8 Spesies dengan Nama Latin Mirip Seleb, Mulai Dicaprio Sampai Beyonce

Gimana rasanya kalau nama kita dijadikan nama hewan?

Dalam memberikan nama untuk spesies-spesies baru, para ilmuwan selalu mengikuti kaidah yang telah ditentukan. Nama harus terdiri dari genus dan diikuti dengan nama spesies.

Ilmuwan yang menemukan spesies baru bisa memberikan nama sesuka mereka. Sering kali mereka memberikan nama berdasarkan karakteristik spesies tersebut atau tempat di mana mereka ditemukan.

Seiring waktu, para ilmuwan semakin kreatif. Mereka sering menggunakan menggunakan nama orang-orang terkenal untuk spesies baru yang mereka temukan. Berikut ini adalah spesies-spesies yang namanya seperti nama selebritas.

1. Kumbang Arga schwarzeneggeri

8 Spesies dengan Nama Latin Mirip Seleb, Mulai Dicaprio Sampai Beyonceichef.bbci.co.uk

Agra schwarzeneggeri adalah kumbang yang diberi nama mirip salah satu bintang Hollywood, Arnold Schwarzenegger. Nama tersebut diberikan karena kumbang ini memiliki kaki depan yang tampak berotot, persis seperti otot bisep aktor kawakan tersebut. Kumbang ini ditemukan oleh Erwin L. Terry di Costa Rica.

Kabarnya, salah satu murid Terry memberikan foto kumbang ini kepada Arnold Schwarzenegger. Aktor tersebut kemudian menandatanganinya dan mengucapkan terima kasih karena telah menggunakan namanya untuk spesies baru tersebut.

2. Kumbang Grouvellinus leonardodicaprioi

8 Spesies dengan Nama Latin Mirip Seleb, Mulai Dicaprio Sampai Beyoncemedia.wmagazine.com

Kumbang yang satu ini memang memiliki nama yang unik. Grouvellinus leonardodicaprioi adalah kumbang air yang ditemukan saat sekelompok ilmuwan sedang melakukan ekspedisi di daerah terpencil Kalimantan. Ia kemudian diberi nama spesies sama seperti nama pemeran utama Titanic, Leonardo Dicaprio.

Lantas mengapa dinamai seperti itu? Dr. Iva Njunjic, ahli biologi yang tergabung dalam ekspedisi tersebut mengatakan bahwa mereka ingin membuat kumbang yang tanpa nama itu agar dikenal banyak orang. Selain itu, nama tersebut juga diambil karena terinspirasi oleh upaya Leonardo dalam menjadi aktivis lingkungan.

3. Antropoda Kootenichela deppi

8 Spesies dengan Nama Latin Mirip Seleb, Mulai Dicaprio Sampai Beyonceimages.realclear.com

Bisa tebak tidak nama spesies yang satu ini terinspirasi dari siapa? Benar, Johnny Depp! Antropoda ini memiliki tangan atau cakar depan yang bentuknya seperti gunting.

Ilmuwan menganggap bahwa ciri tersebut mirip dengan salah satu karakter Depp, yaitu Edward The Scissorhands. Sayangnya, saat ditemukan spesies ini telah berbentuk fosil, alias sudah punah.

4. Laba-laba Aptotichus angelinajolieae

8 Spesies dengan Nama Latin Mirip Seleb, Mulai Dicaprio Sampai Beyoncemytebox.com

Angelina Jolie adalah seorang aktris yang cukup aktif dalam bidang lingkungan dan kegiatan United Nations High Commission for Refugees (UNHCR). Ini menjadi alasan mengapa para ilmuwan sepakat untuk mengambil namanya untuk laba-laba yang mereka temukan di California.

Spesies laba-laba ini termasuk dalam jenis trapdoor, atau penjebak. Tidak seperti laba-laba pada umumnya, mereka tidak hidup di jaring, melainkan di dalam liang. Aptotichus angelinajolieae rata-rata hidup sampai 3 tahun, walaupun ada sebagian yang mampu bertahan hingga 15 tahun.