Comscore Tracker

7 Fakta Unik Ikan Barreleye yang Kepalanya Transparan

Terlihat mirip seperti monster

Kebanyakan ikan laut dalam memiliki bentuk yang berbeda dengan jenis ikan yang biasa kita temui. Ikan-ikan ini beradaptasi dengan lingkungan yang memiliki kondisi yang jauh berbeda dari permukaan laut. Tekanan air yang tinggi dan sedikitnya cahaya Matahari yang masuk membuat mereka harus mengembangkan alat yang berguna untuk membantu mereka mencari makanan.

Salah satu ikan laut dalam yang unik adalah Ikan Barreleye (Macropinna microstoma). Ikan bertubuh gelap ini memiliki kepala transparan yang unik. Lalu, apa fungsi dari kepala yang transparan ini? Simak informasinya di bawah.

1. Menangkap cahaya di laut dalam

7 Fakta Unik Ikan Barreleye yang Kepalanya TransparanMata hijau dari ikan Barreleye (YouTube/MBARI)

Cahaya Matahari tidak bisa menembus sampai ke dasar laut. Banyak ikan yang berevolusi agar tetap dapat melihat di dasar laut. Ikan Barreleye beradaptasi dengan cara membuat kepalanya transparan. Lalu, matanya yang berwarna hijau melihat ke atas untuk membantunya mencari makanan.

Kalau kamu perhatikan baik-baik, mata ikan Barreleye terletak di tengah-tengah kepalanya. Bulatan di dekat mulut ikan yang terlihat seperti mata tersebut adalah organ yang membantunya bernapas.

2. Matanya bisa berputar

7 Fakta Unik Ikan Barreleye yang Kepalanya TransparanIkan Barreleye sedang mencari mangsa (YouTube/MBARI)

Ketika awal ditemukan, peneliti mempercayai bahwa posisi mata ikan Barreleye tidak bisa berubah. Matanya yang berbentuk tabung ini hanya bisa melihat ke arah atas saja. Hal ini berarti ikan Barreleye memiliki sudut pandang yang sempit dan tidak bisa melihat ke depan.

Setelah penelitian lebih lanjut, ditemukan bahwa mata berwarna hijau ini sangat unik. Ketika mencari makanan, ikan Barreleye mengarahkan matanya ke atas. Jika sudah menemukan makanan, Barreleye akan memutar matanya menghadap ke depan untuk mengejar mangsanya.

3. Ditemukan pertama kali pada 1939

7 Fakta Unik Ikan Barreleye yang Kepalanya TransparanIkan Barreleye sudah ditemukan lebih dari 50 tahun lalu (dok. MBARI)

Ikan Barreleye ditemukan berpuluh-puluh tahun lalu. Namun, penelitian terhadap ikan ini dilakukan dalam waktu yang sangat panjang. Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) baru dapat menjelaskan misteri ikan ini pada 2009 silam.

Sulitnya menemukan informasi ikan ini adalah habitatnya yang tinggal di laut dalam. Ketika berhasil ditangkap, tubuh ikan yang sudah beradaptasi pada tekanan air yang tinggi tidak dapat bertahan.

Alhasil, tubuh ikan ini hancur ketika sampai di permukaan. Hingga suatu hari, ikan ini berhasil ditangkap dengan utuh dan bertahan hingga beberapa jam di dalam akuarium yang ada pada kapal.

Baca Juga: 7 Ikan Hias yang Bisa Hidup Bersama Ikan Cupang, Akur dan Damai

4. Tinggal di kedalaman 600 meter

7 Fakta Unik Ikan Barreleye yang Kepalanya TransparanIkan Barreleye tinggal di laut yang gelap (dok. MBARI)

Ikan Barreleye tinggal di kedalaman 600 hingga 800 meter di bawah permukaan laut. Ikan ini hidup di zona yang disebut sebagai zona mesopelagik. Zona ini berada di kedalaman 200 hingga 1000 meter di bawah permukaan laut.

Cahaya Matahari hanya mampu menembus sebagian daerah ini, sehingga pada bagian ini terdapat bagian yang gelap. Karena sedikitnya cahaya yang tersedia, makhluk hidup yang ada di bagian ini harus beradaptasi, agar dapat tetap melihat sekelilingnya dengan optimal.

5. Bagian tubuh lainnya juga beradaptasi

7 Fakta Unik Ikan Barreleye yang Kepalanya TransparanTubuh dan sirip yang besar merupakan hasil adaptasi dengan lingkungannya (dok. MBARI)

Bagian utama dari ikan Barrelfish yang terlihat paling mencolok adalah kepala yang transparan. Selain untuk membantu ikan melihat, kepala yang transparan berisikan cairan ini berfungsi sebagai pelindung untuk mata. Namun, bagian tubuh ikan Barreleye juga ikut beradaptasi sesuai dengan lingkungannya.

Ikan ini memiliki sirip yang besar dan rata. Fungsi dari sirip ini adalah supaya ikan Barreleye mengurangi pergerakan di dalam air. Sirip ini juga dapat menggerakkan tubuh ikan dengan tepat. Mulutnya yang kecil juga berfungsi untuk menangkap mangsa berukuran kecil dengan tepat.

6. Cara mencari makan

7 Fakta Unik Ikan Barreleye yang Kepalanya TransparanSifonofora yang menjadi makanan ikan Barreleye (dok. Monterey Bay Aquarium)

Ikan Barreleye akan diam dan melihat ke atas untuk mencari mangsanya. Setelah mendapatkan mangsa potensial, ikan ini kemudian memutar matanya menghadap ke depan. Lalu, ikan Barreleye berenang dengan cepat ke arah mangsanya.

Ikan Barreleye biasanya memakan hewan-hewan kecil yang terbawa arus laut. Selain itu, ikan ini juga biasanya memakan makhluk laut yang disebut sebagai sifonofora. Sifonofora merupakan sekumpulan organisme yang membentuk koloni seperti tentakel.

7. Memiliki banyak jenis

7 Fakta Unik Ikan Barreleye yang Kepalanya TransparanWinteria telescopa, jenis Barreleye yang bertubuh ramping (dok. Fishes of Australia)

Macropinna microstoma hanyalah salah satu jenis dari berbagai jenis ikan Barreleye. Ikan ini tergabung ke dalam famili Opisthoproctidae yang ditemukan di Samudera Atlantik, Samudera Pasifik, dan Samudera Hindia. Ikan ini sendiri dinamai seusai dengan matanya yang berbentuk tabung yang melihat ke arah atas.

Jenis ikan Barreleye semuanya memiliki mata yang menghadap ke arah atas. Perbedaan ikan-ikan ini terletak pada bentuk tubuhnya. Contohnya, jenis Macropinna memiliki tubuh tubuh yang lebih besar dibandingkan jenis Winteria yang lebih ramping.

Ikan Barreleye memiliki banyak keunikan. Bentuk tubuh yang unik ini berfungsi sebagai alat bantu untuk mempertahankan hidupnya. Apakah kamu tahu ikan yang memiliki bentuk tubuh unik lainnya?

Berikan tanggapan kamu di kolom komentar di bawah.

Baca Juga: 7 Jenis Ikan dengan Kecepatan Tertinggi, Ngebut Banget

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya