8 Jenis Manusia Purba yang Pernah Hidup di Indonesia, Kenalan yuk!

Ada di pelajaran SMP dan SMA, masih ingat?

Jauh sebelum kita dilahirkan dan bahkan jauh sebelum kerajaan Majapahit berdiri, bumi Indonesia dikuasai oleh berbagai jenis manusia purba. Mereka benar-benar memulai kehidupan dari nol. Darinya pula kebudayaan, cara hidup, dan berbagai peralatan ditemukan.

Fosil manusia purba di Indonesia mulai ditemukan pada tahun 1889 oleh Van Rietschoten. Pada saat itu, fosil itu teridentifikasi sebagai Homo Wajakensis. Setelah itu, pencarian dan penelitian fosil manusia purba pun terus dilanjutkan.

Nah, ingin tahu fosil dan jenis manusia purba apa sajakah yang dulu hidup di Indonesia? Berikut ini di antaranya! Kamu masih ingat gak, nih?

1. Meganthropus Paleojavanicus

8 Jenis Manusia Purba yang Pernah Hidup di Indonesia, Kenalan yuk!Meganthropus Paleojavanicus (dok. pariwisatasolo.surakarta.go.id)

Mungkin tak asing lagi di telingamu, manusia purba paling tua yang tinggal di Indonesia adalah Meganthropus Paleojavanicus. Fosilnya berhasil ditemukan pada tahun 1936-1941 di Sangiran, Jawa Tengah.

Mereka memiliki ciri fisik yang cukup berbeda dengan manusia purba lain dalam daftar ini. Dari fosilnya, berikut ini fitur tubuh Meganthropus Paleojavanicus yang diprediksi para arkeolog:

• Dahi menjorok ke depan;
  • Tulang pipi tebal;
  • Rahang tegap dengan gigi geraham yang besar;
  • Tidak memiliki tulang dagu;
  • Tengkorak belakang menonjol dan sedikit meruncing;
  • Tinggi diprediksi mencapai 2,5 meter.

Bukan hanya tertua, Meganthropus merupakan manusia purba terbesar di Indonesia. Diperkirakan, mereka hidup sekitar 2,5 juta hingga 1,25 juta tahun yang lalu.

2. Pithecanthropus Mojokertensis

8 Jenis Manusia Purba yang Pernah Hidup di Indonesia, Kenalan yuk!Pithecanthropus Mojokertensis (Wikimedia Commons/Fæ)

Pithecanthropus Mojokertensis secara harfiah berarti "manusia kera dari Mojokerto". Benar, ini karena fosil manusia purba tersebut ditemukan di Mojokerto, Jawa Timur, tepatnya di Desa Perning. Fosil tersebut ditemukan oleh G.H.R von Koenigswald pada tahun 1936.

Jika dilihat dari fosilnya, berikut ini beberapa karakter fisik dari Pithecanthropus Mojokertensis:

• Berbadan tegap dengan tinggi 165-180 cm;
  • Memiliki alat pengunyah yang kuat;
  • Volume otak diperkirakan 750-1.300 cc;
  • Tulang dahi tebal, menonjol, dan lebar;
  • Tak memiliki tulang dagu;
  • Terdapat tulang yang menonjol di area tengkorak belakangnya.

3. Pithecanthropus Erectus

8 Jenis Manusia Purba yang Pernah Hidup di Indonesia, Kenalan yuk!Pithecanthropus Erectus (Wikimedia Commons/Peter Maas)

Merupakan salah satu manusia purba paling familier di telinga masyarakat, Pithecanthropus Erectus berarti "manusia kera yang berjalan tegak". Fosilnya ditemukan di lembah Sungai Bengawan Solo, Jawa Tengah oleh Eugene Dubois pada tahun 1891.

Para ahli memprediksi bahwa manusia purba inilah yang menjadi spesies awal evolusi manusia modern. Ini karena mereka memiliki ciri fisik yang mirip dengan kita, yaitu:

• Rahang menonjol ke depan;
  • Volume otak diperkirakan 750-900 cc;
  • Hidung lebar dan leher tegap;
  • Terdapat tonjolan di dahi;
  • Tubuhnya lebih kecil daripada Pithecanthropus Mojokertensis dengan tinggi 160-180 cm;
  • Tidak memiliki dagu.

4. Pithecanthropus Soloensis

8 Jenis Manusia Purba yang Pernah Hidup di Indonesia, Kenalan yuk!Pithecanthropus Soloensis (Wikimedia Commons/J. H. McGREGOR)

Masih dari kelompok yang sama, ada pula manusia purba berjenisPithecanthropus Soloensis. Nama tersebut memiliki arti "manusia kera yang berasal dari Solo". Penemunya merupakan G.H.R von Koenigswald, Ter Haar, dan Oppenoorth. Berdasarkan fosil yang ditemukan, berikut ini ciri fisik Pithecanthropus Soloensis:

• Tulang tengkorak lonjong, tebal, dan padat;
  • Rongga mata sangat panjang.