Comscore Tracker

5 Fakta Lili Perdamaian, Tanaman Favorit Kolektor Indoor Plant

Peace lily ini punya makna simbolik yang mendalam, lho!

Lili perdamaian atau dalam dunia tumbuhan dikenal sebagai peace lily merupakan tanaman favorit yang memiliki kombinasi warna putih dan hijau menarik hati. Tumbuhan tersebut sering dikoleksi untuk menambah estetika di sudut-sudut rumah, lho.

Lantaran memiliki penampilan dan fungsi yang beragam, maka tidak mengherankan kalau di luar sana banyak yang senang memiliki bunga lili perdamaian alias peace lily ini.

Bahkan, ada lima fakta menarik dari tanaman tersebut yang dapat kamu simak, seperti berikut ini!

1. Dikenal sebagai tanaman sensitif

5 Fakta Lili Perdamaian, Tanaman Favorit Kolektor Indoor Plantilustrasi tanaman peace lily (unsplash.com/Sandra Seitamaa)

Meski sering dianggap mudah, namun perawatan dari peace lily sendiri mesti dilakukan dengan telaten, terutama karena tumbuhan ini bukan jenis tanaman yang rimbun akan dedaunan, maka perhatian khusus pun diperlukan agar tanaman tidak gampang layu dan merusak penampilannya.

Peace lily dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang sensitif, terutama soal media tanah tempat ia tumbuh. Penanaman akan sulit berhasil apabila tanah dalam kondisi basah atau terlalu kering, maka kelembapan menjadi kunci teratas untuk menjaga usia bunga tersebut.

Tumbuhan ini juga mesti mendapat pencahayaan yang cukup, namun tidak disarankan untuk mendapat sinar matahari seharian atau disinari secara langsung. Sebab hal tersebut dapat membuat tanaman menjadi cokelat serta mudah mati.

2. Home air purifier alami

5 Fakta Lili Perdamaian, Tanaman Favorit Kolektor Indoor Plantilustrasi tanaman peace lily (pexels.com/Thiea Alhoz)

Tahu gak, sih, bunga peace lily ini memiliki julukan menarik di kalangan para pencinta tumbuhan? Ia sering mendapat sebutan sebagai home air purifier alami karena manfaat yang baik bagi udara di sekitarnya.

Seperti diketahui, beberapa tanaman memang memiliki peran penting untuk mengubah senyawa kimia karbon dioksida menjadi oksigen, hal itu pula berlaku bagi tanaman peace lily ini.

Namun berdasarkan studi penelitian yang dirilis oleh NASA, peace lily bukan cuma mampu melakukan aktivitas tersebut, melainkan dapat memperbaiki kualitas udara agar semakin baik dan membersihkannya.

3. Simbol tanaman peace lily

5 Fakta Lili Perdamaian, Tanaman Favorit Kolektor Indoor Plantilustrasi tanaman peace lily (pixabay.com/jaysondaboi)

Peace lily jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki artian lili perdamaian. Penamaan itu tidak serta merta diberikan begitu saja, sebab terdapat filosofi mendalam yang membuat tanaman ini terasa spesial.

Warna putih yang dimiliki bunga peace lily mengingatkan orang-orang pada simbol bendera berwarna serupa yang mendandai adanya genjatan senjata. Ini dapat diartikan bahwa putih dianggap sebagai pembawa kedamaian serta ketenangan.

Tidak cuma itu, karena filosofi tersebut pun peace lily kemudian sering digunakan untuk melambangkan rasa simpati. Maka tidak heran bila pada beberapa tradisi, lili perdamaian dipakai sebagai bentuk hadiah yang memiliki makna mendalam.

Baca Juga: 5 Fakta Bunga Anggrek dengan Varietas Terbanyak di Dunia

4. Pasar jual beli peace lily

5 Fakta Lili Perdamaian, Tanaman Favorit Kolektor Indoor Plantilustrasi tanaman peace lily (pexels.com/Lucas George Wendt)

Sebagai salah satu tumbuhan yang masuk ke dalam kategori tanaman hias, tak dapat dimungkiri bahwasanya budidaya lili perdamaian cukup diminati oleh banyak kalangan. Ini juga yang membuatnya jadi mudah ditemui untuk diperjualbelikan.

Harga dari peace lily sendiri beraneka ragam, beberapa orang menjual tanaman ini pada usia yang cukup muda atau dengan tinggi tertentu. Sehingga harganya pun lebih variatif, mulai dari sepuluh ribuan hingga ada yang mencapai ratusan ribu juga, lho.

5. Macam-macam peace lily

5 Fakta Lili Perdamaian, Tanaman Favorit Kolektor Indoor Plantilustrasi tanaman peace lily (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sama seperti tanaman-tanaman lain, peace lily juga mempunyai variasi berbeda yang membuat tampilan tumbuhannya semakin banyak pilihan. Mulai dari perbedaan warna daun hingga tinggi dan besarnya bunga tersebut.

Peace lily mojo lime punya warna daun yang cenderung lebih terang dari yang lain. Sementara karakteristik variasi sensation terletak pada bentuk daun yang besar dan lebar. Kemudian ada domino yang punya kombinasi warna daun hijau dan putih, seperti terkena cat yang sembarang dioleskan.

Peace lily atau lili perdamaian adalah tanaman yang penuh simbolik dan menarik hati. Tidak mengherankan jika tumbuhan ini begitu disukai oleh para kolektor tanaman, terutama bagi mereka yang senang merawat aneka indoor plant.

Baca Juga: 5 Fakta Bunga Matahari, Si Kuning yang Jadi Bunga Nasional Ukraina

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya