Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Paus Pilot, Lumba-lumba Terbesar di Dunia  

Bobotnya hampir tiga ton!

Bicara tentang lumba-lumba terbesar di dunia, semua orang pasti setuju kalau paus pembunuh alias orca satu-satunya penyandang predikat itu. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya apakah ada jenis lumba-lumba lain di luar sana yang ukurannya hampir menandingi paus pembunuh?

Kenalkan paus pilot! Paus pilot merupakan lumba-lumba terbesar di dunia setelah paus pembunuh. Mereka bisa punya ukuran panjang 6 meter dan bobot hampir 3 ton! Lalu, apa kira-kira makanan paus pilot? Apakah sama seperti paus pembunuh? Simak tujuh fakta menarik paus pilot berikut ini untuk mengenal lebih jauh!

1. Ada dua spesies

6 Fakta Menarik Paus Pilot, Lumba-lumba Terbesar di Dunia  commons.wikimedia.org/NOAA

Genus paus pilot, Globicephala, terdiri dari dua spesies, yakni paus pilot sirip pendek dan sirip panjang. Keduanya punya banyak perbedaan, mulai dari jumlah gigi, ukuran panjang sirip, pewarnaan, sampai bentuk tengkorak.

Biarpun begitu, sulit untuk bisa membedakan atau menebak spesies paus pilot yang kamu lihat di lautan dengan mata telanjang. Keduanya amat sangat mirip! Menganalisis tengkoraknya disebut sebagai metode terbaik.

2. Hampir ada di seluruh perairan dunia

6 Fakta Menarik Paus Pilot, Lumba-lumba Terbesar di Dunia  commons.wikimedia.org/U. S. Fish and Wildlife Service - Northeast Region

Paus pilot bisa kamu temukan di hampir seluruh perairan dunia, loh. Termasuk perairan Indonesia! Menurut laman Marine Bio, paus pilot sirip pendek cenderung hidup di perairan hangat, sementara paus pilot sirip panjang banyak ditemukan di perairan yang lebih dingin atau sedang. Oleh karena itu mereka tinggal secara terpisah.

3. Termasuk lumba-lumba terbesar di dunia

6 Fakta Menarik Paus Pilot, Lumba-lumba Terbesar di Dunia  commons.wikimedia.org/Martina Nolte

Biarpun namanya paus, mamalia laut ini sebenarnya masuk dalam keluarga lumba-lumba, yakni Delphinidae. Bersama paus pembunuh dan yang lain, paus pilot masuk dalam sub keluarga Globicephalinae.

Menurut NOAA Fisheries, paus pilot sirip panjang bisa punya bobot mencapai 2,2 ton, sementara paus pilot sirip pendek mencapai 3 ton. Ukuran panjang keduanya juga tumbuh lebih dari 7 meter. Oleh karena itu, paus pilot dapat predikat lumba-lumba terbesar kedua di dunia setelah paus pembunuh.

Baca Juga: 6 Fakta Paus Sirip, Hewan Terbesar Kedua di Dunia

4. Betina mengalami menopause

6 Fakta Menarik Paus Pilot, Lumba-lumba Terbesar di Dunia  pixabay.com/puravida_fotografie-102271

Paus pilot betina melahirkan tiap 3-5 tahun, menjadikannya salah satu anggota setasea (mamalia laut) yang punya interval kehamilan terlama. Bayi paus pilot ukurannya gak main-main, loh. Melansir laman Marine Bio, begitu dilahirkan ukuran bayi paus pilot sudah mencapai 2 meter dan berbobot 102 kilogram!

Selain punya interval kehamilan terlama, spesies paus pilot sirip panjang juga bisa mengalami menopause. Mengutip laman Thoughtco, mamalia laut ini mengalami menopause setelah lewat umur 30 tahun. Biarpun begitu, mereka tetap bisa menyusui sampai usia 50 tahun.

5. Mengejar cumi-cumi sampai kedalaman 1000 meter

6 Fakta Menarik Paus Pilot, Lumba-lumba Terbesar di Dunia  commons.wikimedia.org/Dirk Klaus

Nah, berbeda dari paus pembunuh yang kerap berburu mangsa-mangsa besar, paus pilot lebih suka makan cumi-cumi kecil. Saking sukanya, mereka bisa mengejar sampai ke wilayah perairan laut dalam yang gelap total.

Laman Oceana menuturkan kalau paus pilot bisa mencapai kedalaman 1000 meter dengan kecepatan 90 kilometer per jam! Mereka bisa menahan napas sampai 15 menit lamanya. Mereka suka sekali jenis cumi-cumi kecil yang hidup di zona abisal dan merupakan sumber makanan utamanya. 

6. Punya banyak ancaman

6 Fakta Menarik Paus Pilot, Lumba-lumba Terbesar di Dunia  commons.wikimedia.org/Chagai

Kedua spesies paus pilot tidak terancam oleh kepunahan. Namun paus pilot bukan tanpa ancaman.

Mereka kerap diburu untuk diambil daging, tulang, dan minyaknya. Perburuan ini masih dilakukan hingga sekarang. Ancaman lain juga datang dari industri perikanan di mana paus pilot bisa tersangkut di jaring yang tidak dimaksudkan untuknya, jelas NOAA Fisheries. Kapal juga bisa mencederai dan membuat para paus pilot tertekan. Kecenderungan mereka untuk terdampar massal juga berdampak angka pada populasinya. 

Semoga keberadaan mereka tetap lestari, ya! Setelah mengenal lebih banyak, bagaimana pendapatmu tentang mamalia laut satu ini?

Baca Juga: Misteri Kematian Paus Terjadi di Prancis Dalam Jumlah Tidak Biasa

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya