Comscore Tracker

Pernah Mimpi tapi Dalam Keadaan Sadar? Begini Faktanya

Kamu pernah gak?

Apa kamu pernah merasakannya? Tersadar bahwa kamu sedang bermimpi. Seperti bisa mengingat jelas bahkan bisa mengontrol mimpi yang kamu alami.

Tenang, itu bukan keganjilan. Istilah dari peristiwa yang mungkin pernah kamu alami ini adalah Lucid Dream. Simak fakta tentang Lucid Dream berikut ini

1. Pembuktian tentang Lucid Dream sudah ada sejak tahun 1975

Pernah Mimpi tapi Dalam Keadaan Sadar? Begini FaktanyaUnsplash.com/ Vladislav Muslakov

Walaupun sebelumnya telah terdapat konsep tentang ‘kesadaran dalam mimpi’ namun, Lucid Dream secara ilmiah ternyata pertama kali dibuktikan oleh Parapsikolog Inggris, Keith Hearne di tahun 1975. Pembuktian ini dilakukan Keith dengan merekam pergerakan mata volunteer Lucid Dream menggunakan Grass polygraph.

Cara kerjanya, dengan melihat sinyal yang ada melalui Grass polygraph saat volunteer memasuki fase REM (Rapid Eye Movement). REM adalah fase tidur yang memungkinkan manusia untuk mendapatkan mimpi. Dari alat tersebut, diketahui pergerakan sinyal yang didapat berbentuk zig zag dan tidak teratur.

2. Semua orang berkemungkinan mengalami Lucid Dream dalam hidupnya

Pernah Mimpi tapi Dalam Keadaan Sadar? Begini FaktanyaUnsplash.com/ Kinga Cichewicz

Dilansir dari medicalnewstoday, sebanyak 3.427 partisipan berusia antara 25 tahun di Brazil faktanya 77% dari mereka mengaku pernah mengalami Lucid Dream. Para ahli menyimpulkan bahwa setidaknya semua orang bisa mengalaminya walaupun itu sekali dalam seumur hidupnya. Kamu, udah pernah?

Baca Juga: Lewat 6 Pertanyaan Ini, Keingintahuanmu Soal Mimpi Basah Bisa Terjawab

3. Apa yang akan terjadi saat kamu mengalami Lucid Dream?

Pernah Mimpi tapi Dalam Keadaan Sadar? Begini FaktanyaUnsplash.com/ Amy Treasure

Ketika kamu sedang mengalaminya, kamu benar-benar dalam keadaan yang sadar kalau kamu sedang bermimpi. Kamu bisa merasakan semuanya dan mengingat dengan jelas. Bahkan, dari penuturan peneliti Lucid Dream Baverly D’Urso kamu bisa berimajinasi apapun dengan mimpi yang kamu inginkan, namun tentu tidak bisa melihat keadaan tersebut seperti dalam dunia yang sesungguhnya.

Dalam penuturannya, ia mengatakan ingin pergi ke matahari dengan lucid dream dia berangan untuk pergi dengan cara terbang seperti Superman. Dan semakin dekat, ia mengaku kalau dia benar berada di tempat yang bercahaya, naun ia sadar itu bukanlah matahari yang sesungguhnya.

4. Lucid Dream juga dimanfaatkan untuk terapi

Pernah Mimpi tapi Dalam Keadaan Sadar? Begini Faktanyaunsplash.com/Alexandra Gorn

Dr. Denholm Aspy peneliti Lucid Dream dari Adelaide University mengatakan bahwa lucid dream dapat digunkan untuk terapi dalam mengurangi mimpi buruk sampai menghilangkan phobia. Dengan catatan phobia yang jelas. Melalui Lucid Dream, pasien dapat mengontrol ketakutan dan mengubahnya menjadi hal yang lebih baik. Sehingga, saat dalam dunia nyata ketakutan tersebut dapat berkurang. Berani coba?

Itulah fakta tentang lucid dream. Apa kamu sudah pernah mengalaminya? Semoga harimu menyenangkan!

Baca Juga: Lucid Dream: 10 Trik Supaya Kamu Bisa Mengontrol Mimpimu Sendiri

Sugar Photo Community Writer Sugar

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You