6 Fakta tentang Sains dalam Film "Don't Look Up"

Spoiler alert bagi yang belum nonton Don't Look Up, ya!

Don’t Look Up adalah salah satu film Netflix yang ramai diperbincangkan di tahun ini. Ia berhasil mendapatkan beberapa nominasi di Oscar 2022. Dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Jennifer Lawrence­, Meryl Streep, Rob Morgan, Jonah Hill, Timothée Chalamet, bahkan Ariana Grande dan Kid Cudi.

Bercerita mengenai dua orang astronom, Kate Dibiasky (Jennifer Lawrence) dan Dr. Randall Mindy (Leonardo DiCaprio) yang berusaha memperingatkan umat manusia melalui tur media tentang keberadaan komet yang akan menghancurkan planet Bumi. Namun, usahanya mengalami banyak kesulitan dan menyadari jika mereka tidak mau menerima dan percaya.

Berikut beberapa fakta mengenai sains yang ada di film Don't Look Up. Simak, yuk!

1. Banyak orang percaya jika sains sulit dipahami

6 Fakta tentang Sains dalam Film Don't Look UpAdegan Don't Look Up (Dok. Netflix)

Ketidakpercayaan umat manusia terhadap peringatan Dr. Mindy dan Kate salah satunya dikarenakan kurangnya pemahaman terhadap sains. Memungkinkan mereka akan segera beralih topik karena sulit dipahami. Meskipun pada dasarnya sains bersifat logis dan dapat dibuktikan.

Dilansir Forbes, alasan sains sulit dipahami karena sifatnya relatif baru dan kemajuannya cepat. Selain itu, dipengaruhi dengan bagaimana sains dikomunikasikan, yang mana bahasanya terkesan kompleks. Otak manusia tidak secara alami dapat berpikir ilmiah.

Namun, manusia akan mencari tahu cara kerja alam dari info apapun yang dimilikinya berdasarkan kesan pertama, seperti perilaku bayi dengan anggapan menangis dapat mendapatkan makanan.

2. Di dunia nyata, ilmuwan seringkali diragukan

Dr. Amy Mainzer, astronom yang terlibat dalam film Don’t Look Up mengungkapkan dalam wawancaranya dengan Den of Geek, jika ia dan rekannya seringkali terpinggirkan. Saat ini, ia adalah Profesor Ilmu Planet di Universitas Arizona, dan peneliti utama di misi perburuan asteroid NASA NEOWISE (Near-Earth Object Wide-field Infrared Survey Explorer). Menurutnya kepentingan ilmiah seringkali diabaikan karena dipengaruhi oleh kepentingan khusus, bahkan mungkin teori konspirasi yang tersebar.

Vox bahkan pernah melakukan survei dari 270 ilmuwan di berbagai bidang yang mengaku banyak menerima tekanan. Mereka dipaksa memprioritaskan pelestarian diri daripada mengejar jawaban terbaik dan mengungkap kebenaran yang bermakna. Keberhasilan ilmuwan seringkali tidak diukur dari kualitas identifikasi masalah atau metode, tapi diukur dari seberapa besar uang hibah yang ada, jumlah penelitian yang sudah diterbitkan, atau bagaimana mereka dapat memutar penelitian untuk menarik publik.

Tantangan sebenarnya bukan hanya untuk menemukan benda di luar angkasa, tetapi menghadapi tanggapan masyarakat di Bumi. Oleh karena itu, film ini diharapkan agar orang-orang dapat memandang ilmuwan sebagai manusia. Selain itu, terbentuk kepercayaan terhadap sains dalam kehidupan manusia. “You can ignore science, but science isn’t going to ignore you,” ujar Dr. Amy Mainzer.

3. Unsur komet masih gak banyak diteliti oleh manusia

6 Fakta tentang Sains dalam Film Don't Look UpAdegan Mark Rylance di Don't Look Up (Dok. Netflix)

Salah satu adegan yang memengaruhi misi penyelamatan Bumi di film ini adalah ketika Peter Isherwell (Mark Rylance), pengusaha teknologi, mengambil alih. Ia mengubah rencana dan memaparkan tujuannya mengambil unsur mineral komet untuk kemajuan teknologi Bumi.

Umumnya, komet memang memiliki unsur yang belum sepenuhnya diteliti umat manusia. Komet terbentuk dari sisa pembentukan planet di tata surya yang terdiri dari debu, batu, dan es. Ia cenderung memiliki fraksi unsur tanah yang jarang, dan setiap komet memiliki komponen yang berbeda, sehingga ketertarikan manusia sangat besar.