengecat ulangnya.

https://www.youtube.com/embed/wet833J5OYU

Ternyata, di balik hal kecil seperti pemilihan warna pesawat ini, ada banyak pertimbangan besar ya di dalamnya. Kalau kamu sendiri, lebih suka melihat pesawat yang berwarna putih atau yang memiliki kombinasi warna lain?

Baca Juga: Pertama Kali Naik Pesawat? Ini 8 Reaksi Tubuh yang Akan Kamu Rasakan

ghafsari Photo Community Writer ghafsari

Thriller is not my cup of tea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You