Comscore Tracker

12 Hewan Tak Biasa Ini Bisa Dijumpai di Korea Selatan

Banyak hewan yang terancam punah di sana

Korea Selatan identik dengan industri hiburannya yang mendunia. Film, musik, dan serial dramanya diminati banyak orang, terutama para penggemar di Indonesia. Namun tanpa kita sadari, negara ginseng itu juga memiliki kekayaan fauna yang luar biasa.

Walaupun sebagian besar daratannya sudah menjadi permukiman, tetapi masih ada beberapa wilayah Korea Selatan yang masih asli dan menjadi habitat berbagai hewan. Bahkan dulunya, dua per tiga wilayah negara tersebut adalah hutan lebat.

Dilansir The Culture Trip, setidaknya ada 18 ribu spesies hewan yang menghuni negara itu saat ini. Penasaran hewan seperti apa yang bisa kita jumpai di sana? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Beruang hitam Asia

12 Hewan Tak Biasa Ini Bisa Dijumpai di Korea Selatanpinimg.com

Beruang hitam Asia adalah hewan endemik pertama yang bisa kamu jumpai di Korea Selatan. Bulunya lebat berwarna hitam legam dengan corak V putih di bagian dadanya. Namun sayangnya, beruang hitam Asia kini terancam punah karena banyak diburu untuk diambil bulunya. 

Pemerintah Korea Selatan pun berusaha melindungi dan mengembangbiakkannya di Jirisan National Park, taman nasional terbesar di sana. Dilansir A-Z Animals, kini jumlahnya kurang dari 50 ribu ekor di dunia. Selain di Korea Selatan, beruang hitam Asia juga bisa ditemukan di Jepang dan Rusia.

2. Macan tutul amur

12 Hewan Tak Biasa Ini Bisa Dijumpai di Korea Selatanrackcdn.com

Macan tutul amur adalah hewan terancam punah lainnya yang hidup di daratan Korea Selatan. Menurut data dari World Wildlife Fund (WWF), jumlah hewan ini hanya mencapai 84 ekor saja di seluruh dunia. 

Sebelumnya, macan tutul amur hidup tersebar di semua hutan di Korea. Namun mereka banyak terbunuh ketika perang antara Korea Selatan dan Korea Utara berlangsung. Akhirnya, saat ini mereka lebih banyak hidup di area Korean Demilitarized Zone (DMZ) atau perbatasan militer antara dua negara tersebut.

3. Lynx

12 Hewan Tak Biasa Ini Bisa Dijumpai di Korea Selatanwilderness-society.org

Jika dilihat sekilas, hewan yang satu ini sangat mirip dengan kucing domestik. Namun mereka adalah lynx, kucing hutan nokturnal yang suka hidup menyendiri. Mereka banyak tersebar di wilayah Eropa, Amerika Utara, dan Asia. 

Salah satu ciri khas yang dimilikinya adalah bulu lebat yang sangat panjang. Karakteristik tersebut sangat berguna untuk menghangatkan tubuh mereka di musim dingin. Tangan dan kakinya pun tergolong besar untuk ukuran kucing. Ini berguna untuk berlari dan melompat saat sedang berburu. 

Namun kamu jangan berharap untuk bisa melihat mereka, ya. Seperti yang telah disebutkan, lynx suka menyendiri. Mereka hanya keluar di malam hari dan akan menghindar ketika melihat manusia atau hewan lainnya.

4. Bangau leher putih

12 Hewan Tak Biasa Ini Bisa Dijumpai di Korea Selatananimalia.bio

Korea Selatan juga dikenal memiliki spesies burung yang beragam. Salah satunya adalah bangau leher putih atau white-naped crane.

Bangau leher putih banyak ditemukan di rawa berumput sekitar DMZ. Namun cukup sulit untuk menemukannya karena mereka sering bermigrasi ke negara lain dan kembali lagi ke Korea Selatan.

Karakteristik yang mencolok dari burung ini adalah area sekitar matanya yang berwarna merah. Bulunya yang berwarna abu-abu dan putih membuatnya terlihat elegan. Sayangnya, burung ini masuk ke dalam hewan yang terancam punah versi IUCN.

5. Lungless salamander

12 Hewan Tak Biasa Ini Bisa Dijumpai di Korea Selatanappvoices.org

Lungless salamander dikenal juga sebagai salamander tanpa paru-paru. Mereka hidup di bawah batu dan bernapas menggunakan kulitnya.

Para peneliti menemukan spesies ini pada tahun 2003 dan memberinya nama Karsenia koreana. Dilansir LiveScience, hingga saat ini merekalah satu-satunya spesies salamander tanpa paru-paru yang hidup di Asia. 

6. Siberian musk deer

12 Hewan Tak Biasa Ini Bisa Dijumpai di Korea Selatanstaticflickr.com

Siberian musk deer adalah kijang unik yang memiliki taring panjang. Itulah kenapa mereka juga dikenal sebagai kijang vampir. Walaupun terlihat menakutkan, mereka sebenarnya tidak berbahaya dan hanya mengonsumsi tumbuh-tumbuhan. Ternyata hanya kijang jantan yang memiliki taring. 

Dilansir LiveScience, mereka menggunakannya untuk bertarung dengan satu sama lain selama musim kawin. Lagi-lagi, sayang sekali mereka terancam punah karena manusia banyak mengincar kelenjar bau yang tersimpan di dalam perutnya. Manusia mengolahnya menjadi parfum dengan aroma musk

Baca Juga: Susah Dibedakan, 8 Hewan Ini Jago Berpura-pura Menjadi Hewan Lain!

7. Paus minke

12 Hewan Tak Biasa Ini Bisa Dijumpai di Korea Selatanwhaletrail.co.za

Untuk spesies laut, salah satu yang bisa ditemukan di Korea Selatan adalah paus minke. Mereka merupakan paus terkecil di dunia, dengan panjang tubuh sekitar delapan meter.

Namun sulit untuk mendeteksi keberadaan paus minke mengingat mereka sering berenang ke luar wilayah Korea Selatan. Makhluk laut ini juga sering diburu untuk diambil dagingnya sehingga otoritas Korsel meningkatkan usaha untuk mencegah perburuan ilegal. 

8. Bebek mandarin

12 Hewan Tak Biasa Ini Bisa Dijumpai di Korea Selatanaudubon.org

Berbeda dengan bebek lainnya, bebek mandarin memiliki bulu yang indah karena berwarna-warni. Kombinasi antara cokelat, kuning keemasan, hijau, merah, dan ungu membuat penampilannya sangat unik. Bebek ini sering kali ditemukan di semenanjung Korea, pegunungan Gumisan dan Tohamsan.

9. Goral Korea

12 Hewan Tak Biasa Ini Bisa Dijumpai di Korea Selatanglobalgiving.org

Tubuhnya mirip dengan kancil tetapi lebih gemuk dan lehernya sangat pendek. Mereka juga memiliki tanduk kecil di atas kepalanya.

Namun hewan apakah ini? Goral ternyata masuk ke dalam spesies kambing liar. 

Goral Korea biasa ditemukan di Seorak National Park dan termasuk hewan yang dilindungi. Dilansir dari The Culture Trip, kini jumlahnya di Korea Selatan hanya mencapai 700 ekor. Selain di Seorak, goral juga banyak hidup di pegunungan Woraksan, Odaesan, dan Taebeksan.

10. Serigala liar Korea

12 Hewan Tak Biasa Ini Bisa Dijumpai di Korea Selatanstaticflickr.com

Serigala liar Korea adalah spesies yang sama dengan serigala abu-abu. Mereka sering ditemukan di hutan dan pegunungan karena menyukai suhu yang dingin. Namun sayangnya, hewan ini jumlahnya tinggal sedikit. Bahkan banyak warga yang mengaku bahwa mereka tidak lagi melihat serigala tersebut sejak tahun 1968.

11. Magpie Korea

12 Hewan Tak Biasa Ini Bisa Dijumpai di Korea Selatanpinimg.com

Sekilas penampilan burung yang satu ini mirip dengan gagak. Namun magpie Korea memiliki bulu berwarna putih dan hitam dengan garis-garis biru di punggungnya. Mereka juga dikenal sangat pintar. Bahkan menurut penelitian tahun 2011, magpie bisa mengenali wajah manusia, lho!

Burung dengan nama latin Pica pica sericea ini sangat melekat dalam budaya Korea. Di negara tersebut, magpie adalah simbol dari keberuntungan. Menurut kepercayaan, anak-anak harus melemparkan giginya yang baru tanggal ke atas atap sehingga magpie bisa mengambilnya. Sebagai ganti, burung itu akan memberikan gigi baru yang sehat.

12. Kumgang fat minnow

12 Hewan Tak Biasa Ini Bisa Dijumpai di Korea Selatanpinimg.com

Hewan apakah kumgang fat minnow itu? Mereka adalah ikan kecil yang banyak mendiami sungai-sungai besar di Korea Selatan. Kumgang fat minnow hanya menyukai air dengan arus dingin. Kamu bisa menemukannya di sungai Han, Imjin, dan Daedong. 

Tidak seperti hewan lain yang ada di daftar ini, kumgang fat minnow hanya hidup di Korea Selatan, lho. Ini karena arah gerak mereka sangat terbatas di perairan air tawar saja. 

Itulah sejumlah hewan unik yang bisa kamu jumpai di Korea Selatan. Apakah kamu ingin bertemu dengan mereka secara langsung?

Baca Juga: 7 Hewan Tidak Biasa yang Dapat Kamu Jumpai di Jepang, Unik-unik lho!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya