Comscore Tracker

5 Tokoh Dunia yang Memiliki Hubungan Inses, Ada Charles Darwin!

Hubungan inses memiliki efek buruk bagi keturunan

Inses atau perkawinan sedarah menjadi sesuatu yang tabu bahkan dianggap sebagai sesuatu yang ilegal di banyak negara. Ini karena kebanyakan pernikahan inses berisiko tinggi, dan merugikan. Pasangan yang melakukan hubungan inses memang tidak akan mengalami masalah, tapi dalam banyak kasus, keturunannya-lah yang harus menanggung semuanya.

Dilansir listverse.com, anak dari hasil hubungan inses biasanya menderita berbagai penyakit bawaan sejak lahir atau organ tubuh yang tidak sempurna. Bahkan, tidak jarang bayi-bayi malang ini memiliki tubuh yang sangat lemah sehingga meninggal tidak lama setelah dilahirkan.

Sayangnya, meski pernikahan sedarah memiliki resiko tinggi, beberapa tokoh di dunia ternyata justru memutuskan untuk melakukan hubungan terlarang ini. Siapa mereka?

1. Cleopatra VII Philopator 

5 Tokoh Dunia yang Memiliki Hubungan Inses, Ada Charles Darwin!africanexponent.com

Layaknya keluarga bangsawan lainnya, Cleopatra memiliki tanggung jawab untuk menjaga agar keturunannya kelak memiliki darah bangsawan murni seperti dirinya. Jadi alih-alih menikahi seseorang dari luar, Ratu Mesir ini menikahi adik laki-lakinya sendiri, Ptolemeus XIII.

Sayangnya, pernikahan itu tidak berakhir bahagia. Cleopatra yang haus kekuasaan membunuh Ptolemeus XIII dan membiarkan mayatnya tenggelam di sungai Nil. Kembali ke Mesir, Cleopatra kemudian menikahi adik laki-lakinya yang lain Ptolemy XIV.

Namun lagi-lagi, pernikahan itu harus berakhir tragis dengan kematian Plotemy XIV di tangan istri sekaligus saudara perempuannya sendiri.

2. Ratu Victoria  

5 Tokoh Dunia yang Memiliki Hubungan Inses, Ada Charles Darwin!wikipedia.org

Sama seperti Cleopatra, Ratu Victoria dari Inggris juga menikahi sepupunya, Pangeran Albert untuk menjaga agar keturunannya memiliki darah bangsawan yang utuh. Tapi pernikahan keduanya bukan satu-satunya hal yang terjadi. Puluhan tahun kemudian, sang ratu kembali menikahkan anak dan cucunya dengan keluarga sendiri.

Kali ini alasannya bukan hanya untuk sekedar menjaga trah bangsawan-nya, Ratu Victoria juga percaya bahwa pernikahan antara keluarga mampu menjaga perdamaian dan mencegah terjadinya perang besar.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Tutankhamun, Raja Muda Mesir Kuno yang Penuh Misteri

3. Raja Tutankhamun 

5 Tokoh Dunia yang Memiliki Hubungan Inses, Ada Charles Darwin!bbc.co.uk

Selama bertahun-tahun, penyebab kematian penguasa muda Mesir itu menjadi misteri bagi para peneliti. Meski ada dugaan kuat sang raja meninggal karena terjatuh dari kereta kudanya. Dilansir history.com, para peneliti yang menganalisis DNA Tutankhamun mengumumkan bahwa ia adalah anak dari hasil hubungan sedarah atau inses.

Dan karena itu jugalah, raja Mesir ini memiliki kaki yang pengkor, dan pinggul yang terlalu feminim untuk seorang laki-laki. Bukan hanya soal fisik, sang firaun juga menderita sejumlah penyakit seperti epilepsi, malaria, dan penyakit Kohler yang mempercepat kematiannya.

Selain menjadi anak hasil hubungan sedarah, Tutankhamun juga menikahi saudara tirinya sendiri yaitu Ankhesenamun. Sayang, pernikahan inses membuat dua putrinya lahir dalam keadaan lemah dan meninggal saat masih bayi.

4. Charles Darwin 

5 Tokoh Dunia yang Memiliki Hubungan Inses, Ada Charles Darwin!thefamouspeople.com

Charles Darwin selama ini dikenal dengan teori evolusinya. Nyatanya, teori evolusi bukan satu-satunya hal kontroversial yang pernah dilakukan oleh Charles Darwin. Pada tahun 1839, sang ilmuan menikahi sepupunya sendiri, Emma Wedgwood.

Mengingat hubungan inses dianggap sebagai sebuah hal yang normal di abad ke 18, pernikahan Darwin dan Emma disambut baik oleh keluarga kedua mempelai. Sayangnya, meski pernikahan Emma dan Darwin bahagia, keduanya mendapatkan banyak masalah dari anak-anak mereka.

Pasangan ini diketahui memiliki sepuluh anak, dan sementara tiga anak mereka meninggal saat masih bayi, tujuh anak lain yang bertahan hidup juga menderita banyak penyakit. Mulai dari tidak subur, penyakit pencernaan hingga kejang-kejang.

5. Albert Einstein 

5 Tokoh Dunia yang Memiliki Hubungan Inses, Ada Charles Darwin!m.economictimes.com

Darwin bukan satu-satunya ilmuan yang melakukan hubungan inses. Ilmuwan hebat lainnya yakni Albert Einstein, juga melakukan hal yang sama. Awalnya sang ilmuan menikahi seorang matematikawan Serbia bernama Mileva Maria pada tahun 1903, namun keduanya memutuskan bercerai pada tahun 1917.

Tidak lama kemudian, Einstein kembali menikahi seorang perempuan bernama Elsa Einstein yang merupakan sepupunya. Elsa jugalah yang merawat Einstein selama sakit, dan pergi mengungsi bersamanya ke Amerika Serikat ketika partai Nazi berkuasa di Jerman.

 

Pada masa peradaban kuno, menikahi saudara atau sepupu sendiri adalah hal yang biasa. Pertama karena mereka tidak mengetahui efek buruk dari hubungan inses.

Alasan kedua, karena mereka berusaha menjaga agar kekuasaan tidak jatuh pada pihak luar yang bukan keluarganya. Tapi saat ini, hal itu dianggap sebagai sesuatu yang ilegal karena memiliki banyak efek buruk.

Baca Juga: Tak Selalu Benar, Ini 5 Kesalahan Besar Albert Einstein dalam Fisika

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya