Comscore Tracker

Mengenal Anjing Jindo, Anjing Nasional Korea Selatan

Bukan sembarang anjing, mereka harta nasional

Jika berbicara tentang Korea Selatan, mungkin kamu akan berpikir tentang K-Pop, makanan, dan fashion-nya. Namun, masih banyak hal-hal menarik dari negara ini. Salah satunya adalah anjing Jindo.

Anjing ini merupakan anjing asli dari Korea Selatan. Penasaran tentang anjing keren satu ini? simak informasinya di bawah ini.

1. Merupakan anjing pemburu

Mengenal Anjing Jindo, Anjing Nasional Korea SelatanAnjing Jindo merupakan pemburu yang handal (dok. AKC)

Anjing Jindo dikenal memiliki sifat setia, pintar, dan siaga. Anjing bertubuh sedang ini biasanya digunakan untuk berburu. Mereka juga merupakan penjaga yang baik dan merupakan rekan yang setia. Ciri khas dari anjing Jindo adalah ekornya yang melingkar atau memiliki bentuk seperti sabit.

Jindo memiliki tubuh ukuran sedang yang sangat cocok untuk berburu. Penampilan mereka menampilkan kesan kuat dan lincah. Anjing Jindo juga mudah untuk diajari, bahkan kamu bisa mengajari anjing ini cara membuka kotak. Saking pintarnya, anjing ini terkenal karena kemampuannya untuk melarikan diri.

2. Berasal dari Pulau Jindo

Mengenal Anjing Jindo, Anjing Nasional Korea SelatanAnjing Jindo berasal dari Pulau Jindo (dok. AKC)

Nama anjing ini diambil dari tempat asal mereka, Pulau Jindo. Pulau ini merupakan pulau terbesar ketiga di Korea Selatan. Banyak anjing Jindo yang berkeliaran bebas di sana.

Anjing Jindo sudah hidup di sana dari waktu yang lama. Terdapat beberapa teori yang menjelaskan asal-usul anjing Jindo. Salah satu teori mengatakan bahwa anjing ini merupakan turunan dari anjing Mongolia yang dibawa oleh penjajah Mongolia pada tahun 1270.

3. Harta Nasional Korea Selatan

Mengenal Anjing Jindo, Anjing Nasional Korea SelatanAnjing Jindo dilindungi oleh hukum Korea Selatan (dok. AKC)

Anjing Jindo merupakan harta nasional Korea Selatan. Anjing ini terdaftar di dalam Undang-Undang Pelestarian Aset Budaya Republik Korea pada 1962. Anjing Jindo merupakan harta nasional Korea Selatan ke-53.

Terdapat sebuah organisasi yang mengamati anjing Jindo yang menjaga kemurnian ras anjing ini. Selain itu, pada 1999 didirikan sebuah lembaga penelitian yang bertugas untuk mempelajari tentang anjing Jindo. Ekspor anjing Jindo juga diatur oleh hukum Korea Selatan.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Pitbull, Ternyata Bukan Ras Anjing!

4. Merupakan anjing jenis Spitz

Mengenal Anjing Jindo, Anjing Nasional Korea SelatanAnjing Jindo termasuk anjing Spitz (dok. AKC)

Anjing Jindo termasuk ke dalam jenis anjing Spitz. Karakteristik utama dari anjing Spitz adalah tubuhnya yang memanjang dengan rambut yang panjang dan tebal. Selain itu, telinga dan moncongnya berbentuk runcing.

Jindo memiliki beberapa warna rambut seperti putih, abu-abu, coklat kekuningan, belang, serta hitam dan kecoklatan. Jindo memiliki rambut lebat yang tahan cuaca. Karena merupakan pemburu, mereka memiliki bentuk tubuh yang gagah. 

5. Mempunyai beberapa jenis tubuh

Mengenal Anjing Jindo, Anjing Nasional Korea SelatanAnjing Jindo memiliki tiga jenis bentuk tubuh (dok. The Kennel Club)

Meskipun sama-sama anjing Jindo, mereka terbagi ke dalam tiga bentuk tubuh yang berbeda. Tiga bentuk tubuh ini terbagi atas gyupgae/tonggul, heutgae/hudu, dan gakgol. Untuk membedakannya, kamu bisa melihat bagian dada dan panjang tubuh anjing.

Bentuk tubuh gyupgae memiliki dada yang lebih dangkal dan tubuh yang lebih panjang. Lalu, bentuk heutgae memiliki tubuh yang lebih berisi dibandingkan bentuk gyupgae. Sementara itu, bentuk gakgol merupakan perpaduan dari gyupgae dan heutgae

Kesetiaan anjing Jindo membuatnya sangat dekat dengan pemiliknya. Meskipun anjing ini suka berkeliaran, mereka tetap bisa pulang ke rumah. Namun, anjing ini kurang cocok dengan banyak orang karena mereka akan bersikap siaga dan cenderung galak kepada orang yang belum dikenalnya.

Bagaimana, keren bukan anjing asli Korea ini? Mungkin anjing ini terlihat mirip seperti Akita Inu atau Shiba Inu, jadi jangan salah menyebut anjing Jindo, ya! Jangan lupa juga bagikan tanggapan kamu di kolom komentar di bawah.

Baca Juga: 5 Hal tentang Afghan Hound, Anjing dengan Rambut Panjang yang Indah

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya