Comscore Tracker

7 Jenis Kucing Liar di Hutan, Imut tapi Sangat Buas

Gak boleh dipelihara, ya!

Seperti yang kita tahu, kucing dulunya merupakan makhluk liar yang hidup di alam bebas. Namun manusia melakukan domestifikasi agar mereka bisa jadi lebih jinak, adaptif, dan bisa menjadi hewan peliharaan. Walaupun begitu, masih banyak, lho, spesies kucing yang hidup secara liar. 

Pada umumnya, mereka masih tampak seperti kucing yang imut dan memiliki tubuh kecil hingga sedang. Akan tetapi jangan tertipu dengan penampilannya. Kucing liar memiliki insting berburu yang kuat, tak mau didekati ataupun disentuh manusia, dan sangat lincah bergerak di alam bebas. 

Ingin tahu apa saja jenis kucing liar yang ada di berbagai belahan dunia? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Kucing pasir

7 Jenis Kucing Liar di Hutan, Imut tapi Sangat Buasprod.si-cdn.com

Kucing pasir atau Felis margarita merupakan kucing liar dengan tubuh terkecil di dunia. Mereka memiliki ciri khas berupa kepala yang tampak melebar ke samping. Mereka berhabitat di area gurun, seperti di Afrika, Maroko, Nigeria, dan Algeria. 

Sekilas mereka tampak sangat imut, tetapi kucing pasir sebenarnya merupakan pemburu yang ganas. Tikus, burung, serangga, dan kelinci sering menjadi mangsanya. Mereka bahkan tak takut untuk melawan ular gurun, lho. 

Bukan hanya nokturnal, kucing pasir juga suka menyendiri. Bantalan kakinya yang tebal membuat pergerakannya tak terdengar sama sekali. Sayangnya, spesies yang satu ini termasuk dalam hewan yang terancam punah. 

2. Canadian lynx

7 Jenis Kucing Liar di Hutan, Imut tapi Sangat Buasreadersdigest.ca

Canadian lynx adalah salah satu kucing liar terpopuler di dunia. Ciri fisik mereka cukup berbeda dari lainnya, lho. Spesies ini punya tubuh yang besar, kaki panjang dan berotot, bulu yang lebat, serta telinga runcing. 

Kamu mungkin sudah bisa menebaknya, kucing liar ini berhabitat di tempat yang dingin dan bersalju. Itulah kenapa bantalan kakinya tebal dan tampak seperti bantal. 

Canadian lynx merupakan hewan penyendiri dan pemalu. Mereka hanya keluar dari persembunyiannya saat malam hari atau saat lingkungan sekitar sepi. Walaupun begitu, kucing ini cukup ganas. Mereka bisa memangsa hewan yang jauh lebih besar darinya, seperti karibu. 

3. Caracal

7 Jenis Kucing Liar di Hutan, Imut tapi Sangat Buaspinimg.com

Caracal memiliki penampilan yang tak kalah unik. Ciri khasnya adalah bulu yang berwarna oranye serta telinga yang runcing dengan bulu hitam di bagian ujungnya. Dari penampilannya, Caracal tampak imut seperti kucing domestik. 

Kucing yang berasal dari Afrika, Timur Tengah, dan Asia Tengah ini sangat tangguh, lho. Mereka mampu melompat dari ketinggian 2 meter, bisa berburu dengan lincah, dan punya kemampuan bertahan hidup yang baik. 

Baca Juga: Jangan Pernah Memotong Kumis Kucing, Ini 10 Alasannya Menurut Ahli!

4. Pallas's cat

7 Jenis Kucing Liar di Hutan, Imut tapi Sangat Buascottagelife.com

Pallas's cat atau yang dikenal juga sebagai Manul memiliki penampilan yang cukup mengerikan dari luar. Bulunya panjang dan lebat serta ekspresinya sangat galak seperti siap menerkam kapan saja. 

Kucing dari Asia Tengah ini memiliki pupil mata yang bulat, tak seperti kucing lain yang lonjong dan tajam. Sayangnya, Pallas's cat sangat jarang ditemukan karena mereka suka menyendiri. Mereka juga termasuk hewan langka sehingga tak ada yang berani mengganggunya di alam liar. 

5. Black-footed cat

7 Jenis Kucing Liar di Hutan, Imut tapi Sangat Buastownnews.com

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika melihat gambar kucing ini? Tentunya imut banget, kan? Black-footed cat atau Felis nigripes memiliki tubuh yang sangat kecil jika dibandingkan dengan kucing hutan lain. Ditambah lagi, wajah yang bulat, kaki pendek, dan corak tubuhnya yang unik menambah tingkat keimutannya. 

Walaupun begitu, jangan pernah sepelekan kucing yang satu ini, ya. Dilansir LiveScience, black-footed cat sangat ganas hingga dinobatkan menjadi kucing kecil paling berbahaya di dunia, lho. Kenapa demikian?

Menurut film dokumenter PBS Nature, si kecil ini mampu membunuh 10 hingga 14 mangsa dalam semalam, mulai dari tikus, burung, hingga serangga. Mereka cekatan dalam membunuh. Tingkat keberhasilan proses berburunya mencapai 60 persen. Angka ini tiga kali lipat dari rekor yang dibuat singa, lho.

6. Andean mountain cat

7 Jenis Kucing Liar di Hutan, Imut tapi Sangat Buasmongabay.com

Andean mountain cat memiliki penampilan yang tak kalah imut dari kucing domestik. Dengan bulu berwarna abu kecokelatan, mereka bisa berkamuflase dengan baik di bebatuan. Ekornya sangat panjang dan diselimuti bulu yang tebal. 

Merupakan kucing liar paling terancam punah di Amerika, populasi Andean mountain cat kini hanya tersisa sekitar 2500 ekor. Seperti namanya, mereka hidup di pegunungan. Namun manusia sering menangkap kucing ini untuk diambil bulunya.

7. Geoffroy

7 Jenis Kucing Liar di Hutan, Imut tapi Sangat Buaswikimedia.org

Walaupun memiliki corak seperti macan tutul, kucing Geoffroy memiliki raut wajah yang imut. Kucing yang satu ini berhabitat di Amerika Selatan. Tubuhnya tak jauh berbeda dari kucing domestik, yaitu memiliki berat sekitar 2 hingga 5 kilogram.

Kucing Geoffroy menghabiskan sebagian besar waktunya untuk beraktivitas di malam hari. Tak seperti kucing lain, mereka tak takut air. Bahkan bisa dibilang bahwa Geoffroy sangat ahli dalam berenang. Sayangnya, kucing ini terancam punah karena habitatnya yang semakin hilang. 

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak kucing liar lain yang hidup di hutan. Mulai dari Pampas, Kodkod, serval, Asian golden cat, Margay, dan lain sebagainya. Jika kamu bertemu mereka, jangan pernah mencoba menyentuh atau mendekatinya, ya. Ketika merasa terancam, mereka tak ragu untuk menyerang!

Baca Juga: Suka Disayang, Ini 12 Ras Kucing Paling Ramah di Dunia

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya