Comscore Tracker

7 Hewan Tidak Biasa yang Bisa Kamu Temui di Jepang, Semuanya Unik

Jepang gak cuma terkenal dengan hiruk pikuk kotanya

Jepang identik dengan kehidupan kotanya yang ramai serta budayanya yang sangat kaya. Selain itu, negara Asia Timur tersebut ternyata juga memiliki kekayaan fauna yang luar biasa.

Ini karena Jepang sebenarnya terbentuk dari gunung yang curam dan ditutupi dengan hutan yang lebat. Masyarakatnya tidak banyak yang tinggal di daerah seperti itu karena medan yang sulit. Akibatnya bentang alam tersebut masih alami dan dihuni oleh berbagai macam spesies.

Dilansir World Atlas, tercatat bahwa lebih dari 80 ribu spesies hewan dikonfirmasi hidup di Jepang. Terdapat sekitar 130 jenis mamalia darat dan lebih dari 600 spesies burung. Berikut adalah hewan-hewan tidak biasa yang dapat kamu jumpai di negara tersebut.

1. Kelinci amami

7 Hewan Tidak Biasa yang Bisa Kamu Temui di Jepang, Semuanya Unikwikimedia.org

Jika biasanya kelinci memiliki telinga yang panjang, lain halnya dengan kelinci amami. Mamalia asal Jepang ini mempunyai telinga dan kaki yang pendek. Ini karena mereka adalah sisa-sisa kelinci purba yang pernah menghuni daratan Asia.

Ciri khas lain yang dimilikinya adalah tubuhnya besar dan ditutupi oleh bulu berwarna cokelat tua yang tebal. Kakinya juga dilengkapi dengan cakar yang kuat, tidak seperti kelinci pada umumnya. 

2. Spider crab

7 Hewan Tidak Biasa yang Bisa Kamu Temui di Jepang, Semuanya Unikytimg.com

Banyak orang yang mengatakan bahwa spider crab tergolong salah satu hewan terseram yang ada di Jepang. Bagaimana tidak, mereka adalah arthropoda terbesar yang ada di bumi. Dengan panjang kaki lebih dari satu meter, jika direntangkan mereka bisa berukuran lebih dari 3,8 meter. 

Walaupun terlihat seperti monster, spider crab ternyata cukup jinak. Mereka lebih suka berada di dasar laut dan menutupi diri dengan karang dan hewan lain. Kamu bisa menjumpai hewan ini di lepas pantai selatan Honshu. 

3. Salamander raksasa Jepang

7 Hewan Tidak Biasa yang Bisa Kamu Temui di Jepang, Semuanya Unikpinimg.com

Salamander biasanya bukan hewan yang menakutkan karena ukurannya tergolong kecil, seperti kadal. Namun lain halnya dengan satu jenis salamander endemik Jepang ini. Mereka dinamakan salamander raksasa karena panjang badannya bisa mencapai 1,9 meter. Tak heran jika hewan ini dinobatkan sebagai amfibi terbesar kedua di dunia. 

Salamander raksasa ini memiliki kulit berwarna cokelat kehitaman untuk membantunya berkamuflase di dasar sungai. Walaupun besar, mereka tetap memakan hewan-hewan kecil seperti serangga, ikan kecil, dan katak. Kamu bisa menjumpainya di sungai bagian utara Kyushu dan bagian barat Honshu.

4. Hiu goblin

7 Hewan Tidak Biasa yang Bisa Kamu Temui di Jepang, Semuanya Uniknationalgeographic.com

Hiu goblin termasuk salah satu fosil berjalan yang ada di dunia. Julukan itu diberikan kepada hewan-hewan prasejarah yang masih hidup hingga saat ini. Diduga spesies hiu ini sudah ada sejak 125 juta tahun yang lalu. 

Sebenarnya hiu goblin juga bisa ditemui di luar Jepang. Namun mereka lebih sering menampakkan diri di wilayah negara tersebut. Hiu goblin hidup jauh di bawah permukaan laut, yaitu di kedalaman 1.200 meter. Ciri khasnya adalah gigi yang bergerigi seperti kawat, moncong yang panjang, serta mata yang tajam.

Baca Juga: 7 Hewan Unik yang Bisa Ditemui di Korea Selatan

5. Kera salju

7 Hewan Tidak Biasa yang Bisa Kamu Temui di Jepang, Semuanya Unikpcdn.co

Kera salju atau kera Jepang adalah primata yang hidup di dataran tinggi bersalju. Ciri-ciri fisik kera ini adalah wajah yang berwarna merah muda dengan tubuh yang ditutupi oleh rambut abu-abu. Mantel bulu mereka sangat tebal, sesuai dengan habitatnya yang dingin.

Kamu bisa menjumpai kera salju di Gunung Arashiyama dan Joshin-Etsu Kogen National Park. Tidak jarang mereka turun ke pemandian air panas yang dimiliki warga dan berendam di sana bersama dengan para pengunjung.

6. Ayam pegar hijau (green pheasant)

7 Hewan Tidak Biasa yang Bisa Kamu Temui di Jepang, Semuanya Uniknationalpedia.com

Tergolong satwa endemik, ayam pegar hijau dinobatkan sebagai burung nasional Jepang. Utamanya, mereka bisa dijumpai di daerah Honshu, Kyushu, dan Shikoku. Ciri fisik yang khas dari unggas ini adalah bulu berwarna hijau di bagian dada dan panggulnya.

Di Jepang, tidak semua orang bisa menangkap ayam ini. Hanya mereka yang memiliki izin berburu yang diizinkan oleh pemerintah. Itu pun dibatasi hanya dua burung jantan per hari. Upaya ini dilakukan untuk mencegah kepunahan ayam pegar hijau.

7. Tanuki atau anjing rakun

7 Hewan Tidak Biasa yang Bisa Kamu Temui di Jepang, Semuanya Unikmnn.com

Tanuki adalah anjing rakun yang bisa ditemukan di sebagian besar wilayah Jepang dan China. Mereka sangat terkenal di dalam cerita rakyat Jepang. Masyarakat mempercayai bahwa mereka bisa mengubah bentuknya menjadi manusia dan menyamar sebagai benda sehari-hari. Selain itu, tanuki juga dianggap sebagai lambang kemakmuran.

Tidak seperti namanya, mereka tidak memiliki hubungan sama sekali dengan rakun. Alih-alih, mamalia ini tergabung dalam famili Canidae bersama dengan serigala dan rubah. Yang perlu kamu ingat, walaupun terlihat menggemaskan anjing rakun ini termasuk hewan liar. 

Ingin menyaksikan hewan-hewan unik itu secara langsung? Kamu harus ke Jepang dulu ya!

Baca Juga: 6 Hewan Laut Berpenampilan Terunik, Ada yang Seperti Malaikat!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya