Comscore Tracker

5 Perbedaan Kura-kura dan Penyu, Serupa tapi Tak Sama Lho

Jangan sampai salah sebut, ya!

Sama-sama memiliki cangkang dan berkaki empat, membuat sebagian orang awam kerap salah menyebut antara hewan kura-kura dan penyu. Jika dilihat sekilas, kedua hewan ini memang tampak serupa. Tapi, sebetulnya mereka tak sama, lho.

Ada perbedaan mencolok antara keduanya, ada pula yang memang tak terlihat. Nah, biar gak penasaran tentang kura-kura dan penyu, berikut adalah lima perbedaan kedua spesies tersebut. Simak, yuk!

1. Habitat kura-kura dan penyu

5 Perbedaan Kura-kura dan Penyu, Serupa tapi Tak Sama Lhopexels.com/John Cahil Rom

Coba tebak, di mana habitat kura-kura dan penyu? Ya, benar sekali. Kura-kura adalah hewan yang bisa hidup di darat dan air tawar. Saat bertelur, kura-kura akan memberi perlindungan pada anaknya sekitar 80 hari setelah menetas.

Sedangkan penyu merupakan hewan yang sebagian besar hidupnya dihabiskan di dalam air laut. Ketika masa bertelur, penyu betina akan berenang ke darat. Namun, setelah selesai bertelur, mereka bakal langsung kembali ke laut dan meninggalkan calon anak-anak mereka.

2. Bentuk kaki

5 Perbedaan Kura-kura dan Penyu, Serupa tapi Tak Sama Lhopixabay.com/Alexas_Fotos

Perhatikan, deh, bentuk kaki kura-kura dan penyu. Terlihat sekali bedanya, bukan? Kura-kura memiliki kuku tajam pada keempat kakinya. Fungsinya, yaitu untuk memudahkannya berjalan saat berada di darat.

Sebaliknya, bentuk keempat kaki penyu lebih mirip seperti sirip. Kaki tersebut menyesuaikan habitat penyu yang lebih sering berada di dalam air untuk membantunya berenang.

Baca Juga: Gak Selalu Berjalan Lambat, Ini 7 Fakta Unik Kura-Kura

3. Bisakah kura-kura dan penyu memasukkan kepala ke dalam tempurung?

5 Perbedaan Kura-kura dan Penyu, Serupa tapi Tak Sama Lhopixabay.com/Pexels

Jika kamu sering melihat kura-kura memasukkan kepala ke dalam tempurungnya yang keras, maka hal tersebut gak bisa kamu saksikan pada penyu. Meski sama-sama punya tempurung, penyu gak punya kemampuan tersebut.

Hal ini dikarenakan tempurung kura-kura memiliki struktur seperti kubah dan lebih kokoh. Sedangkan tempurung penyu cenderung lebih datar sehingga menyulitkannya memasukkan kepala ke dalam tempurung.

4. Jenis makanan

5 Perbedaan Kura-kura dan Penyu, Serupa tapi Tak Sama Lhopixabay.com/Dimitris Vetsikas

Karena kura-kura bisa hidup di darat dan air tawar, maka jenis makanan mereka berupa sayur, buah, dan serangga. Sedangkan penyu adalah hewan laut yang memakan ikan-ikan kecil dan ubur-ubur.

5. Masa hidup

5 Perbedaan Kura-kura dan Penyu, Serupa tapi Tak Sama Lhopexels.com/Belle Co

Dibandingkan penyu, kura-kura memiliki masa hidup yang lebih lama, lho, yakni antara 80 hingga lebih dari 150 tahun. Bahkan, kabarnya terdapat kura-kura tertua di dunia yang usianya sudah 183 tahun. Sebaliknya, penyu diketahui hanya bisa bertahan hidup antara 60-70 tahun.

Nah, itulah lima perbedaan antara hewan kura-kura dan penyu. Setelah baca ulasan ini, pastikan gak salah menyebut mereka lagi, ya.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Penyu, Reptil Laut yang Eksitensinya Terancam

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You