9 Peristiwa Langit November 2019 yang Wajib Kamu Saksikan, yuk Catat!

Ada banyak "jackpot" yang dapat kamu temukan

Di bulan November 2019 ini, Bumi berada selangkah lebih dekat dengan titik balik Matahari. Maka tak heran jika akhir-akhir ini, suhu terus meningkat. Khususnya untuk kita yang berada di daratan ekuator ini.

Namun jangan mengeluh, semua yang terjadi pasti ada hikmahnya. Salah satunya adalah kita bisa mengenal lebih banyak peristiwa langit. Mulai dari konjungsi, hujan meteor, hingga kesempatan untuk mengenal planet-planet yang mendekat. Yuk, siapkan teleskopmu dan catat tanggalnya, ya!

1. Konjungsi antara Bulan, Saturnus, dan Pluto pada 2 hingga 3 November 2019

9 Peristiwa Langit November 2019 yang Wajib Kamu Saksikan, yuk Catat!foreverconscious.com

Planet pertama yang bisa kamu lihat pada bulan ini adalah Saturnus. Planet bercincin tersebut akan terlihat mendekati Bulan pada 2 hingga 3 November 2019. Keduanya hanya berjarak sekitar 0,35 derajat jika dilihat dari Bumi.

Selain Saturnus, planet lain yang dapat melintas di pandanganmu adalah Pluto. Bulan dan planet kecil tersebut hanya berjarak 0,23 derajat. Namun kamu harus jeli ya, mengingat saat ini Bulan masih “berumur” lima hari. Ia hanya akan terlihat seperti sabit tipis.

2. Mars terletak di atas Spica pada 9 hingga 10 November 2019

9 Peristiwa Langit November 2019 yang Wajib Kamu Saksikan, yuk Catat!astropixels.com

Spica adalah nama dari bintang yang paling terang di rasi bintang Virgo. Dilansir dari Earth Sky, walaupun terlihat hanya satu, sebenarnya Spica terdiri dari dua buah bintang yang hanya terpisahkan jarak 18 juta kilometer. Itulah kenapa ia terlihat sangat mencolok.

Pada tanggal 9 hingga 10 November 2019, kamu akan melihatnya berdampingan dengan Mars. Planet tersebut berada 0,95 derajat di atas Spica. Keduanya memiliki penampilan yang sangat berbeda. Mars berwarna merah sedangkan Spica biru terang dan berkelap-kelip.

3. Puncak hujan meteor Taurid pada 12 November 2019

9 Peristiwa Langit November 2019 yang Wajib Kamu Saksikan, yuk Catat!express.co.uk

Peristiwa langit selanjutnya yang tak kalah menarik untuk disaksikan adalah puncak hujan meteor Taurid. Sebenarnya kamu bisa menyaksikan peristiwa ini dari 20 Oktober hingga 30 November 2019. Akan tetapi ia akan mencapai puncaknya sekitar tanggal 12 November 2019.

Untuk menyaksikannya, cobalah mencari konstelasi Taurus di langit bagian timur atau selatan. Ketika kamu melihat garis-garis terang bergerak, berarti kamu sudah menemukan Taurid. Pada malam itu, kamu akan disuguhi kurang lebih sepuluh meteor per jamnya.

4. Asteroid Vesta berada di titik oposisi pada 12 November 2019

9 Peristiwa Langit November 2019 yang Wajib Kamu Saksikan, yuk Catat!scientificamerican.com

Tak hanya bisa menyaksikan hujan meteor, kamu pun dapat melihat asteroid Vesta pada 12 November 2019. Pada umumnya, asteroid sulit untuk dilihat dari Bumi karena ia tidak memancarkan ataupun memantulkan cahaya.

Akan tetapi Vesta berbeda. Menurut Space.com, ini adalah asteroid paling terang di angkasa. Walaupun begitu, kamu harus jeli untuk dapat menemukannya karena bentuk dan warnanya yang mirip dengan Bulan.

Baca Juga: 9 Fenomena Atmosfer yang Paling Jarang Terjadi, Terlihat Indah Sekali!

5. Puncak hujan meteor Leonid pada 18 November 2019

9 Peristiwa Langit November 2019 yang Wajib Kamu Saksikan, yuk Catat!futurecdn.net

Tanggal 18 November adalah waktu yang tepat untuk keluar rumah dan mengamati langit malam. Pasalnya ada tiga peristiwa sekaligus yang dapat disaksikan. Yang pertama adalah hujan meteor Leonid.

Sebenarnya Leonid terjadi hampir sepanjang November, tetapi puncaknya terjadi pada sekitar 18 November 2019. Lebih intens daripada Taurid, kamu dapat menyaksikan hingga 20 meteor per jamnya.

Untuk mencarinya, kamu perlu mengetahui posisi konstelasi Leo, yaitu di bagian timur laut langit. Leonid juga terletak di dekat rasi bintang Big Dipper yang lebih mudah untuk dicari.

6. Konjungsi antara Bulan dan M44 pada 18 November 2019

9 Peristiwa Langit November 2019 yang Wajib Kamu Saksikan, yuk Catat!astrologyking.com

Peristiwa berikutnya yang dapat kamu saksikan pada 18 November 2019 adalah konjungsi antara satelit kita dengan Messier 44 (M44), sebuah kelompok bintang.

Keduanya akan terlihat berada di jarak 1,10 derajat dari satu sama lain. Sebenarnya akan terlalu jauh jika kamu mengamati dengan teleskop sehingga akan lebih baik untuk mengamatinya dengan mata telanjang atau teropong.

7. Pleiades dapat diamati dari Bumi pada 18 November 2019

9 Peristiwa Langit November 2019 yang Wajib Kamu Saksikan, yuk Catat!static.us

Pleiades atau yang dikenal pula dengan M45 adalah gugusan bintang yang terletak di konstelasi Taurus. Jika tak ada polusi langit, kamu dapat menyaksikannya dengan jelas pada 18 November 2019. Gugus bintang ini akan bersinar dengan sangat terang terutama pada tengah malam.

8. Konjungsi Venus dan Jupiter pada 24 November 2019

9 Peristiwa Langit November 2019 yang Wajib Kamu Saksikan, yuk Catat!static.us

Venus, planet tetangga kita ini sudah berbulan-bulan tak menemani malam hari kita. Namun jangan khawatir, ia akan melakukan “comeback” pada pertengahan bulan ini, tepatnya sekitar tanggal 24 November 2019. Tak mau sendirian, Venus juga akan ditemani oleh Jupiter. Keduanya akan terpisahkan jarak 1,24 derajat jika dilihat dari Bumi.

9. Konjungsi Bulan dan Saturnus pada 29 November 2019

9 Peristiwa Langit November 2019 yang Wajib Kamu Saksikan, yuk Catat!almanac.com

Bulan dan Saturnus nampaknya mengawali dan mengakhiri peristiwa langit bulan November 2019 ini. Keduanya dapat dilihat berdekatan lagi pada tanggal 29 November 2019 dengan jarak 0,55 derajat.

Untuk menyaksikannya, kamu perlu menengok langit bagian barat daya. Cahaya Bulan yang tidak terlalu terang akan membantumu untuk melihat Saturnus dengan jelas.

Wah, sangat beragam ya peristiwa langit yang ada di bulan ini! Tandai kalendermu dan jangan sampai kelewatan, ya!