Comscore Tracker

5 Fakta Bunga Anggrek dengan Varietas Terbanyak di Dunia

Jenis-jenisnya tersebar luas di berbagai belahan dunia

Bunga anggrek merupakan salah satu bunga terbesar di dunia. Tanaman ini memiliki lebih dari 30.000 spesies yang berbeda dan sekitar 200.000 hibrida.

Keanekaragaman variasi ini disebabkan oleh kemampuan anggrek yang luar biasa untuk beradaptasi dengan lingkungan tertentu.

Saking banyaknya variasi dari bunga anggrek, terdapat beberapa fakta bunga anggrek yang mungkin belum kita ketahui. Berikut ini lima fakta unik bunga anggrek.

1. Salah satu bunga tertua di dunia

5 Fakta Bunga Anggrek dengan Varietas Terbanyak di DuniaBunga Anggrek (unsplash.com/Nosova)

Para ilmuwan telah menemukan  serbuk sari anggrek memfosil di punggung seekor lebah. Serbuk sari dari anggrek purba ditemukan di punggung lebah yang dibungkus amber, seperti yang dijelaskan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature pada tahun 2007.

Fosil tersebut berasal dari sekitar 10 juta  tahun yang lalu. Banyak ilmuwan yang menduga bahwa keluarga anggrek jauh lebih tua. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga anggrek hidup sekitar 120 juta tahun yang lalu, sebelum benua terpecah menjadi bentuk seperti saat ini.

2. Memiliki varietas terbanyak di dunia

5 Fakta Bunga Anggrek dengan Varietas Terbanyak di DuniaBunga Anggrek (unsplash.com/sizzzikova)

Ada lebih dari 27.000 spesies anggrek dan dipastikan lebih banyak lagi yang ditemukan oleh para ilmuan setiap harinya. Para ilmuwan menduga bahwa ada lebih banyak spesies di wilayah tematik dunia, dan ahli hortikultura melakukan hibridisasi untuk menciptakan spesies baru yang tidak ada di alam. menghasilkan beberapa varietas yang paling populer dari spesies tanaman yang ada.

3. Memiliki bentuk simetri yang mirip dengan wajah manusia

5 Fakta Bunga Anggrek dengan Varietas Terbanyak di DuniaBunga Anggrek (unsplash.com/renichinguyen)

Miranda, seorang ahli anggrek, berpikir bahwa simetri bunga mungkin berkaitan dengan orang-orang yang sangat menyukai anggrek. Anggrek memiliki simetri bilateral seperti wajah manusia. Jika di tarik garis vertikal di tengah bunga, ada dua bagian yang merupakan bayangan cermin satu sama lain.

Anggrek Peloric adalah jenis anggrek yang berusaha untuk menjadi lebih simetris, biasanya karena cacat genetik. Tapi hasilnya bisa cantik, misalnya di Phalaenopsis peloric equestris.

4. Bunga yang ahli menipu

5 Fakta Bunga Anggrek dengan Varietas Terbanyak di DuniaBunga Anggrek (unsplash.com/Jon-Ade Holter)

Anggrek menipu serangga untuk menyerbuki mereka. Bagian reproduksi banyak anggrek berbentuk unik dan menyerupai serangga tersebut. Setelah serangga tertarik, serbuk sari anggrek menempel pada serangga dan serangga tersebut tidak menyadarinya.

Salah satu jenis anggrek yang paling menarik adalah Ophrys scolopax atau anggrek lebah. Bunga Anggrek yang satu ini ditemukan di daerah sekitar Mediterania, telah mengembangkan cara yang unik untuk memastikan penyerbukan.

Anggrek ini memiliki tiga pedal warna-warni, juga memiliki bentuk yang mirip dengan lebah betina. Selain itu, anggrek pedal menghasilkan bau yang mirip dengan bau lebah betina. Semua ini terjadi untuk mendapatkan perhatian lebah jantan untuk mengumpulkan serbuk sari.

5. Dapat tumbuh di semua benua

5 Fakta Bunga Anggrek dengan Varietas Terbanyak di DuniaBunga Anggrek (instagram.com/eduardo_jz)

Meski tergolong tumbuhan tropis, nyatanya anggrek bisa tumbuh di semua benua, anggrek mampu hidup dengan baik di semua benua yang kemudian memiliki warna dan makna yang berbeda-beda tergantung budaya masyarakat sekitar.

Jika kamu ingin memiliki tanaman hias di rumah tanpa repot melakukan perawatan, mungkin bunga anggrek bisa jadi pilihan. Apakah kamu tertarik memelihara bunga anggrek di rumah?

Baca Juga: 5 Fakta Bunga Matahari, Si Kuning yang Jadi Bunga Nasional Ukraina

Wisnu Ariansyah Photo Verified Writer Wisnu Ariansyah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya