Comscore Tracker

7 Dewa Dewi Yunani yang Jarang Diketahui, Tak Populer tapi Berjasa

Bukan hanya Zeus, Hades, dan Poseidon!

Membicarakan dewa-dewi Yunani, pasti ada beberapa nama yang terlintas di kepalamu. Mulai dari Zeus, Hades, Poseidon, Athena, Ares, Aphrodite, hingga Hermes adalah beberapa di antaranya.

Mereka termasuk ke dalam jajaran 12 dewa-dewi utama Olympus yang kisahnya sangat populer hingga ke berbagai belahan dunia. Tak heran jika nama-nama tersebut begitu familier di telinga. 

Namun ternyata selain 12 tokoh tersebut, ada dewa-dewi lain yang tak kalah berjasa dalam mitologi Yunani. Sayangnya, mereka tidak terlalu populer karena perannya yang dianggap minor atau kecil. Ingin tahu siapa sajakah dewa-dewi yang dimaksud? Simak berikut ini, yuk!

1. Dionysus

7 Dewa Dewi Yunani yang Jarang Diketahui, Tak Populer tapi Berjasagreekboston.com

Dionysus yang menjadi inspirasi lagu BTS melambangkan beberapa hal dalam kisah Yunani Kuno. Ia disebut sebagai dewa wine, pembuat wine, anggur, kesuburan, buah-buahan, tumbuhan, kegilaan, hingga teater. Dionysus sebenarnya termasuk ke dalam jajaran 12 dewa-dewi Yunani utama. Namun karena datang paling akhir, ia pun tak sepopuler lainnya. 

Awalnya, Dionysus adalah demigod atau setengah dewa dan setengah manusia. Sebab ia merupakan anak dari Zeus dan manusia bernama Semele, yang meninggal ketika melihat tampak asli dewa penguasa langit itu. Dionysus yang masih berupa janin pun dijahit ke dalam paha Zeus dan dilahirkan dari sana. 

2. Demeter

7 Dewa Dewi Yunani yang Jarang Diketahui, Tak Populer tapi Berjasagreekmythology.com

Mirip seperti Dionysus yang menangani anggur dan buah-buahan, Demeter merupakan dewi panen, gandum, dan kesuburan. Ia merupakan anak dari Rhea dan Kronos yang merupakan bangsa Titan. 

Walaupun sering disepelekan, ia memiliki kekuatan untuk mengontrol masa panen dan cuaca. Karena alasan ini, Demeter adalah salah satu dewi yang dijunjung oleh masyarakat Yunani. Mereka bahkan membuat kuil khusus untuk memberi persembahan kepada Demeter. 

3. Pan

7 Dewa Dewi Yunani yang Jarang Diketahui, Tak Populer tapi Berjasathoughtco.com

Merupakan anak dari Hermes, Pan merupakan dewa alam liar dan gembala. Penampilannya pun mencerminkan hal tersebut. Ia tampak seperti manusia namun dengan tanduk dan kaki yang menyerupai kambing. 

Nama "Pan" berasal dari kata "panic" atau panik. Terdapat dua penjelasan mengenai ini. Pertama, ketika Zeus berperang melawan Titan, Pan ada di dekatnya. Saat itu ia berteriak sangat keras hingga para Titan melarikan diri. 

Penjelasan kedua adalah Pan sering mengeluarkan suara-suara aneh di malam hari ketika ia berada di hutan. Ini dilakukan untuk membuat manusia yang berkelana panik dan ketakutan. 

Baca Juga: 7 Hewan Mitos Terpopuler di Dunia, Hoaks Kuno Jadi Abadi

4. Nemesis

7 Dewa Dewi Yunani yang Jarang Diketahui, Tak Populer tapi Berjasanarvii.com

Nemesis merupakan dewi yang melambangkan ganjaran, balas dendam, dan perbuatan jahat. Tugasnya adalah untuk memberikan balasan yang setimpal pada setiap perbuatan manusia. Ia akan membagikan kebaikan untuk mereka yang berbuat baik dan hukuman untuk orang yang berbuat buruk. 

Dewi yang merupakan anak dari Zeus ini digambarkan memiliki sayap. Untuk menjalankan tugasnya, Nemesis selalu membawa pedang, cambuk, cabang pohon apel, dan tali kekang. 

5. Morpheus

7 Dewa Dewi Yunani yang Jarang Diketahui, Tak Populer tapi Berjasawikimedia.org

Dikenal sebagai dewa mimpi, Morpheus bertugas untuk membuat mimpi dari setiap manusia yang ada di Bumi. Terkadang dewa-dewi juga mengutusnya sebagai pembawa pesan yang disampaikan melalui mimpi. 

Dilansir Greek Gods and Goddess, Morpheus biasa menjalankan tugasnya dalam wujud manusia. Jangan sampai kamu melihatnya dalam wujud asli, ya. Sebab Morpheus tampak seperti iblis yang memiliki sayap. 

6. Anemoi

7 Dewa Dewi Yunani yang Jarang Diketahui, Tak Populer tapi Berjasako-fi.com

Namanya jarang disebutkan, Anemoi merupakan sebutan untuk empat dewa angin dalam mitologi Yunani. Masing-masing dari mereka memiliki nama sendiri. Zephyros untuk angin barat, Euros untuk timur, Boreas untuk utara, dan Notos untuk selatan. 

Dilansir The Oi, Anemoi digambarkan sebagai sosok laki-laki bersayap yang tinggal di Gunung Haimos. Terkadang, mereka juga tampak seperti kuda yang disimpan oleh Aeolus, sang dewa badai. 

7. Hecate

7 Dewa Dewi Yunani yang Jarang Diketahui, Tak Populer tapi Berjasaetsy.com

Hecate atau Hekate merupakan dewi sihir, sulap, malam, bulan, hantu, dan nekromansi (pemanggilan arwah). Sekilas dewi ini mirip dengan Artemis karena penampilannya yang serupa. Yang membedakan adalah Hecate selalu membawa dua obor kembar di tangannya. 

Salah satu kisah yang paling populer mengenai Hecate adalah ia membantu Demeter untuk mencari Persephone. Hecate menelusuri malam hari dengan obornya dan menemukan bahwa Persephone dibawa oleh Hades di dunia bawah.

Sebenarnya masih banyak, lho, dewa-dewi Yunani lain yang jarang diketahui masyarakat. Selain yang disebutkan di atas, masih ada nama lain seperti Thanatos, Horae, Hekatos, Chiron, hingga Selene. Yang mana, nih, yang sudah kamu ketahui?

Baca Juga: 10 Hewan Mitos Mengerikan yang Hidup di Laut, Legenda Kuno yang Abadi

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya