Comscore Tracker

7 Ras Anjing Paling Nakal, Sulit Dilatih dan Gak Setia pada Majikan 

Harus sabar, nih, jika memelihara mereka!

Secara general, anjing dipandang sebagai hewan yang lebih mudah untuk dilatih dan tidak senakal kucing. Ini karena mereka biasanya memiliki sifat yang loyal, lebih ramah, dan suka mendapatkan kasih sayang dari pemiliknya. Akan tetapi, nampaknya sifat tersebut tidak bisa disamaratakan. 

Faktanya, ada ras anjing tertentu yang terkenal nakal, tak mau diatur, dan bahkan sulit untuk setia kepada majikannya. Ketika memelihara mereka, kamu harus ekstra sabar, deh. Ingin tahu ras anjing apa sajakah itu? Simak berikut ini, yuk!

1. Chow Chow

7 Ras Anjing Paling Nakal, Sulit Dilatih dan Gak Setia pada Majikan Anjing Chow Chow/wikimedia.org

Ras anjing yang berasal dari Tiongkok ini dikenal dengan bulunya yang tebal dan membuatnya tampak seperti boneka. Walaupun begitu, Chow Chow suka menyendiri, tidak bergantung dengan majikan, dan keras kepala. Mereka juga suka jika dirinya diperlakukan seperti bos di dalam rumah. 

Dilansir iHeartDogs, Chow Chow terkadang menunjukkan sikap yang agresif dan teritorial, terutama pada orang asing. Itulah kenapa jika kamu ingin memeliharanya, mereka sangat cocok untuk menjadi anjing penjaga rumah. 

2. Dachshund

7 Ras Anjing Paling Nakal, Sulit Dilatih dan Gak Setia pada Majikan Anjing Dachshund/cloudfront.net

Berikutnya ada Dachshund. Walaupun tampak imut karena kakinya yang sangat pendek, anjing yang satu ini dikenal pemberani, independen, dan keras kepala. Mereka sering menjadi peliharaan petani untuk dimanfaatkan sebagai pemburu kelinci dan babi hutan. 

Akan tetapi, Dachshund merupakan anjing yang tidak mau menurut dengan majikannya. Mereka mudah bosan dan ketika itu terjadi, Dachshund akan merusak barang di sekitarnya. Maka dari itu, berikanlah mereka mainan agar sifat destruktifnya terlampiaskan dengan baik. 

3. Bulldog

7 Ras Anjing Paling Nakal, Sulit Dilatih dan Gak Setia pada Majikan dogtime.com

Bulldog adalah salah satu ras anjing yang paling sulit untuk dilatih. Mereka sebenarnya pintar namun tidak mau diatur dan menurut kepada manusia. Menjinakkannya pun membutuhkan waktu yang lama dan kesabaran ekstra. 

Walaupun begitu, ketika kamu berhasil melatih dan menjinakkan Bulldog, mereka akan menjadi anjing keluarga yang loyal. Mereka juga mampu menjadi anjing penjaga ketika kamu tidak berada di rumah. 

4. Pekingese

7 Ras Anjing Paling Nakal, Sulit Dilatih dan Gak Setia pada Majikan doggiedesigner.com

Pekingese merupakan anjing yang memiliki penampilan imut. Lihat saja kakinya yang pendek serta bulu yang yang panjang. Sekilas mereka akan tampak seperti kelinci. Walaupun begitu, mereka sangatlah keras kepala, sulit diatur, dan terkadang tidak setia, lho. 

Ras anjing ini harus dilatih secara lebih keras, konsisten, dan dalam waktu yang lebih lama. Kamu sebaiknya memberlakukan beberapa peraturan sehingga mereka bisa beradaptasi dengan baik di rumahmu. 

Baca Juga: 7 Ras Kucing Peliharaan Artis Indonesia Paling Mahal, Seharga Mobil!

5. Bullmastiff

7 Ras Anjing Paling Nakal, Sulit Dilatih dan Gak Setia pada Majikan amazonaws.com

Bullmastiff adalah salah satu ras anjing paling besar di dunia. Tubuhnya bisa mencapai berat hingga 60 kilogram. Ini adalah salah satu alasan kenapa Bullmastiff sering dijadikan anjing penjaga. Namun perlu diketahui bahwa mereka cukup nakal dan tidak mau menurut. 

Jika ingin melatih anjing ini, kamu harus melakukannya dengan pelan-pelan dan sabar. Sebab Bullmastiff tak hanya nakal tetapi juga akan memberontak ketika kamu memperlakukannya dengan keras. 

6. Chihuahua

7 Ras Anjing Paling Nakal, Sulit Dilatih dan Gak Setia pada Majikan unsplash.com/tamarabellis

Merupakan salah satu ras anjing paling terkenal di dunia, Chihuahua memang imut dan memiliki pesona yang unik. Walaupun begitu, jangan kaget karena anjing yang satu ini cukup nakal, tidak memiliki manner, tidak loyal, dan sulit untuk diatur. 

Dilansir Puppy Toob, Chihuahua juga tak ahli dalam bersosialisasi. Ketika bertemu dengan orang asing, mereka cenderung bersembunyi, gemetar, dan menjadi agresif. Itulah kenapa kamu harus sabar dalam mengajari mereka untuk bersikap lebih sopan. 

7. Beagle

7 Ras Anjing Paling Nakal, Sulit Dilatih dan Gak Setia pada Majikan Anjing Beagle unsplash.com/marcus_wallis

Anjing yang satu ini sangat aktif dan cenderung mengikuti instingnya sendiri ketika beraktivitas. Itulah kenapa sulit untuk membuatnya mendengarkanmu dan menurut. Tak hanya itu, Beagle juga cenderung menjadi destruktif jika kamu tidak melatihnya dengan benar. 

Maka dari itu, Beagle sebaiknya dipelihara sejak mereka masih kecil. Ketika mereka sudah merasa familier denganmu, anjing ini akan lebih mudah untuk diajari dan dilatih. Namun jika kamu tak sanggup menanganinya, jangan ragu untuk menggunakan jasa pelatih anjing profesional. 

Itulah sejumlah anjing yang terkenal dengan sifatnya yang nakal dan sulit untuk dilatih. Kamu harus sabar dalam menangani setiap tingkahnya, ya!

Baca Juga: 7 Jenis Kucing Liar di Hutan, Imut tapi Sangat Buas

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya