Comscore Tracker

Ditakuti Musuh, 6 Senjata Paling Mematikan di Perang Dunia II

Dapat menghancurkan sebuah kota dalam hitungan menit

Perang Dunia II mungkin sudah berlalu puluhan tahun yang lalu. Tapi kenangan buruk tentang kejadian itu mungkin masih diingat oleh banyak orang. Perang menyisakan kehilangan, kesedihan, dan kesulitan itu pada akhirnya dimenangkan oleh sekutu setelah mereka menghancurkan Hirosima dan Nagasaki pada tahun 1945 dengan menggunakan bom atom.

Seperti yang dilansir dari warhistoryonline.com, faktanya bom atom bukanlah satu-satunya senjata yang mematikan. Di saat perang, ada banyak senjata mematikan yang diciptakan, termasuk 6 senjata di bawah ini.

1. The 88mm Gun

Ditakuti Musuh, 6 Senjata Paling Mematikan di Perang Dunia IInet-maquettes.com

The 88mm Gun atau yang dikenal dengan nama Acht-acht adalah senapan buatan Jerman. Senjata ini diperkenalkan pertama kali ditahun 1936 pada Perang Saudara Spanyol. Setelah pertempuran Spanyol, The 88mm Gun juga digunakan selama invasi Prancis pada tahun 1940 untuk menembak CharB1 milik Prancis dan tank Mk.II Matilda milik Inggris yang keduanya terbuat dari baja.

Dengan kemampuannya ini, The 88mm Gun menjadi salah satu senjata paling mematikan dan ditakuti oleh tentara Sekutu, para penerbang, dan pasukan tanker.

2. MG 42

Ditakuti Musuh, 6 Senjata Paling Mematikan di Perang Dunia IIalbumwar2.com

Selain The 88mm Gun, Maschinengewehr 42 atau yang lebih dikenal MG 42 menjadi senjata mematikan lain yang pernah diproduksi oleh Jerman. Senjata ini dirancang oleh Nazi dan merupakan sebuah senapan mesin yang digunakan pada akhir Perang Dunia II. Senjata ini cukup mengerikan karena bisa memuntahkan 1.200 sampai 1.500 peluru per menit dengan jangkauan 1.000 meter.

Tentara Sekutu menyebut senjata ini dengan nama "Hitler's Buzz Saw", sedangkan tentara Soviet menyebutnya dengan nama "The Linoleum Ripper".

3. Hawker Hurricane

Ditakuti Musuh, 6 Senjata Paling Mematikan di Perang Dunia IIthoughtco.com

Hawker Hurricane adalah pesawat tempur satu awak yang diproduksi oleh Hawker Aircraft Inggris selama Perang Dunia II. Pesawat tempur ini dapat melaju dengan kecepatan 340 mph dengan ketinggian 35.000 kaki. Sesuai dengan fungsinya, pesawat ini digunakan pada tahun 1940 untuk melawan angkatan udara Jerman.

Tidak hanya cepat, pesawat Hawker Hurricane juga dipersenjatai dengan 12 senapan mesin, roket, dan bom yang membuatnya berhasil memenangkan 60 persen pertempuran melawan Jerman.

Baca Juga: 10 Sejarah Tragis dari Perang Tersingkat di Dunia

4. Granat Mk2

Ditakuti Musuh, 6 Senjata Paling Mematikan di Perang Dunia IIgrapevine.is

Granat mungkin bukan senjata yang terlalu asing, terutama kalau kamu sering menonton film dengan tema peperangan. Granat Mk2 sendiri merupakan granat yang diproduksi oleh Amerika Serikat pada tahun 1918, digunakan selama Perang Dunia II dan menjadi granat paling kuat milik US hingga tahun 1960.

Ketika diaktifkan, granat ini memiliki waktu sekitar 4 sampai 4,6 detik sebelum akhirnya meledak. Karena bentuknya, Mk2 juga dikenal dengan julukan nanas.

5. Senapan M1 Garand

Ditakuti Musuh, 6 Senjata Paling Mematikan di Perang Dunia IIarmedman.ru

Senapan M1 Garand dirancang oleh Jenderal George S. Patton untuk Perang Dunia II dan menjadi senapan semi otomatis standar yang digunakan oleh Amerika. Salah satu keunggulan senapan ini adalah kemampuannya dalam menembak delapan putaran.

Karena kemampuan ini jugalah, senapan M1 Garand digunakan semua angkatan militer Amerika Serikat baik itu laut, darat, maupun udara. Setelah Perang Dunia II selesai, senapan ini "bertugas" pada perang Korea dan terakhir perang Vietnam di tahun 70an sebelum akhirnya pensiun.

6. Bom atom

Ditakuti Musuh, 6 Senjata Paling Mematikan di Perang Dunia IIlife.ru

Bom atom sangat terkenal, karena senjata satu ini selalu muncul dalam buku sejarah. Bom ini pernah digunakan oleh Amerika Serikat untuk menghancurkan Jepang ditahun 1945. Serangan pertama terjadi ada tanggal 6 agustus 1945, Amerika Serikat menjatuhkan bom atom pertama yang mereka sebut dengan nama "Little Boy" di Hirosima.

Meski namanya "Little Boy", tapi bom atom ini memiliki kekuatan setara 15.000 ton TNT. Serangan tidak berhenti disitu, pada 9 agustus 1945, Amerika menjatuhkan "Fat Man" yang setara dengan 21.000 ton TNT di Nagasaki dan memaksa Jepang untuk menyerahkan diri lima hari kemudian sekaligus mengakhiri Perang Dunia II.

Dulu enam senjata ini ditakuti oleh banyak negara. Namun seiring berjalannya waktu, senjata ini semakin usang dan digantikan dengan senjata lain yang bukan hanya semakin canggih tapi juga semakin mematikan.

Baca Juga: 8 Fakta Soal Sejarah Petasan yang Wajib Kamu Tahu

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya