Comscore Tracker

5 Hewan Terjelek di Dunia, Nomor 4 dan 5 Ada di Indonesia!

Hewan ini jelek, tapi langka, lho!

Hewan di dunia ini ada beraneka rupa dan bentuk. Ada yang menyeramkan, lucu, cakep, bahkan yang jelek pun ada, lho!

Dikutip dari laman Wonderlist dan BBC, berikut adalah 5 hewan terjelek di dunia. Ternyata ada yang berasal dari Indonesia! Disimak yuk!

1. Blobfish 

5 Hewan Terjelek di Dunia, Nomor 4 dan 5 Ada di Indonesia!Blobfish (instagram.com/ardiyansyah_404)

Blobfish dicap sebagai hewan dengan rupa paling jelek di dunia, terutama di kalangan spesies ikan. Ikan yang dijuluki berwajah alien ini hidup di perairan dalam pasifik selatan sehingga keberadaannya jarang ditemui oleh manusia.

Blobfish adalah jenis ikan yang tak bisa tersenyum. Selain itu, ikan gendut berkepala bengkak ini juga bukan hewan yang aktif. Bahkan, hewan ini dianggap tak terlalu berenergi, alias pemalas.

2. Monkfish 

5 Hewan Terjelek di Dunia, Nomor 4 dan 5 Ada di Indonesia!Monkfish (instagram.com/brightonfishsales)

Monkfish adalah ikan yang berwajah aneh. Bentuknya menyerupai ikan lele versi menyeramkan dan merupakan penghuni laut dalam. Hewan ini biasanya hidup di Samudra Arktik, Pasifik, dan Hindia.

Ikan ini sangat mencolok karena mempunyai bagian kepala yang besar dan lebar. Monkfish juga tergolong sebagai hewan karnivora dengan mulut yang besar dan gigi yang banyak dan tajam. Ia pun sering memangsa ikan lain yang berukuran kecil. Namun, meskipun berpenampilan menyeramkan, ikan ini aman dimakan. Bahkan, tekstur dan rasanya seperti lobster, lho!

Baca Juga: 5 Fakta Kombu Rumput Laut, Cikal Bakal Rasa Umami Khas Jepang

3. Tikus Star Nosed Mole 

5 Hewan Terjelek di Dunia, Nomor 4 dan 5 Ada di Indonesia!Tikus Star Nosed Mole (instagram.com/candicrunk_)

Tikus yang berasal dari Amerika Utara ini dikatakan jelek karena mempunyai hidung yang terbilang aneh. Hidung hewan ini memiliki 22 tentakel berdaging yang berfungsi untuk mendeteksi getaran yang ada di sekitarnya.

Tikus yang hanya sebesar hamster ini juga kerap ditemukan di daerah basah, terutama Kanada bagian timur. Hewan karnivora ini mampu bertahan hidup selama tiga hingga empat tahun.

4. Monyet Bekantan 

5 Hewan Terjelek di Dunia, Nomor 4 dan 5 Ada di Indonesia!Monyet Bekantan (instagram.com/om_pall)

Monyet bekantan identik dengan hidungnya yang lonjong dan besar yang membuat banyak orang mudah untuk mengingatnya karena bentuknya unik. Hewan yang sebagian besar hidupnya berada di atas pohon ini banyak ditemukan di Pulau Kalimantan.

Menariknya, bayi monyet bekantan lahir dengan wajah biru dan hidung yang kecil. Namun, semakin dewasa, mukanya berubah dan hidungnya membesar sehingga terlihat jelek. Meski demikian, ia termasuk ke dalam daftar spesies yang terancam punah dan wajib untuk dilindungi.

5. Babi Kutil 

5 Hewan Terjelek di Dunia, Nomor 4 dan 5 Ada di Indonesia!Babi Kutil (instagram.com/taman_safari)

Pada Desember 2017, seekor babi asal Indonesia menjadi sorotan dunia. Babi itu mempunyai nama javan warty pig atau babi kutil (Sus verrucosus). Hewan ini juga dikenal dengan nama babi jawa atau babi bagong. Spesies babi tersebut adalah yang paling langka sekaligus paling jelek di dunia.

Dikutip dari laman BBC, babi ini dikatakan mempunyai wajah yang jelek dengan ciri khusus terdapat surai yang memanjang dari kepala hingga ekor sepanjang tulang belakang. Selain itu, juga memiliki tiga pasang tonjolan daging yang mengeras seperti kutil di sekitar moncongnya. Kutil itu hanya terdapat pada babi jantan saja.

Menurut data dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) hewan ini termasuk kategori langka karena keberadaannya yang terbatas di Pulau Bawean.

 

Unik ya, ternyata bukan saja rupanya yang jelek, tapi ada yang menyeramkan juga ya. Hewan terjelek nomor berapa yang pernah kamu temui?

Baca Juga: 5 Fakta Angular Roughshark, Hiu Unik Berwajah Babi

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

Happy single mom who loves cooking, baking, travelling, reading, eager to learn something new

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya