Comscore Tracker

7 Cara Mengobati Kucing Flu agar Cepat Sembuh, Lakukan Segera!

Jangan asal kasih obat, lebih baik bawa ke dokter segera

Saat memelihara anabul, kesehatan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Ada kalanya kucing mengalami sakit, seperti flu atau pilek. Penyebab kucing flu bisa beragam, di antaranya perubahan musim, tertular flu dari kucing lain, hingga tanda infeksi serius.

Mengingat penyebabnya yang berbeda-beda, cara mengobati kucing flu pun gak bisa sembarangan. Perlu konsultasi pada dokter hewan selaku profesional terlebih dahulu. Di samping itu, kamu tetap bisa memberikan perawatan sesuai kebutuhan kucing agar anabul kesayangan lekas sembuh. 

Cara mengobati kucing flu

Flu pada kucing merupakan bagian dari infeksi saluran pernapasan atas minor. Dilansir Cats Protection, gejala kesehatan ini merupakan penyakit umum yang disebabkan oleh berbagai infeksi, seperti bakteri dan virus. Namun, kalau gak ditangani dengan tepat, flu bisa berubah jadi fatal. Terlebih pada kucing berusia muda atau kitten, kucing senior, maupun kucing dengan daya tahan tubuh lemah.

Nah, kalau kamu mendapati kucing menunjukkan tanda-tanda gak enak badan akibat flu, segera lakukan tahapan-tahapan berikut. Sebisa mungkin segera, jangan tunggu nanti-nanti, ya!

1. Memahami gejala kucing flu

7 Cara Mengobati Kucing Flu agar Cepat Sembuh, Lakukan Segera!ilustrasi kucing batuk (pexels.com/amir ghoorchiani)

Begitu agen infeksi berhasil menyerang daya tahan tubuh kucing, anabul mungkin menunjukkan beberapa gejala fisik. Tanda-tanda yang muncul bisa meliputi semua atau beberapa saja. Berikut di antaranya:

  • Hidung dan mata berair
  • Sakit tenggorokan
  • Nyeri otot dan persendian
  • Sariawan
  • Air liur yang menetes terus menerus
  • Bersin
  • Kehilangan suara
  • Demam

Pada anak kucing, gejala mata berair dapat berkembang menjadi borok. Ini bisa ditandai dengan mata kucing  yang tertutup sebagian atau seperti diberi lem, sehingga ia kesulitan membukanya. Jika begitu, segera dapatkan perawatan agar gak menimbulkan masalah serius dan berakibat kerusakan penglihatan pada anak kucing.

Pada beberapa kasus, kucing flu mungkin juga mengalami batuk. Untuk itu, perhatikan jika kucing berulang kali berusaha mengeluarkan sesuatu dari kerongkongannya.

2. Bawa ke dokter

7 Cara Mengobati Kucing Flu agar Cepat Sembuh, Lakukan Segera!ilustrasi membawa kucing ke dokter hewan (freepik.com/freepik)

Cara mengobati kucing flu yang melibatkan obat hanya boleh dilakukan oleh dokter profesional, ya. Maka dari itu, segera dapatkan bantuan medis begitu mendapati gejala flu pada anabul gak menghilang setelah 5-7 hari. 

Tanda lain yang menjadi alarm perlu membawa anabul ke dokter yakni kucing gak mau makan, mengalami dehidrasi, dan sesak napas. Jika begitu, sebaiknya gak perlu ditunda, ya. Makin cepat berobat, maka lebih cepat pula diketahui penyebabnya. 

Dokter mungkin meminta anabul menjalankan beberapa tes kesehatan jika mengidentifikasi infeksi serius sebagai penyebab flu pada kucing.  Ada tes darah, tes kimia untuk mengetahui fungsi organ, tes elektrolit apabila kucing menunjukkan gejala dehidrasi parah, tes urine, hingga tes virus defisiensi kucing (FIV) atau tes leukimia kucing (FeLV).

3. Bersihkan wajah kucing

7 Cara Mengobati Kucing Flu agar Cepat Sembuh, Lakukan Segera!ilustrasi mengusap kucing (unsplash.com/dana nguyen)

Saat flu kucing memiliki ingus dan kotoran di mata, hidung, serta telinga. Meski biasa membersihkan diri, perilaku kucing cenderung berubah ketika sakit. Ia akan lebih banyak berdiam diri dan mengabaikan perawatan tubuhnya. Meski gak secara langsung menyembuhkan, ini merupakan tahapan penting untuk mengobati flunya.

Maka dari itu, luangkan waktu untuk membersihkan kotoran yang menempel. Gunakan handuk atau lap halus dan sedikit dibasahi air hangat, lalu usapkan ke titik kotor di wajah kucing. Sambil melakukannya, berikan ucapan yang menenangkan anabul.

Baca Juga: 5 Cara Menggendong Kucing yang Benar agar Gak Dicakar

4. Beri home remedies

7 Cara Mengobati Kucing Flu agar Cepat Sembuh, Lakukan Segera!ilustrasi kucing lemas (pexels.com/almighty shilref)

Ada kalanya flu menyebabkan kucing kesulitan bernapas. Mengatur rumah tetap lembap akan sedikit membantu meringankan rasa gak nyaman pada kucing. Jika ada, kamu bisa menggunakan humidifier atau alat pelembap ruangan. 

Selain itu, kamu bisa memberikan kucing home remedies berupa uap untuk melancarkan pernapasan yang tersumbat. Caranya, ajak kucing ke kamar mandi yang telah disediakan air panas dalam bak atau pancuran. Penting diketahui, jangan mandikan kucing, ya. Cukup diamkan kucing di dalam ruangan beruap selama 10-15 menit beberapa kali sehari.

Sebagai tambahan, jika kucing meronta-ronta, sebaiknya keluarkan dan lanjutkan di sesi berikutnya. Pemaksaan pada kucing justru dapat membuatnya stres yang mempengaruhi imun tubuh.

5. Penuhi asupan nutrisi melalui makanan dan minuman

7 Cara Mengobati Kucing Flu agar Cepat Sembuh, Lakukan Segera!ilustrasi kucing makan (pexels.com/mq huang)

Kebanyakan kucing akan mengalami penurunan nafsu makan ketika sakit. Ia bahkan enggan menyentuh makanan yang disukai sebelumnya. Meski demikian, kamu perlu memastikan anabul tetap makan guna mendukung cara mengobati kucing flu. 

Beberapa cara meningkatkan selera makan kucing yakni:

  • Hangatkan makanan di microwave untuk meningkatkan aroma
  • Pancing menggunakan makanan basah atau snack favorit anabul
  • Berikan makanan khusus recovery, biasanya berbentuk makanan basah kaleng dengan aroma menyengat
  • Campurkan air ke dalam makanan basah untuk mengimbangi kebutuhan cairan kucing.

Perhatikan pula tanda-tanda dehidrasi pada kucing. Cek kulit di area tengkuk anabul dengan sedikit mencubitnya ke atas. Jika elastisitas kulit berkurang, disertai mata cekung dan gusi lengket, bisa jadi kucingmu sedang dehidrasi parah. 

Selain itu, penuhi kebutuhan cairan kucing. Jika perlu, gunakan kaldu ayam rebus untuk menarik perhatian anabul. Konsultasikan pada dokter terkait penggunaan cairan elektrolit khusus hewan sebagai antisipasi.

6. Berikan obat secara teratur dan vaksinasi kucing

7 Cara Mengobati Kucing Flu agar Cepat Sembuh, Lakukan Segera!ilustrasi vaksinasi kucing (freepik.com/tonodiaz)

Setelah berobat ke dokter, kucing akan mendapatkan obat-obatan yang harus diminum. Demi kesehatan anabul, ikuti instruksi dokter terkait cara mengobati kucing flu. Termasuk minum obat rutin dan jangan sampai ke-skip, ya!

Jika diperlukan, tanyakan pada dokter multivitamin yang membantu recovery sekaligus memperbaiki daya tahan tubuh kucing. Misalnya, seperti Nutriplus Gel atau vitamin c dengan takaran khusus kucing. Setelah kucing sembuh, jangan lupa lakukan vaksinasi rutin demi mencegah infeksi berulang.

7. Jaga kucing tetap berada dalam ruangan dan pengawasan

7 Cara Mengobati Kucing Flu agar Cepat Sembuh, Lakukan Segera!ilustrasi kucing indoor (unsplash.com/roberto huczek)

Dilansir Paws, kucing yang tinggal di dalam ruangan memiliki masa usia hingga 15 tahun, jauh lebih lama dibanding kucing yang tinggal di jalanan. Ini terjadi karena risiko kucing tertular penyakit, parasit, dan abses lebih kecil.

Risiko lain seperti tertabrak kendaraan, terpapar racun, dicuri, dan sebagainya juga lebih sedikit ketika kucing mendapatkan pemantauan. Jadi, sebaiknya kurangi aktivitas kucing di luar ruangan secara perlahan, ya.

Itulah beberapa cara mengobati kucing flu yang bisa dilakukan. Sebelum parah, yuk, segera dapatkan bantuan dokter!

Baca Juga: Cara Memanggil Kucing agar Cepat Datang, Perlu Dilatih Dulu

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya