Comscore Tracker

7 Hal Mengejutkan Ini Akan Terjadi jika Semua Es di Kutub Mencair 

Ini adalah efek dari pemanasan global

Disadari atau tidak, banyak aktivitas sehari-hari kita yang menempatkan bumi dalam bahaya, yaitu pemanasan global. Ketika ini terus terjadi dan tidak ada usaha untuk membendungnya, semua es di bumi akan mencair.

Dilansir dari National Geographic, setidaknya ada lima juta kubik mil (cu mi) es di bumi ini. Para ahli percaya bahwa butuh waktu lima ribu tahun untuk mencairkan semuanya. Namun proses tersebut bisa semakin cepat ketika kadar karbon di atmosfer kian banyak. 

Pada akhirnya semua es memang akan mencair, tapi kita tidak tahu kapan itu akan terjadi. Namun apa dampak dari masalah tersebut pada kehidupan di bumi? Ternyata ada berbagai aspek yang dipengaruhinya lho. Simak berikut ini!

1. Bumi akan jadi semakin panas

7 Hal Mengejutkan Ini Akan Terjadi jika Semua Es di Kutub Mencair tosshub.com

Dampak pertama dari mencairnya es di bumi adalah meningkatnya suhu di bumi. Es yang ada di kutub memiliki peran dalam memantulkan sinar matahari ke atmosfer. Hal ini kemudian dapat menjaga temperatur bumi tetap normal. Namun ketika mereka menjadi air, semua sinar yang masuk ke bumi akan terserap sehingga suhu pun kian meningkat.

2. Cuaca di seluruh belahan bumi menjadi kacau

7 Hal Mengejutkan Ini Akan Terjadi jika Semua Es di Kutub Mencair jakpost.net

Temperatur kutub akan meningkat secara drastis dan membuat cuaca menjadi kacau. Kenapa? Dengan berubahnya suhu, arus udara dunia yang mengatur berbagai peristiwa cuaca pun ikut berubah. Akibatnya, pergantian cuaca pun akan semakin lama. Sebagian wilayah akan terkena kekeringan panjang, sedangkan yang lain mengalami badai yang tidak kunjung berhenti.

3. Akan banyak virus purba yang menyebar

7 Hal Mengejutkan Ini Akan Terjadi jika Semua Es di Kutub Mencair news.com

Virus tertentu bisa bertahan hidup walaupun berada di kondisi ekstrem. Sebagian darinya kini sedang terjebak di dalam tumpukan es Antartika dan masih hidup, dilansir dari Huffington Post. Ketika es mencair, mereka akan segera menyebar. Masalahnya para ahli belum tahu seberapa berbahayanya mereka dan apa yang bisa menangkalnya. Maka tidak heran jika para ahli memprediksi akan ada wabah jika es kutub mencair.

Baca Juga: Apa Efek Kebakaran Hutan Amazon pada Makhluk Hidup? Ini 9 Faktanya!

4. Hewan kutub akan terancam punah

7 Hal Mengejutkan Ini Akan Terjadi jika Semua Es di Kutub Mencair eportfolios.macaulay.cuny.edu

Yang paling dirugikan dari mencairnya es di kutub adalah hewan-hewan yang tinggal di sana. Mulai dari penguin, beruang kutub, walrus, dan lainnya akan kesulitan untuk bertahan hidup tanpa adanya es. Menurut buku After the Ice: Life, Death, and Geopolitics in the New Arctic yang ditulis oleh Alun Anderson, beruang kutublah yang pertama kali punah karena tidak ada lagi rumah untuk mereka. 

5. Dataran di Florida, Amerika Serikat akan tenggelam

7 Hal Mengejutkan Ini Akan Terjadi jika Semua Es di Kutub Mencair mapsales.com

Dampak langsung dari mencairnya es di kutub adalah naiknya permukaan air laut. Setidaknya akan terjadi kenaikan sekitar 65,8 meter, dilansir dari Science Alert. Ini berarti bahwa Florida, negara yang terkenal akan sinar mataharinya tersebut akan tenggelam selamanya. Tidak hanya itu, para ahli juga memprediksi bahwa semua daerah pesisir pun akan  menghadapi dampak yang serupa.

6. Bumi akan mengalami gempa yang cukup besar

7 Hal Mengejutkan Ini Akan Terjadi jika Semua Es di Kutub Mencair medium.com

Menghilangnya daratan ternyata bukanlah satu-satunya bencana yang akan kita hadapi. Dilansir dari The Clever, menurut Anthony Fordham, editor Pop Science Australia mengatakan bahwa akan ada gempa besar karena mencairnya es di bumi. 

Ia menyebutnya sebagai analogi bola ping pong dengan lekukan. Bumi adalah bolanya sedangkan lekukan tersebut adalah tekanan karena es yang mencair. Ketika es tersebut habis, kerak bumi akan menyembul ke luar dan mengakibatkan aktivitas seismik yang intens.

7. Eksploitasi tambang semakin marak

7 Hal Mengejutkan Ini Akan Terjadi jika Semua Es di Kutub Mencair cpacanada.ca

Rupanya terlepas dari segala kerugian, akan tetap ada pihak tertentu yang memanfaatkan mencairnya es di kutub untuk kepentingannya sendiri. Mereka adalah para penambang minyak. Banyak yang memprediksi bahwa Antartika menyimpan banyak minyak. Untungnya di sana penambangan dilarang hingga tahun 2048. 

Selain itu, suhu yang sangat ekstrem membuat beberapa perusahaan bahan bakar mengurungkan niat untuk mengebor minyak. Namun ketika es mencair dan peraturan tidak berlaku lagi, eksploitasi tidak akan bisa dihindari dan keadaan pun semakin buruk.

Mengerikan sekali kan dampaknya? Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari dan kurangi hal-hal yang semakin memperburuk pemanasan global. Contohnya merokok, membakar sampah, menggunakan AC berlebihan, naik kendaraan pribadi, dan masih banyak lainnya. Kamu tidak mau kan mengalami situasi-situasi di atas?

Baca Juga: Seberapa Berbahaya Efek Uji Nuklir bagi Manusia dan Lingkungan?

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya