Comscore Tracker

5 Fakta Ilmiah Tentang Paru-Paru, Organ Terbesar Tubuh Manusia

Satu-satunya organ manusia yang bisa mengapung di air!

Paru-paru merupakan organ vital yang berperan penting dalam sistem pernafasan manusia. Organ besar yang dilindungi oleh tulang rusuk dan terhubung pada sumsum tulang belakang ini berwujud seperti rongga-rongga yang berwarna merah kecokelatan. 

Biar semakin mengenal dan paham tentang organ penting sekaligus organ terbesar di tubuh manusia tersebut, yuk simak lima fakta ilmiah tentang paru-paru berikut!

1. Satu-satunya organ manusia yang bisa mengapung

5 Fakta Ilmiah Tentang Paru-Paru, Organ Terbesar Tubuh Manusiayoutube.com/Luzan5TV

Seberapa banyakpun udara yang kita hirup paru-paru akan menahan 1 liter udara di dalamnya. Hal ini yang kemudian membuat paru-paru adalah satu-satunya organ manusia yang bisa mengapung di atas air. 

2. Paru-paru memiliki 300 hingga 500 juta alveoli

5 Fakta Ilmiah Tentang Paru-Paru, Organ Terbesar Tubuh Manusiafindlight.net

Alveoli adalah katung udara kecil yang mengisi seluruh paru-paru dan berfungsi sebagai tempat pertukaran karbon dioksida dan oksigen. Alveoli berukruan sangat kecil sekitar 10mm dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Jumlah alveoli di kedua paru-paru yang ada di tubuh manusia bisa mencapai 300-500 juta. 

Baca Juga: 10 Makanan Ini Manfaatnya Bikin Sehat Paru-paru, Konsumsi Rutin Ya!

3. Kanker paru-paru bisa menjangkit siapapun

5 Fakta Ilmiah Tentang Paru-Paru, Organ Terbesar Tubuh Manusiakidsdiscover.com

Kanker paru-paru bisa menjangkit siapapun termasuk orang yang tidak merokok. Selama ini merokok memang menjadi ancaman dan penyebab terbesar kanker paru-paru namun nyatanya penyakit ini bisa datang dari berbagai cara. Seperti polusi udara akibat kendaraan, asap rokok, ataupun asap limbah industri yang mengandung zat kimia berbahaya. 

4. Ukuran paru-paru bisa seluas satu sisi lapangan tenis

5 Fakta Ilmiah Tentang Paru-Paru, Organ Terbesar Tubuh Manusiakclr96fm.com

Paru-paru memiliki dua bagian, kanan dan kiri yang keduanya memiliki ukuran berbeda. Paru-paru kanan memiliki tiga lobus dan paru-paru kiri hanya memiliki dua lobus, keduanya berukuran sekitar 1,3 kg hingga 1,5 kg. Bukan hanya bentuknya yang paling besar diantara organ-organ tubuh lainnya, namun paru-paru yang berisi alveoli itu bila direntangkan bisa memiliki luas setara dengan satu sisi lapangan tenis! 

5. Paru-paru bayi saat lahir tidak menggembung

5 Fakta Ilmiah Tentang Paru-Paru, Organ Terbesar Tubuh Manusiamayoclinic.org

Ketika waktu kelahirannya tiba janin dalam perut masih belum memiliki organ yang sepenuhnya sempurna, misalnya seperti paru-paru yang tidak menggembung. Hal ini disebabkan adanya cairan yang berada di dalam paru-paru yang perlahan keluar ketika sang jabang bayi melewati jalur lahirnya.

Perubahan suhu dan lingkungan membuat paru-paru mulai berfungsi sempurna yang bisa ditandai dengan terciptanya nafas pertama setelah 10 detik bayi dilahirkan. 

Jadi semakin tahu deh apa saja fakta ilmiah yang ada di balik paru-paru manusia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat!

Baca Juga: 10 Bakteri Paling Bermanfaat di Tubuh Manusia, Punya Fungsi yang Baik

Keenanthy Photo Verified Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya