Comscore Tracker

7 Fakta Unik UY Scuti, Bintang Terbesar di Galaksi Kita

Besarnya gak bisa masuk di akal

Ketika malam hari, kita biasa melihat langit yang gelap dengan dihiasi taburan bintang. Ada yang terang ada juga yang redup. Dalam benak kalian mungkin pernah bertanya, dari sekian banyaknya bintang yang ukurannya super besar, manakah yang paling besar diantara bintang lainnya?

Nah, di kesempatan ini, saya mau kenalkan ke kalian sebuah bintang yang digadang-gadang sebagai bintang terbesar di galaksi Bima Sakti. Bintang yang akan mengejutkan kita dengan ukurannya yang super besar. Bintang tersebut bernama bintang UY Scuti.

Seperti apa bintang UY Scuti itu? Yuk, bersama-sama kita kenalan dengan bintang yang satu ini.

1. Yuk, berkenalan dengan bintang terbesar di Galaksi Bima Sakti

7 Fakta Unik UY Scuti, Bintang Terbesar di Galaksi KitaInstagram.com/unisosideral

Bintang UY Scuti merupakan salah satu bintang merah yang berada di galaksi Bima Sakti, tepatnya di konstelasi Scutum, yaitu di area tengah galaksi kita.

Bila dilihat dari bumi, kelihatannya seperti tanda titik bercahaya. Namun kenyataannya sangat mengejutkan. Ukurannya jauh lebih besar daripada yang kita bayangkan. Bahkan saking besarnya, bintang ini ditetapkan menjadi bintang terbesar di galaksi Bima Sakti, dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi yang terbesar se alam semesta yang dapat teramati manusia.

Karena ukurannya yang sangat besar jugalah yang mampu menggeser VY Canis Majoris dan Betelgeus dari predikat bintang terbesar di galaksi Bima Sakti. Kalau dibandingkan dengan matahari, pasti akan terlihat perbedaan ukuran yang sangat jauh. Hal itu akan kita bahas di bagian berikutnya.

2. Bila matahari dibandingkan dengan UY Scuti, maka hasilnya bisa diilustrasikan seperti gambar di bawah ini

7 Fakta Unik UY Scuti, Bintang Terbesar di Galaksi KitaInstagram.com/astronomia

Agar lebih mudah mendapatkan gambaran, kalian bisa melihat gambar di atas. Luar biasa bukan ukuran dari UY Scuti? Bintang yang ukurannya terbesar di tata surya saja sudah terlihat seperti titik, apalagi bumi.

Mari kita bandingkan dengan bintang VY Canis Majoris, bintang yang sebelumnya ditetapkan sebagai bintang terbesar di galaksi Bima Sakti. Kita bisa ibaratkan UY Scuti sebagai bola basket dan VY Canis Majoris sebagai bola sepak. Tak ada perbedaan yang terlalu mencolok diantara keduanya. Namun, tetap saja nampak dengan jelas UY Scuti jauh lebih besar daripada saingannya, yaitu VY Canis Majoris.

3. Jadi, berapa sih ukuran UY Scuti yang sebenarnya?

7 Fakta Unik UY Scuti, Bintang Terbesar di Galaksi KitaInstagram.com/sr.dowload

Sebagai bintang terbesar, UY Scuti pastinya memiliki ukuran yang sangat besar. Menurut para ahli, UY Scuti diperkirakan memiliki diameter 1.708 kali lebih besar daripada diameter matahari. Diketahui diameter matahari saja sekitar 695.800 km. Untuk mengetahui ukuran UY Scuti  yang sebenarnya, kita bisa kalikan antara diameter matahari tersebut dengan 1.708 . Setelah dihitung hasilnya ialah sekitar 1.188.426.400 km. Besar sekali bukan? Ini baru perkiraan saja, bagaimana dengan yang aslinya?

Dengan diameter yang begitu besar ini, dibutuhkan waktu sekitar tujuh jam untuk melakukan perjalanan mengelilingi UY Scuti, itupun dengan kendaraan berkecepatan cahaya. Dengan ukuran yang begitu besar juga dapat memuat 5 miliar matahari dan triliunan planet yang setara dengan bumi.

Baca Juga: 9 Keyakinan Tentang Planet Mars yang Sempat Fenomenal

4. Kalau ukurannya saja begitu besar, apalagi dengan massanya

7 Fakta Unik UY Scuti, Bintang Terbesar di Galaksi KitaPixabay.com/ipicgr

Semakin besar ukuran suatu bintang, maka semakin besar juga massanya. Hal itu juga berlaku pada bintang monster yang satu ini. Diperkirakan bintang ini memiliki massa 7 - 10 kali massa matahari. Diketahui matahari memiliki massa 99.86% massa di seluruh tata Surya. Dari situ bisa kita bayangkan betapa beratnya bintang monster ini.

5. Walaupun ukurannya begitu besar, ternyata suhunya tidak sepanas matahari

7 Fakta Unik UY Scuti, Bintang Terbesar di Galaksi KitaPixabay.com/geoffjhyland

Mungkin kalian menyangkal suhu UY Scuti itu sangat panas. Namun kenyataannya tidak demikian. Suhu permukaan UY Scuti berkisar 3000 Kelvin. Hal itu suhunya masih dikatakan lebih rendah bila dibandingkan dengan suhu permukaan matahari.

Permukaan matahari sendiri bersuhu sekitar 5000 Kelvin. Itu berarti matahari kita masih unggul satu poin dari UY Scuti. Dan untungnya untuk bintang sebesar itu suhunya tidak terlalu panas.

6. Apa jadinya ya jika matahari diganti dengan UY Scuti?

7 Fakta Unik UY Scuti, Bintang Terbesar di Galaksi KitaPixabay.com/2758992

Kita tahu bahwa ukuran UY Scuti ini sangatlah besar, bahkan bila dibandingkan dengan matahari. Nah, sekarang pertanyaannya, bagaimana jadinya bila matahari kita diganti dengan UY Scuti?

Menurut para ilmuwan, dengan ukuran yang luar biasa besarnya, permukaan bintang monster ini bahkan bisa mencapai orbit Jupiter. Akibatnya, planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, dan benda langit lain yang ada di sekitar daerah itu akan tenggelam dan jatuh ke permukaan UY Scuti. Dan mungkin saja Saturnus dan Uranus ikut jatuh ke permukaan  UY Scuti  karena ditarik oleh gravitasinya yang begitu kuat. Sehingga planet yang tersisa di tata surya hanyalah Neptunus. Mengerikan ya. Apa jadinya kita nanti kalau itu sampai terjadi. 

7. Untungnya jarak bumi dengan bintang raksasa ini sangat jauh

7 Fakta Unik UY Scuti, Bintang Terbesar di Galaksi KitaPixabay.com/wikilmages

Di awal kita sudah tahu bahwa bintang UY Scuti terletak di konstelasi Scutum. Lebih tepatnya di area tengah galaksi kita. Kalau kita ukur, jaraknya mencapai 5070,16 tahun cahaya. Dan jika dikonversikan ke bentuk mil ataupun ke bentuk kilometer pasti hasilnya sangat sangat panjang. Dengan demikian, walaupun kita menggunakan kendaraan berkecepatan cahaya, kita juga tetap memerlukan waktu yang lama untuk mengunjungi UY Scuti, yaitu sekitar 50 abad. Kalau saja dengan kendaraan tersebut bisa sampai di sana, yang bisa merasakannya langsung pastilah keturunan kita dari beberapa generasi kita. 

Agar sampai di bintang itu maka diperlukan kendaraan yang kecepatannya melebihi kecepatan cahaya, sedangkan kecepatan tercepat di alam semesta yang diketahui hingga saat ini ialah kecepatan cahaya. Dan kendala selanjutnya ialah tubuh kita yang tidak akan kuat menahan gaya dan hambatan akibat kecepatan yang sangat cepat. Jadi, kemungkinan besar untuk saat ini kita tidak bisa berkunjung ke bintang monster ini. Namun juga tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang manusia bisa berkunjung ke bintang ini dengan kendaraan yang pastinya lebih canggih dari zaman ini.

Demikian pembahasan mengenai bintang super raksasa ini. Menarik bukan? Bagaimana menurut kalian?

Baca Juga: 9 Mitos Tentang Planet yang Kita Yakini Sebagai Kebenaran

Hadid Ramadhan Photo Writer Hadid Ramadhan

Halo, perkenalkan saya Hadid Ramadhan. Saya adalah pelajar. Saya senang membaca. Selain itu, hobi saya yang lain adalah menulis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya